,

Pesona Jembatan Suramadu yang Bakal Bikin Kamu Berdecak Kagum

Sejak pertama kali diresmikan, Jembatan Suramadu selalu sukses menarik perhatian para pengunjung. Mengesampingkan fungsi utamanya sebagai penghubung Surabaya dan Madura, ternyata jembatan ini punya sejumlah pesona yang nggak bakal kamu temukan di Indonesia mana pun. 

Mau tau apa saja keunikan salah satu ikon Kota Surabaya ini? Intip rangkumannya berikut ini!

Suramadu, Jembatan Terpanjang di Indonesia

Sumber: Shutterstock

Pembangunan awal Jembatan Suramadu dimulai pada tahun 2003. Enam tahun setelahnya, yaitu tahun 2009, Jembatan Suramadu resmi dibuka untuk umum. Pada saat peresmian, animo masyarakat Surabaya begitu besar untuk menjajal jembatan ini.

Saking populernya, Jembatan Suramadu kemudian menjadi salah satu ikon Surabaya selain patung sura & baya serta Tugu Pahlawan. Nggak berhenti sampai di situ, hingga saat ini Jembatan Suramadu masih menjadi ikon kebanggaan masyarakat Surabaya, lho.

Alasannya tak lain karena jembatan sepanjang 5,4 km ini merupakan jembatan paling panjang di Indonesia. Pencapaian ini pun turut diabadikan melalui Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sementara itu, dalam skala internasional Jembatan Suramadu menempati urutan ke tiga sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara setelah Jembatan Penang Malaysia dan Jembatan Mawlamyaing Myanmar. Luar biasa!

Sebagai arek Suroboyo, kamu pasti bangga banget dengan kotamu ini, kan?

Akses Surabaya-Madura Jadi Lebih Singkat

Sumber: Shutterstock

Sobat tiket, ada yang pernah menyeberang dari Surabaya ke Madura menggunakan kapal feri? Tau nggak, berapa waktu yang dibutuhkan untuk tiba di sana?

Sebelum jembatan ini dibangun, masyarakat Surabaya dan para turis yang ingin bertolak ke Madura harus menempuh perjalanan menggunakan kapal feri selama kurang lebih 30 menit.

Setelah Jembatan Suramadu resmi dibuka, akses Surabaya-Madura hanya butuh 10 menit perjalanan. Apalagi, kini kendaraan yang melintas nggak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Hal ini tentunya menjadi kesempatan emas bagi pemerintah setempat untuk mempromosikan pariwisata Madura. Kamu yang punya rencana main ke Surabaya, sekalian aja berkunjung ke salah satu pariwisata terkenal Madura yaitu Bukit Jeddih. Lokasinya berada sekitar 28 menit berkendara dari Jembatan Suramadu. 

Tampil Gemerlap ketika Malam Tiba

Sumber: Shutterstock

Jembatan Suramadu tampil gagah di siang hari, namun suasananya bakal berubah romantis ketika malam tiba. Di sepanjang kanan dan kiri jembatan tampak gemerlap dengan pancaran cahaya dari lampu-lampu yang saling berjejer.

Sementara itu, tambahan lampu warna-warni yang menyorot bagian tiang utama membuat tampilan Jembatan Suramadu semakin cantik. Momen seperti ini paling pas untuk diabadikan melalui jepretan kamera. Kalau nggak bawa, kamu tetap bisa mengabadikannya dalam ingatanmu kok.   

Di sekitar Jembatan Suramadu kamu akan menemukan warung kopi dan penjual camilan. Sekadar duduk-duduk sambil menyeruput hangatnya kopi bisa jadi cara terbaik untuk menikmati pemandangan Jembatan Suramadu di malam hari.

Buat menghalau dinginnya udara malam yang berembus, jangan lupa pakai jaket, ya, sobat tiket! Biar nggak masuk angin setelah pulang dari sini nantinya. 

Salah Satu Spot Terbaik untuk Hunting Foto

Sumber: Shutterstock

Nggak dipungkiri kalau panorama di sekitar Jembatan Suramadu sungguh menawan. Apalagi ketika momen matahari terbit dan tenggelam. Langit yang kemerahan akan berpadu cantik dengan Jembatan Suramadu yang membentang seolah membelah lautan. Inilah alasan mengapa spot ini banyak diburu para fotografer. 

Saat pagi mulai menjelang, para nelayan biasanya mengakhiri aktivitasnya dan kembali pulang. Momen ketika para nelayan berjalan menyibak kabut bisa jadi referensi foto human interest yang nggak kalah menarik dari landscape Jembatan Suramadu. 

Satu lagi, Jembatan Suramadu juga sering dipilih menjadi latar belakang foto prewed bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan, lho. 

Kalau begitu, siapkan kameramu sebelum berangkat, ya!

Dekat dengan 3 Tempat Wisata Populer di Surabaya

Memilih Jembatan Suramadu sebagai lokasi wisata nggak bakal bikin kamu kehabisan ide mau ke mana lagi setelahnya. Pasalnya, ada 3 objek wisata populer di Surabaya yang lokasinya berada dekat dengan Jembatan Suramadu. Jadi, setelah dari Jembatan Suramadu, sobat tiket bisa melanjutkan perjalanan ke 3 tempat ini

1. Kenjeran Park

Kenjeran Park merupakan kawasan wisata yang berjarak sekitar 15 menit berkendara ke arah timur dari Jembatan Suramadu. Bila dulu kawasan ini dikenal kumuh, kini Kenjeran Park tampil molek dengan nuansa baru yang menarik minat wisatawan, terutama bagi kamu yang hobi selfie.

Kenjeran Park punya sejumlah spot foto keren untuk memenuhi feed Instagram-mu. Pertama, ada kawasan hutan trembesi dengan suasana rimbun pepohonan yang menyejukkan.

Selain itu, Klenteng Sanggar Agung yang berdiri kokoh bakal membuatmu seperti berada di Negeri Tirai Bambu. Karena bentuknya yang unik, Replika Temple of Heaven ini pun menjadi spot andalan fotografer.

Bergeser ke arah utara dari Klenteng Sanggar Agung, sobat tiket akan menemukan patung dua naga raksasa yang saling berhadapan dengan latar belakang pemandangan laut lepas. Berfoto di sini dijamin bakal mengundang banyak like di media sosialmu.

Terakhir, ada Atlantis Land Kenpark, wahana bermain air yang didesain mirip istana di film-film Disneyland.

2. Hutan Bambu Keputih

Lokasi Hutan Bambu berada sekitar 22 menit dari Jembatan Suramadu. Deretan pohon bambu yang begitu rindang menjadi daya tarik utama tempat ini. Apa lagi kalau bukan menjadi spot foto instagramable.

Uniknya, di waktu tertentu Hutan Bambu bisa tampak begitu hijau seperti Hutan Bambu Arashiyama di Jepang, di waktu lainnya Hutan Bambu keputih bisa berubah warna menjadi keemasan dan kering.

Selama di sini, kamu bisa sekalian menikmati angin sepoi-sepoi yang berembus dan sesekali dihiasi cuitan burung. Suasananya yang tenang dan alami seakan mampu membuatmu lupa kalau Surabaya adalah kota yang riuh.

Selain Hutan Bambu, kamu juga bisa berkunjung ke spot instagramable Surabaya lainnya seperti Jalan Tunjungan dan Jalan Gula yang menawarkan suasana klasik tempo dulu. 

3. Tugu Pahlawan

Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya punya sejumlah objek wisata yang menawarkan kisah-kisah heroik di masa lalu. Salah satunya adalah Tugu Pahlawan. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan arek-arek Suroboyo yang berjuang melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Selama di sini kamu bisa  mengunjungi diorama-diorama yang bercerita tentang semangat pahlawan tak dikenal dalam mengusir penjajah. Terdapat museum yang di dalamnya menyimpan benda bersejarah dari peristiwa pertempuran 10 November.

Memasuki tanggal 10 November, di kawasan Tugu Pahlawan akan digelar aksi teatrikal yang menggambarkan semangat juang arek-arek Suroboyo. Pertunjukan ini pun selalu ramai dipadati pengunjung, mulai dari masyarakat setempat hingga para turis asing.

Sobat tiket yang penasaran, kamu bisa agendakan perjalananmu ke Surabaya di tanggal 9-10 November.  

Liburan Seru di Jembatan Suramadu

Masih mau melewatkan berkunjung ke Jembatan Suramadu ketika liburan ke Surabaya? Sebaiknya sempatkan waktu untuk berkunjung, ya!

Untuk mencari hotel dekat Jembatan Suramadu, kamu bisa menggunakan tiket.com. Selain prosesnya yang mudah, kamu bakal dapat penawaran harga terbaik, lho!