Kopi Indonesia Terbaik

,

Deretan Kopi Terbaik Indonesia yang Harus Kamu Coba

Sejak jaman dahulu kala, kopi memang telah menjadi minuman favorit bagi banyak orang di dunia. Selain bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, kopi juga bisa menjadi sahabat untuk menemani kita pada setiap kesempatan. Entah sekadar untuk memulai hari, atau untuk menemani obrolan bersama sahabat, kopi senantiasa menjadi penghias obrolan.

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Ada begitu banyak pecinta kopi di Indonesia. Saking cintanya orang Indonesia terhadap kopi, ada begitu banyak jenis kopi yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Bahkan saat kita jalan-jalan keliling Indonesia, selalu saja ada racikan kopi Indonesia yang berbeda di setiap wilayah. Well, Sobat Tiket, kamu termasuk pecinta kopi sejati? Kalau begitu, kamu harus mencoba beberapa kopi Indonesia terbaik berikut ini.

Deretan Kopi Indonesia Terbaik

1. Kopi Aceh Gayo
Kopi Aceh Gayo adalah kopi Indonesia pertama yang harus kamu. Sesuai namanya, kopi terbaik di Indonesia yang satu ini memang berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh Tenggara. Aceh memang saat ini bisa dibilang sebagai salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia. Bahkan di Aceh sendiri, sedang dibudidayakan dua jenis kopi, Arabika dan Robusta.

Kopi Terbaik di Indonesia - Kopi Aceh
Via get-acehcoffee

Kopi Aceh Gayo adalah kopi berjenis Arabika. Tidak hanya memiliki rasa dan wangi yang khas, kopi ini juga memiliki beberapa khasiat. Salah satunya adalah untuk menangkal radikal bebas serta memaksimalkan metabolisme tubuh.

2. Kopi Jawa
Tidak hanya kaya akan budaya dan juga pusat aktivitas masyarakat Indonesia, Pulau Jawa juga memiliki banyak kopi berkualitas. Sejak dulu kopi Jawa memang dikenal memiliki kualitas yang terkenal sampai mancanegara. Bahkan nama Jawa sempat menjadi nama yang selalu diidentikan dengan kopi yang berkualitas.

Kopi Terbaik di Indonesia - Kopi Jawa
Via resepkopihitam

Kopi Jawa memiliki rasa yang berbeda dari kopi Sumatera atau Sulawesi. Kopi Jawa dibuat secara basah (wet process) pada ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, dan berjenis arabika. Berbeda pada kopi pada umumnya, kopi jawa memiliki biji yang lebih besar, tidak terlalu asam dan rasanya agak pekat. Jika kamu ingin mencicipi kopi jawa ini, kopi Jampit dan Blawan bisa menjadi pilihan.

3. Kopi Flores Bajawa
Kopi Flores Bajawa juga menjadi kopi arabika asli Indonesia yang harus kamu coba. Ditanam di dataran tinggi Flores, menjadikan kopi ini memiliki kualitas yang nggak bisa dianggap remeh. Tidak hanya lokasinya yang masih asri, proses pembuatan kopi ini juga telah menjadi warga asli Bajawa secara turun menurun.

Kopi Terbaik di Indonesia - Kopi Flores
Via melulukopi

Seperti kopi arabika pada umumnya, kopi flores bajawa juga memiliki aroma seperti buah. Kopi ini memiliki aroma seperti kacang dan sedikit berbau seperti karamel, dengan tingkat keasaman yang medium.
4. Kopi Wamena
Berlanjut ke wilayah timur Indonesia, Papua juga punya kopi terbaik di Indonesia yang harus kamu cicipi. Meskipun kurang begitu dikenal, Wamena juga memiliki kopi berkualitas tinggi. Tidak hanya mulai dikenal di dalam negeri, kopi ini juga mulai dikenal di berbagai negara.

Kopi Terbaik di Indonesia - Kopi Wamena
Biji kopi Wamena. Via travel.detik

Hanya pada kopi Wamena kamu bisa menemukan sensasi aroma kopi arabika yang sedikit spicy namun manis seperti karamel. Tekstur kopi ini juga lebih lembut dibanding kopi arabika lainnya yang ada di Indonesia. Saat ini, kopi ini telah “naik kelas” menjadi komoditi unggulan Wamena, dan menjadi minuman populer di Wamena. Dan satu yang terpenting, kopi ini dihasilkan dari proses alami tanpa bahan kimia, loh.

5. Kopi Luwak
Siapa tidak mengenal  kopi yang satu ini. Kopi luwak memang salah satu kopi legendaris yang dihasilkan Indonesia. Ditemukan sejak tahun 1700-an, kualitas kopi ini tidak hanya populer di dalam negeri, tapi juga diakui oleh seluruh dunia. Bahkan tidak jarang kopi ini masuk dalam beberapa adegan di film Hollywood. Salah satunya Dalam film berjudul The Bucket List.

Kopi Terbaik di Indonesia - Kopi Luwak
Via look4ward

Namun, kamu tetap harus berhati-hati karena kopi ini mulai banyak yang dipalsukan. Kopi Luwak yang asli, beraroma seperti pandan, dan wanginya bisa tercium hingga bermeter-meter jaraknya. Sedangkan kopi luwak yang palsu, biasanya berbau apek.