, ,

Jelajah Semarang Bareng Teman-Teman Itu Ternyata Menyenangkan, Lho!

Entah apa yang ada di pikiranmu waktu itu, tiba-tiba saja saat kamu dan teman-temanmu menonton film AADC 2, kamu mendadak punya rencana liburan seru bersama teman-temanmu. Sobat Tiket, nggak perlu ikutan pergi ke Yogyakarta kok untuk bikin liburan seru. Ternyata, Semarang memiliki banyak destinasi wisata bisa kamu jelajahi bersama teman-teman.

Di sini, kamu bisa menemukan kawasan bersejarah yang sangat memukau, kawasan wisata alam yang masih sangat alami, dan yang paling penting lagi adalah kuliner Semarang yang nikmatnya selalu pengin kamu gigit.
Semarang benar-benar surga yang nggak bisa dilewatkan. Itulah mengapa kalau sedang backpacker ke Semarang dengan teman-teman, kamu harus menjelajahi beberapa destinasi menarik di bawah ini. Siap melakukannya bersama teman-teman?
1. Lawang Sewu
Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan tempat ini, Sobat Tiket. Lawang Sewu adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang menjadi trademark Kota Semarang. Bangunan yang dikelola oleh PT KAI ini memiliki desain unik dan reputasi yang sedikit magis. Di tempat ini kamu akan menemukan banyak sekali pintu dari bangunan yang masih mengusung arsitektur Belanda kuno.

Lawang Sewu
Via @yogamutaqin : https://www.instagram.com/p/BIRnwPzAYvH/?tagged=lawangsewu

 

Banyaknya pintu inilah yang menyebabkan tempat ini dijuluki Lawang Sewu. Kamu bisa menjelajah semua ruangan di sini semua pintunya sembari mencari spot-spot menarik yang bisa diabadikan dengan kamera. Menjelajahi Lawang Sewu akan membuatmu merasa tersedot ke zaman kolonial yang penuh misteri.
2. Sam Po Kong
Sam Po Kong adalah salah satu Klenteng atau tempat peribadatan masyarakat Konghuchu terbesar di Semarang. Kompleks bangunan yang dibuka untuk umum ini berisi bangunan yang menarik berarsitektur Tiongkok kuno. Di sini kamu bisa menemukan sebuah gua batu besar yang kerap disebut sebagai Gedung Batu, dan patung-patung Sam Po Tay Djien.

Sam Po Kong
Via @yennys_liem : https://www.instagram.com/p/BHUHEduA99A/?tagged=sampokong

 

Menurut sebuah cerita, Sam Po Kong adalah petilasan dari Laksamana Cheng Ho. Saat menjelajahi Indonesia, Cheng Ho mampir di Semarang. Bekas petilasan ini akhirnya dibangun menjadi sebuah Kelenteng dan digunakan sebagai lokasi penyembahan dewa dari Agama Konghucu. Oh ya, Kelenteng ini sudah dibangun lebih dari 600 tahun lalu.

3. Candi Gedong Songo
Bosan menjelajah di area kota saja, yuk mari bergerak ke kawasan pegunungan tepatnya di kawasan Dusun Darum, Kecamatan Ambarawa. Di sini kamu akan menemukan kompleks candi yang cukup besar dengan pemandangan alam yang sangat memukau. Seluas mata memandang kamu hanya akan menemukan hamparan hijau yang sangat menyegarkan mata.

Candi Gedong Songo
Via @rio.ap : https://www.instagram.com/p/BITnOpggO1-/?taken-at=303248256

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan wangsa Syailendra. Diperkirakan candi ini dibangun pada abad ke-10 sebagai lokasi pemujaan. Saat wangsa Syailendra runtuh, sontak candi ini tidak digunakan lagi hingga akhirnya ditemukan lagi oleh Raffles pada abad ke-19. Saat ini Candi Gedong Songo menjadi incaran banyak orang yang sekadar penasaran atau ingin mengabadikan banyak pemandangan indah di sini.

4. Pantai Maron
Semarang juga memiliki pantai yang sangat indah meski tidak sebanyak yang dimiliki oleh Yogyakarta. Tidak jauh dari pusat kota atau 20 menit perjalanan, kamu akan menemukan sebuah pantai dengan air cukup bersih yang bersebelahan dengan Bandara Ahmad Yani, Semarang. Di sini kamu bisa melakukan aktivitas air seperti berenang atau sekadar menikmati suasana pantai yang menenangkan.

Pantai Maron
Via @pteofilusarthur : https://www.instagram.com/p/BGJp66qPwli/?tagged=pantaimaronsemarang

Sebelum masuk ke kawasan Pantai Maron, kamu harus melewati banyak tambak milik penduduk yang tersebar sangat luas. Setelah melewati area tambak, kamu akan menemukan area Pantai Maron yang lapang dengan ombak yang sangat kecil khas laut utara.

5. Masjid Agung Jawa Tengah
Setelah puas menjelajahi kawasan wisata alam dan budaya, saat ini mari bergerak kembali ke Kota Semarang. Kamu bisa menjelajahi salah satu destinasi religi paling besar di Semarang, bahkan Jawa Tengah dengan datang ke Masjid Agung Jawa Tengah yang diresmikan pertama kali pada tahun 2006 silam.

Masjid Agung Jawa Tengah
Via @ghalib_wahyu_s : https://www.instagram.com/p/BH_mt-5A4L5/?tagged=masjidagungjawatengah

Di masjid yang mampu menampung 16.000 jemaah ini, kamu bisa berkeliling untuk menikmati arsitekturnya yang unik, beribadah, hingga ngadem sejenak dari udara Semarang yang sangat panas. Oh ya, masjid ini memiliki payung raksasa yang memiliki diameter 14 meter. Payung ini biasanya dibuka kalau kondisi cuaca sedang tidak baik.

Bagaimana? Masih mau pikir ulang untuk melakukan wisata ke Semarang bareng teman-teman?