, , ,

Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Menjelajah Ke Australia

Libur akhir tahun merupakan salah satu momen yang ditunggu bagi sebagian Sobat Tiket. Liburan ke tempat-tempat yang belum dijelajahi adalah agendanya. Tidak hanya tujuan domestik, beberapa diantaranya bahkan mengincar destinasi internasional untuk memenuhi hasrat ingin tahunya. Australia bisa jadi salah satu lokasi tersebut.

Bagi Sobat Tiket yang berencana liburan ke Australia, setidaknya ada 5 hal yang perlu diketahui sebelum menjelajah di Australia.

Weather via shutterstock.com
Weather via shutterstock.com
  1. Cek prakiraan cuaca setiap mau pergi

Memiliki bentang alam yang berbeda dengan Indonesia, Australia tentu memiliki iklim dan cuacanya sendiri. Musim panas adalah salah satu waktu terbaik untuk menjelajahi Australia. Kalau Sobat Tiket ingin ke Perth, Desember hingga Februari adalah waktu terbaik, cuaca terasa hangat hingga panas sepanjang bulan-bulan musim panas.

Mirip dengan Perth, Brisbane juga memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, meski di Brisbane sedang musim panas ternyata tidak berpengaruh dengan curah hujan. Kenyataannya tingkat curah hujan tertinggi ternyata ada di waktu yang sama. Jadi ada baiknya sebelum keluar dari hotel cek prakiraan cuaca terlebih dahulu ya.

Travel Essential via youresopretty.com
Travel Essential via youresopretty.com
  1. Hati-hati dengan barang bawaanmu

Sudah tahu apa saja barang yang tidak boleh dibawa masuk ke Australia? Australia punya peraturan ketat soal apa yang tidak boleh dibawa masuk ke wilayah negaranya. Sobat Tiket dilarang membawa sayuran, buah, daging dan telur. Bulu, bibit, tanaman dan kulit juga tidak diperbolehkan. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi keragaman hayati yang telah dimiliki oleh Australia.

Australia via dailymail.co.uk
Australia via dailymail.co.uk
  1. Pelajari ‘Bahasa Slang’ al a Australia

Masalah bahasa bisa menjadi ganjalan bagi Sobat Tiket, apalagi jika sudah berkaitan dengan bahasa Inggris logat Australia, atau ‘Aussie slang’, yang memang cuma ditemukan di Australia saja. Ada baiknya sebelum berangkat Sobat Tiket coba-coba mencari tahu lebih lanjut mengenai yang satu ini. Ada berbagai sumber di website yang khusus mengenai hal ini, misalnya Australia Plus Learn English Facebook page untuk membuat anda lebih familiar dengan bahasa Inggris Australia.

Universal Plug via aliexpress.com
Universal Plug via aliexpress.com
  1. Jangan lupa bawa universal adapter
Traveler via miss-wanderlust.com
Traveler via miss-wanderlust.com

Mau urusan liburan atau kerja, universal adapter adalah benda yang tidak boleh ketinggalan untuk dibawa. Berbeda dengan negara-negara di Asia Tenggara yang menggunakan steker atau “colokan” tipe C dan bertegangan 220-240 V. Australia menggunakan electric socket tipe I dengan tegangan 220-240 V. Tidak ada salahnya bawa dari Indonesia untuk menghemat pengeluaran Sobat Tiket.



  1. Cek provider

Ini tidak kalah penting, buat upload gambar di social media, menghubungi teman dan keluarga atau mencari-cari obyek wisata terbaik di dunia maya pasti Sobat Tiket membutuhkan benda yang satu ini. Buat kamu yang tidak berniat menghabiskan waktu tinggal yang lama di Australia dapat memilih provider telpon berjenis prepaid. Masalah harga, bervariasi mulai dari sekitar AU$ 30, tergantung paket yang Sobat Tiket pilih.

Nah, buat yang mau liburan gratis ke Australia. Tiket.com bekerjasama dengan Kedutaan Besar Australia saat ini tengah mengadakan kontes foto yang berhadiah liburan ke Australia gratis. Cek Instagram @Tiketcom atau @kedubesaustralia untuk detail lebih lanjut. Buruan submit foto Sobat Tiket sekarang juga!