, , ,

Ke Lombok? Yuk Cicipi Lima Kuliner Ini

Bukan maksud ingin memukul rata, tapi kami yakin hampir semua pembaca blog ini suka banget sama yang namanya traveling. Setuju? Bicara soal hobi traveling atau jalan-jalan, rasanya kurang lengkap kalau belum berwisata kuliner, apalagi mencicipi makanan khas daerah yang kita kunjungi. Kali ini kita akan membahas kuliner khas Lombok yang ternyata punya cita rasa dan cerita tersendiri, loh. Nah, Sobat Tiket, apa saja sih menu kuliner khas Lombok yang harus banget kamu cicipi?

1. Ayam Taliwang
Kita mulai dari menu yang familiar. Ya, kamu pasti sudah sering banget mendengar menu makanan yang satu ini. Apalagi bagi kamu semua yang tinggal di Jakarta, restoran Ayam Taliwang ini bertebaran di hampir seluruh Ibu Kota. Sejak lama, menu makanan yang sebetulnya berasal dari Pulau Sumbawa ini memang populer dan tersebar di berbagai daerah di Nusantara. Tersebar bukan berarti rasanya pasaran. Justru makanan ini tersebar dan menjadi populer karena cita rasanya yang menghadirkan rasa pedas yang berbeda. Ayam Taliwang Lombok tidak hanya pedas, tapi juga sedikit asam dan segar.

2. Plecing Kangkung
Orang Lombok sangat bangga dengan hasil panen mereka. Kangkung merupakan salah satunya. Selain segar, kangkung di pulau ini juga tumbuh subur dan berbeda dengan batang daun yang lebih besar. Itulah mengapa Plecing Kangkung khas Lombok lebih segar dan memiliki cita rasa yang berbeda.

3. Sate Bulayak
Sate Bulayak termasuk kuliner yang mudah ditemui di Lombok. Bahkan saat kamu keluar bandara, sudah banyak pedagang yang menjual kuliner yang satu ini. Berbahan dasar ayam, daging sapi, atau jeroan, Sate Bulayak menawarkan cita rasa sate yang tidak biasa. Bila biasanya kamu menemukan rasa sate yang identik dengan bumbu kacang dan kecap, Sate Bulayak ini lebih terasa seperti kari. Berbeda banget, bukan?

4. Sate Rembiga
Meskipun jarang, Sate Rembiga sebenarnya juga ada di kota lain, seperti Jakarta misalnya. Namun akan terasa berbeda jika kamu mencicipi langsung di tempat asalnya. Sesuai namanya, Sate Rembiga berasal dari daerah bernama Rembiga, di sebelah utara Kota Mataram. Sate Rembiga berbeda dengan sate yang umumnya ada di Jawa. Meskipun mungkin sama dari segi bumbu dan bahan, tetapi Sate Rembiga tidak dibanjiri bumbu kacang dan disajikan kering. Meski kering, semua bumbu sudah langsung meresap ke dalam daging yang dibakar. Entah bagaimana mereka membuatnya, tapi ini beneran bikin nagih. Rekomendasi kami, kamu bisa mencobanya di warung kecil bertuliskan “Sate Rembiga 2” di perempatan lampu merah Rembiga.

5. Nasi Balap Puyung
Nama Nasi Balap Puyung diambil dari satu wilayah di Lombok Tengah bernama Puyung. Adalah Papuk Isum yang kabarnya pertama kali mempeloporkan menu ini. Dari segi penampilan, nasi ini tidak begitu spesial, hanya nasi dengan lauk pauk yang disajikan di atas daun pisang. Namun kamu akan merasakan cita rasa yang berbeda saat mulai menyantap daging ayam cincang yang telah dibumbui sambal khas Lombok. Tidak hanya daging ayam cincang, Nasi Balap Puyung juga biasanya terdiri dari berbagai lauk pauk lainnya. Yang pasti nggak cuma memuaskan lidah, tapi perut kamu pun kenyang maksimal.

Sobat Tiket, kalau menu Lombok favorit kamu apa nih? Share yuk di kolom komentar.