, , ,

Inilah Cara Paling Asik Menikmati Gerhana Matahari Total

Ramai diperbincangkan beberapa minggu terakhir, Gerhana Matahari Total (GMT) seakan menjadi primadona bagi media-media di Indonesia. Tidak hanya media online dan konvensional, warga Indonesia pada umumnya juga ramai memperbincangkan fenomena langka ini di media sosial.

Ya, peristiwa tertutupnya matahari oleh bulan yang kabarnya akan muncul serentak di Indonesia pada 9 Maret 2016 ini, tentunya menjadi hal yang membuat kita penasaran untuk menikmatinya. Nah, biar nggak kelewatan bagaimana serunya Gerhana Matahari ini, berikut kita kasih tips tentang cara paling asik menikmati Gerhana Matahari Total.

1. Pakai Kacamata Gerhana
Bukan, bukan kacamatanya Gerhana si anak kecil berkekuatan super itu, tapi kacamata yang memang dikhususkan untuk menikmati fenomena Gerhana Matahari Total. Itu karena kamu memang dilarang untuk melihat gerhana secara langsung. Melihat gerhana dengan mata telanjang akan merusak penglihatan kamu.

2. Kamera Lubang Jarum
Pernah dengar kamera lubang jarum? Kamera lubang jarum adalah kamera sederhana yang memiliki aperture yang sangat kecil dan berbentuk kaleng kedap cahaya dengan sebuah lubang sebesar lubang jarum. Prosesnya masih manual namun mampu menangkap citra gerhana dengan cukup baik. Nggak punya kamera lubang jarum? Gampang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Simak caranya di sini.

3. Berkumpul Bersama Astronom
Nggak cuma Gerhana Matahari Total saja, saat fenomena yang berhubungan dengan langit biasanya planetarium atau pusat penelitian astronomi lainnya akan mengadakan event untuk melihatnya bersama-sama menggunakan teleskop. Nah, di event ini pula biasanya para astronom berkumpul. Apa serunya? Berkumpul bersama astronom akan membuat kamu lebih mengerti tentang gerhana matahari lebih mendalam. Bisa buat pamer ke teman-teman kamu tuh. Hehe

4. Lihat Via Live Streaming
Apa yang biasa muncul saat kita memasukan kata Live Streaming? Yap! Sepakbola! Tapi tahukah kamu, nggak cuma bola, fenomena alam sekarang juga bisa Live Streaming, loh. Khusus untuk Gerhana Matahari Total nanti, kabarnya fenomena ini juga tersedia dalam layanan Live Streaming di internet. Ya, jadi buat kamu yang nggak sempat melihatnya secara langsung, bisa turut menikmati keseruannya deh.

5. Sambil Ngemil
Cara seru yang terakhir ini wajib banget buat kamu yang doyan makan. Bagi para ngemil mania, peribahasa “tidak ada waktu ngemil yang tak tepat” nampaknya sangat nyata terpampang. Mau melihat langsung atau via streaming, jangan lupa membawa cemilan ya, supaya makin asik menikmati gerhananya. Hati senang, perut kenyang.

Kalau menurut kamu, kita harus ngapain sih saat gerhana matahari? Tulis di kolom komentar yuk.
Mau lihat gerhana secara langsung? Beli tiket perjalanannya di Tiket.com aja.