, ,

Inilah Destinasi Yang Bikin Kamu Ingin Jago Menyelam.

Siapa yang pada masa sekolah dulu pernah dapat pelajaran berenang? Kami yakin banyak di antara Sobat Tiket yang dapat pelajaran ini, dan mungkin tidak sedikit pula dari Sobat Tiket yang membenci pelajaran berenang ini. Tahukah Sobat Tiket, ternyata selain berguna untuk bertahan hidup, pandai berenang juga membawa banyak manfaat lainnya, lho. Salah satunya adalah menyelam.
Ya,dengan menyelam, kita bisa mengeksplorasi alam bawah laut dengan lebih mendalam. Alam bawah laut itu menyimpan banyak keindahan yang luar biasa. Pokoknya, terlalu indah sampai Sobat Tiket akhirnya menyesal sudah bolos kelas berenang dan nggak bisa berenang, apalagi menyelam. Nggak percaya? Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata bawah laut di dunia, yang bisa bikin Sobat Tiket mendadak ingin jago berenang dan menyelam.

  1. Bali Underwater Sculpture, Indonesia
    Kita mulai dari negeri sendiri. Siapa yang masih meragukan keindahan alam Bali? Kita semua setuju Bali masih menjadi pulau dengan pemandangan alam yang indah. Tapi, tahukah Sobat Tiket ternyata Bali juga menyimpan keindahan alam bawah laut yang mempesona. Salah satunya adalah Underwater Sculpture, yang terletak di Nusa Dua. Sama seperti beberapa negara lain di dunia, Underwater Sculpture di Bali juga bertujuan untuk konservasi trumbu karang. Di sini, Sobat Tiket bisa menemui patung-patung manusia yang banyak berjejer. Agak menyeramkan sih, namun tetap terlihat indah.


Bali Underwater Sculpture
  1. Great Barrier Reef, Australia.
    Mungkin Sobat Tiket pernah melihat film Finding Nemo, atau Shark Tale, dan kemudian membayangkan bisa terjun langsung ke dunia bawah laut yang kaya akan spesies ikan tersebut. Mustahil? Nggak juga. Di Great Barrier Reef, Australia, Sobat Tiket bisa menyelam bersama ratusan bahkan mungkin ribuan spesies ikan yang unik. Di tempat yang sudah terkenal sampai ke ujung dunia ini, bahkan Sobat Tiket nggak hanya bisa bertemu ikan “Nemo” yang ikonik, tapi juga ikan hiu kepala palu jika beruntung.

Great Barrier Reef, Queensland – Video Credit: Lonely Planet
  1. Underwater River, Mexico
    Suatu hari, Sobat Tiket melihat kartun Spongebob dan berkata, “bagaimana mungkin ada pantai dalam laut?” Jawabannya, ternyata bisa! Mungkin tidak persis berupa pantai, tapi lebih seperti sungai. Tempat ini biasa disebut Cenote Angelita. Di tempat ini, Sobat Tiket bisa menemui sungai yang berada di bawah air. Sayangnya, selain harus jago berenang dan menyelam, hanya penyelam berlisensi saja yang boleh menyelami spot ini.

Underwater River/Cenote Angelita, Mexico – Video Credit: V-Talk

4. Silfra Crack, Islandia
Pernahkah kamu berpikir tentang di mana lokasi pertemuan dua lempengan benua berada? Silfra Crack punya jawabannya. Di tempat ini, kamu bisa menyelami indahnya pertemuan dua lempeng benua, yaitu Benua Eropa dan Benua Amerika. Cuma itu? Nggak dong, di Silfra Crack, kamu juga bisa menikmati menyelam di dua suhu air yang berbeda pada tempat yang sama.


Silfra Crack, Islandia – Video Credit: Jan Ingmar Bjørgum
  1. Togian/Togean Island, Indonesia
    Bagi para penyuka dunia bawah laut, bertemu ikan besar, atau mungkin paus, adalah impian. Nah, kalau Sobat Tiket bisa berenang, apalagi diving, Sobat Tiket punya kesempatan yang besar untuk bertemu paus di kepulauan ini. Berada di utara Sulawesi, Togean Island tidak hanya menawarkan keindahan alam laut, tapi juga bermacam spesies makhluk laut yang unik, termasuk Hiu Paus yang berukuran jauh lebih besar dari manusia. Lebih dari cukup kan untuk membuat Sobat Tiket ingin belajar menyelam, dan berburu tiket ke Sulawesi?

Togian/Togean Island, Sulawesi – Video Credit: Bugi Suhana