,

Mengunjungi Kampung Tridi Malang, Desain Uniknya Bikin Kamu Betah Buat Selfie

Bicara soal wisata instagramable di Malang, kamu pasti nggak asing dengan nama Kampung Tridi, kan? Objek wisata yang berlokasi di seberang Kampung Warna-Warni Jodipan ini sukses menarik perhatian pengunjung dengan konsep muralnya yang unik.

Penasaran seperti apa penampilan Kampung Tridi di Malang? Simak dulu ulasannya di sini. 

Dihiasi Mural Warna-Warni yang Instagramable

Sumber: Shutterstock

Sebelum tampil molek seperti sekarang, kawasan ini dulunya dikenal sebagai perkampungan yang kumuh. Kini, setiap sudutnya disulap dengan hiasan mural warna-warni yang bernilai seni.

Ide membuat Kampung Tridi berawal ketika warga sekitar bersama-sama mengecat gapura untuk keperluan agustusan tahun 2016 lalu. Dengan memanfaatkan sisa cat, pemuda di sana menggunakannya untuk menggambar ikan hiu dan monyet di permukaan gapura.

Nggak disangka, ternyata hasilnya cukup unik. Masyarakat setempat kemudian beramai-ramai menghias dinding rumahnya dengan lukisan tiga dimensi. Melihat pemandangan perkampungan yang nggak biasa membuat orang-orang akhirnya berkunjung karena penasaran.

Selama menyusuri gang selebar kurang lebih tiga meter itu, kamu bakal menemukan banyak spot menarik untuk foto. Nah, buat sobat tiket yang hobi selfie, wajib banget main ke Kampung Tridi kalau lagi di Malang. Dijamin nggak bakal kecewa!

Kampung Tridi menggunakan 5 tema dalam pembuatan gambarnya, seperti gambar bertema alam, budaya, olahraga, remaja, dan kartun. Di antara ke limanya, gambar kartunlah yang banyak mendominasi kawasan ini.

Spongebob, Spiderman, Mickey Mouse, dan Hulk menjadi tokoh animasi yang bakal kamu temukan di Kampung Tridi. Nggak kalah cantik dengan gambar kartun, gambar harimau dan ikan hiu raksasa dibuat seolah siap memangsa siapa saja yang mendekat. Unik!

Selain dinding, di satu area permukaan jalannya juga dihias menyerupai pijakan batu yang melayang di udara. Hati-hati saat melangkah ya, sobat tiket!

Satu lagi spot yang nggak boleh kamu lewatkan adalah jembatan kaca yang bisa bikin kamu deg-degan saat melintasinya. Dari atas jembatan, kamu bisa melihat pemandangan Sungai Brantas yang ada di bawah kakimu. Buat kamu yang takut ketinggian, berdiri di atas jembatan kaca ini bisa jadi tantangan tersendiri.

Menjadi Salah Satu Spot Foto Populer di Malang 

Sumber: Shutterstock

Sejak kehadirannya, Kampung Tridi menjadi salah satu spot foto terbaik di Malang. Ya, dengan pemandangan secantik itu para penikmat selfie pasti tertarik untuk mengunjunginya.

Kunjungan wisatawan per harinya rata-rata yaitu 100-150 orang di hari biasa. Sementara itu, kunjungan Kampung Tridi di hari libur bisa meningkat sebanyak 6 kali lipat atau sekitar 600 orang. Wow!

Mengangkat Perekonomian Warga Sekitar

Nggak hanya menambah deret panjang tempat wisata yang ada di Malang, Kampung Tridi juga turut mengangkat perekonomian warga sekitar, lho. Kabarnya, sebelum Kampung Tridi ini dibangun, banyak pemuda di sana yang menganggur.

Tapi, setelah Kampung Tridi berhasil menjadi objek wisata populer di Malang, para pemuda tersebut kemudian bekerja sebagai juru parkir. Sementara itu, ibu-ibu di sana punya pekerjaan baru membuat souvenir yang nantinya dijual ke pengunjung. Keren, ya!

Wisata Murah di Tengah Kota Malang

Sumber: Shutterstock

Siapa bilang liburan harus mahal? Kalau datang ke Kampung Tridi, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000*.  Dengan tiket semurah itu, kamu masih dapat tambahan cendera mata berupa gantungan kunci khas Kampung Tridi. Murah banget, kan?

Bila datang menggunakan transportasi pribadi seperti motor, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000* aja. Selain itu, lokasinya yang berada dekat dengan Stasiun Kota Malang membuat akses menuju Kampung Tridi begitu mudah.

Kalau mau irit, dari Stasiun Kota Malang kamu bisa jalan sekitar 500 meter menuju lokasi. Cocok banget nih buat kamu yang ingin liburan hemat di Malang.

Dekat dengan Sejumlah Tempat Makan Legendaris di Malang

Jalan-jalan ke Kampung Tridi rasanya kurang lengkap kalau sobat tiket nggak mampir ke 3 tempat makan legendaris di Malang berikut ini. Siap-siap ketagihan!

1. Toko Oen

Berdiri sejak tahun 1930, hingga kini Toko Oen masih laris disambangi para penikmatnya. Dari Kampung Tridi jaraknya sekitar 7 menit berkendara.  

Suasana klasik tempo dulu langsung terasa ketika kamu melangkahkan kaki ke dalam. Wangi aroma bakery dan kue kering pun turut memanjakan siapa saja yang berkunjung ke sini. 

Salah satu menu andalan Toko Oen yang wajib dicoba adalah es krim! Rasa es krimnya nggak begitu manis sehingga nggak akan membuat lidah cepat enek. Teksturnya juga lembut. Total ada 4 varian rasa es krim yang bisa kamu coba, yaitu vanila, cokelat, stroberi, dan moka. 

Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang

2. Hok Lay

Sama halnya dengan Toko Oen, Depot Hok Lay masih mempertahankan arsitektur bangunan kuno yang unik. Depot yang buka sejak 1946 ini menawarkan sejumlah menu yang lezat serta mengenyangkan.

Menu andalan Depot Hok Lay pertama yang wajib banget dicoba ada cwie mie. Tekstur mi yang lembut terasa nikmat bersama taburan daging ayam cincang, daun bawang, dan bawang goreng. Tambahan pangsit goreng yang renyah dan kuahnya yang gurih benar-benar mampu membuat lidah nggak berhenti bergoyang.

Kalau masih lapar, coba pesan lumpia Semarang yang nggak kalah nikmat. Untuk melepas dahaga, minuman andalan Hok Lay yaitu fosco bisa menjadi pilihan. Kabarnya, resep minuman yang terbuat dari campuran cokelat dan susu full krim murni ini sudah ada sejak zaman Belanda, lho.

Penasaran? Lokasi Hok Lay berada sekitar 2 menit berkendara dari Kampung Tridi. 

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang

3. Rawon Brintik

Sekitar 2 menit perjalanan dari Kampung Tridi, kamu akan menemukan depot rawon legendaris di Malang. Rawon Brintik namanya. Buka sejak 1942, cita rasa rawon di sini masih dijaga keasliannya. 

Kabarnya resep yang digunakan masih sama dengan resep yang dipakai oleh Sang Buyut, Ibu Napsiah. Seporsi Rawon Brintik terdiri dari nasi dan potongan daging sapi yang disajikan dengan kuah rawon yang sedap. 

Kalau lauknya kurang, kamu bisa tambah tempe goreng, otak goreng telur, telur asin, atau kripik paru sebagai teman daging di mangkukmu. Biar makin nikmat, kamu bisa menyantapnya bersama kerupuk udang. Maknyus!

Alamat:Jl. KH Ahmad Dahlan No.39, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang

Kuy, Berangkat ke Malang!

Bila dalam waktu dekat kamu berencana untuk liburan ke Malang, Kampung Tridi bisa menjadi salah satu alternatif wisata murah sekaligus instagramable. Selain Kampung Tridi, Malang juga punya destinasi instagramable lainnya seperti Museum Angkut dan Gunung Bromo.

Sebelum mulai menjelajahi kota Malang, pastikan juga kamu sudah menyiapkan lokasi menginap yang nyaman supaya momen beristirahat jadi lebih tenang. Untuk menemukan hotel di Malang dengan harga terbaik, kamu bisa memesannya lewat tiket.com. Selamat berpetualang!