, ,

Inilah 5 Hal Yang Membuat Kita Bangga Menjadi Pemuda Indonesia

Hari ini, 88 tahun yang lalu, sekelompok pemuda dari seluruh nusantara secara heroik dan penuh semangat, berikrar untuk menjadi bangsa yang satu. Tidak hanya menjadi sebuah gerakan yang mendorong untuk proses kemerdekaan bangsa Indonesia, sumpah dari para pemuda itu juga menjadi wujud nyata dari betapa besar bangsa ini. Begitulah semangat para pemuda nusantara kala itu. Semangat sumpah pemuda yang membawa kita berdiri tegak hingga hari ini dengan rasa penuh kebanggaan.

Hampir satu abad berselang, masihkah tersisa rasa kebanggaan kita menjadi pemuda Indonesia? Jawabnya, tentu saja. Indonesia itu jauh lebih berharga dari sekadar dibanggakan. Begitu banyak nilai dan budaya yang terkandung di dalam negara kepulauan terbesar di dunia ini. Indonesia itu rumah bagi banyak suku, ras, serta budaya. Jelajahilah nusantara dari sabang sampai merauke, dan kamu tidak akan berhenti memuji betapa indahnya bangsa ini.

Lalu, apa saja hal yang membuat kita bangga menjadi pemuda Indonesia, yang masih ada hingga kini? Selain memiliki bahasa yang begitu hebat, berikut ini adalah 5 hal yang bisa membuat kita bangga menjadi pemuda Indonesia.

1. Budaya Memberikan Salam
Indonesia itu orangnya ramah-ramah. Setidaknya pernyataan itu sering kamu dengar dari para traveler asing yang berkunjung ke negara kita ini. Sebagai pemuda dan pemudi Indonesia, tentu kita sudah ditanamkan nilai ini sejak kecil oleh para orang tua kita. Tidakkah kamu merasa beruntung memiliki nilai tersebut dalam dirimu, Sobat Tiket?

salam
Orang Indonesia Itu Ramah Dan Murah Senyum. Via hello-pet.com

Budaya memberikan salam dan bersikap ramah pada semua orang itu sudah mendarah daging dalam diri kita. Kita patut bangga akan hal ini, karena tidak semua bangsa di dunia ini punya keramahan seperti orang Indonesia.

2. Indonesia Punya Banyak Kesenian Asli
Darah seni sepertinya sudah mengalir begitu kental dalam diri kita, pemuda dan pemudi Indonesia. Indonesia itu rumah bagi banyak kesenian asli. Coba saja lihat, dari ujung barat hingga ke ujung timur Indonesia, ada begitu banyak kesenian asli yang bahkan membuat banyak orang di dunia ini terkesima.

yospan
tari yospan. Via tradisikita

Mulai dari Tari Saman di ujung barat, hingga Tari Yospan diujung timur, ada banyak kesenian hebat yang kita miliki. Masih kurang bangga apa, coba?

3. Ritual Pengucapan Syukur
Selain bangsa yang dikenal dengan banyak kepercayaan dan juga hal yang mungkin agak sedikit mistis, Indonesia juga dikenal sebagai bangsa yang tidak pernah lupa akan nikmatnya bersyukur. Hal itu terlihat dari banyaknya tradisi ritual untuk mengucap syukur yang dimiliki negara ini.

ritual sipaha lima
Ritual Sipaha Lima, Sumatera, ungkapan rasa syukur atas hasil panen. Via mongabaya

Tidak hanya di Jawa, bahkan ritual mengucap syukur ini ada di hampir seluruh wilayah di tanah air. Lebih dari indah, hal ini tentunya menjadi sesuatu yang harus kita banggakan.

4. Budaya Menghormati Para Pendahulu
Bagi bangsa Indonesia, menghormati para pendahulu adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Tanpa para pendahulu, kita pastinya tidak akan menjadi seperti hari ini. Kebiasaan menghormati orang yang lebih tua adalah kekayaan yang harus kita banggakan, karena kita punya segudang cara untuk ini.

cium tangan
Tradisi Cium Tangan Untuk Menghormati Orang Tua. Via arahiyoung

Baik kepada orang tua, pahlawan, hingga leluhur di masa lampau, Indonesia memiliki banyak budaya yang menunjukkan rasa hormat kita kepada orang yang sudah lebih dahulu ada di dunia ini. Bahkan, ada banyak budaya dan kebiasaan kita dalam menghormati orang tua kita yang tentunya tidak dapat kita temui di belahan dunia lain.

5. Rumah Bagi Keberagaman
Banyaknya suku, ras, agama, dan budaya, membuat bangsa ini kaya akan percampuran budaya. Bahkan tidak jarang budaya baru yang lahir di negara ini merupakan hasil dari percampuran antar budaya.

beragam
Beragamnya budaya Indonesia. Via Blog Unnes

Mulai dari bedug, hingga berbagai kesenian di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan daerah lainnya, banyak yang lahir dari percampuran budaya. Sungguh sebuah kekayaan yang patut kita banggakan.

Jadi, Sobat Tiket, seberapa banggakah kamu akan bangsa ini? Yuk, sama-sama kita jaga kekayaan bangsa dan menjadi Indonesia yang seutuhnya. Selamat Hari Sumpah Pemuda!