, ,

Kamu Turis, Atau Traveler? Ini Dia Perbedaannya.

Jalan-jalan ke berbagai tempat untuk refreshing memang menyenangkan. Apalagi di dunia ini ada banyak destinasi andalan yang bisa kamu singgahi. Nggak cuma keliling Indonesia, ke manapun tujuan liburanmu, kalau kita berbicara soal liburan dan jalan-jalan, pada dasarnya ada dua tipe orang yang akan kamu temui di tempat wisata. Pertama, orang yang bersikap seperti turis. Yang Kedua, orang yang bersikap seperti traveler sejati.

Bukan hanya tentang transportasi yang digunakan. Baik menggunakan transportasi udara atau darat, terkadang memang saat liburan itu kita bertemu dengan dua tipe pelancong ini. Lalu, manakah yang lebih mirip dirimu, Sobat Tiket? Sebelum melakukan perjalanan liburan yang seru ke tempat wisata favoritmu, simak dulu beberapa hal yang membedakan turis dengan traveler.

1. Kamera dan Dokumentasi
Membawa kamera saat liburan memang sepertinya menjadi hal yang wajib akhir-akhir ini. Nggak salah, kok. Namanya juga liburan, yang kamu bawa pulang adalah kenangan. Dan kamera adalah hal yang sangat membantu untuk menciptakan kenangan tersebut.

selfie
Turis Selfie. Via Today.com

Namun, ternyata ada perbedaan antara turis dan traveler jika kita berbicara tentang kamera dan dokumentasi. Turis biasanya menggunakan kamera untuk mendokumentasikan dirinya, atau kegiatan liburan di mana dia ikut serta. Selfie itu seperti kegiatan yang wajib bagi para turis. Sedangkan traveler biasanya menggunakan kamera untuk mendokumentasikan alam yang dia lihat, interaksi yang dia rasakan, dan jarang banget digunakan untuk selfie. Meskipun ujungnya sama; berakhir di sosial media.

2. Interaksi Dengan Warga Lokal
Ke manapun kamu menuju, berinteraksi dengan warga lokal sudah pasti menjadi hal yang sulit kamu hindari. Bagaimana bisa dihindari, namanya juga bertandang ke kampung orang. Namun ternyata, antara turis dan traveler punya proses interaksi dengan warga lokal yang agak berbeda.

membaur
Membaur Dengan Warga Lokal. Via awesomeonearth.com

Turis biasanya berinteraksi seperlunya saja dengan warga lokal. Ya, paling jauh sih biasanya hanya mempelajari bahasa lokal. Itu pun hanya bahasa-bahasa dasarnya saja, seperti pengucapan salam atau terima kasih. Sedangkan traveler, biasanya mereka lebih antusias dalam mengetahui budaya lokal. Nggak cuma bahasanya saja, mereka juga antusias tentang beragam budaya lokal, dan bahkan ingin merasakan menjadi bagian dari warga lokal tersebut.

3. Jenis Paket Liburan
Saat kita pergi berlibur, tentunya kita terlebih dahulu menentukan seperti apa program liburan kita. Jenis paket liburan juga mampu membedakan antara turis dengan traveler. Biasanya, turis akan lebih memilih program liburan yang lebih aman dan terjamin. Berbeda dengan traveler yang lebih suka dengan situasi yang “unpredictable”.

alone
Traveler. Via new4rmations.com

Nggak cuma tentang hotel atau makanan saja, bahkan terkadang traveler jarang menggunakan peta dan lebih suka bertualang di wilayah yang baru.

4. Tantangan Yang Dipilih
Nggak beda jauh dengan paket liburan, tantangan yang dipilih saat berlibur juga menentukan perbedaan antara turis dengan traveler.

 

wildcamp
Camping Di alam Liar. Via thehealthveggie.com

Jika turis lebih suka dengan tantangan yang masih dalam kategori aman, seperti banana boat, atau mungkin flying fox, traveler lebih suka hal yang lebih menantang. Mulai dari berkemah di alam liar, tersesat di wilayah yang belum terjamah, hingga mengasingkan diri dari peradaban modern, menjadi tantangan favorit para traveler.

Nah, Sobat Tiket, manakah yang menjadi favoritmu? Menjadi turis atau pun traveler tidak ada yang salah, kok. Yang terpenting, liburan itu membuat hatimu puas dan senang.