, ,

Jaga Menu Anda Saat Merayakan Lebaran

Suasana lebaran yang lekat dengan liburan, membuat Anda ingin menikmati makanan khas daerah dan mencicipi berbagai menu makanan. Tanpa disadari hal ini menjadi penyebab melonjaknya berat badan selama masa liburan. Tidak hanya berat badan, kadar kolesterol pun cenderung ikut naik. Menjaga asupan makanan adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga badan Anda. Semoga beberapa tips berikut ini dapat membantu.

Ubah Pola Menu & Cara Memasak

Sajikan nasi merah, gado-gado dan tempe gorang  di sela-sela ketupat, opor, serta rendang. Makanan ini sangat baik bagi Anda untuk menurunkan kolesterol serta memberikan serat yang cukup bagi tubuh. Makanan jenis ini juga cocok bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Sebaiknya makanan disajikan dengan merebus, kukus, atau dibakar tanpa minyak. Jika harus menggunakan minyak, pilihlah minyak zaitun daripada minyak biasa atau mentega, dan Anda bisa menganti santan dengan susu rendah lemak atau susu kedelai.

Jangan Lupa Sayur dan Buah

Konsumsi banyak sayuran dan buah yang kaya serat sehingga dapat mengimbangi serta menyerap kandungan kolesterol dalam tubuh. Di samping itu sayuran dan buah ini juga akan membantu Anda dalam melancarkan sistem pencernaan. Anda dapat menghidangkan menu seperti gado-gado, salad sayuran segar, lalapan, atau sekedar sayur bayam dan sop sayur dalam menemani santap bersama keluarga.

Minum Cukup Air Putih

Ini yang tidak boleh terlupakan. Banyak konsumsi air putih. Tidak dapat dipungkiri setiap berkunjung ke rumah sanak famili atau kolega, Anda pasti selalu disajikan minuman manis mulai dari teh, sirup, es buah hingga softdrink. Sulit rasanya untuk menolah tawaran dari pemilik rumah. Anda dapat mengakalinya dengan mengambil dalam porsi kecil sehingga tidak banyak gula yang masuk ke bandan Anda. Perbanyak juga minum air putih agar badan selalu sehat.

Konsumsi Penawar Lemak

Mungkin bagi beberapa orang termasuk Anda, menyantap menu Lebaran yang kaya lemak bisa menjadi masalah tersendiri. Tenang saja, Anda dapat menetralisirnya dengan minum teh hijau, jus jeruk, atau air lemon. Anda juga dapat menetralisirnya dengan makanan seperti oatmeal saat sarapan atau makan buah alpukat di sela-sela santap hidangan lebaran Anda.

Perhatikan Porsi Makan

Terakhir, Anda harus memperhatikan porsi makan. Selama berpuasa tubuh telah menjalani proses pengeluaran racun (detoksifikasi), maka tubuh membutuhkan penyesuaian kembali terhadap makanan-makanan yang kita konsumsi. Tubuh perlu beradaptasi kembali dengan pola waktu makan yang normal. Jangan memaksakan tubuh kita makan dengan porsi makan yang berlebih, berhentilah sebelum kenyang, mulailah sebelum lapar.