, ,

Enggak Cuma Minta Telolet, Ini Keseruan Lain Yang Bisa Kamu Lakukan Di Jawa Tengah

Om Telolet Om!”. Kira-kira seperti itulah kalimat sederhana yang sedang ramai diserukan oleh orang banyak saat ini. Enggak hanya di Jepara dan sekitar jalur pantura saja, seluruh dunia pun saat ini sedang ramai membicarakan asiknya minta “Telolet”. Dari yang muda hingga yang tua, dari anak-anak sekolah sampai mereka yang baru saja punya anak, semua orang mendadak demam telolet. Bahkan suara telolet (klakson bus) kini juga ramai dijadikan musik oleh para DJ dunia.

Kamu termasuk yang sedang demam telolet juga? Pergi langsung ke Jepara sambil membawa spanduk bertuliskan “Om Telolet Om!” mungkin bisa menghadirkan sensasi dan kepuasan tersendiri. Tapi jika menurutmu minta telolet itu sesuatu yang ekstrim dan buang waktu, enggak usah kecewa karena sama kayak Jepara,  Jawa Tengah pada umumnya punya hal seru lain yang bisa kamu lakukan. Apa saja yah?

1. Menikmati Kuliner Enak
Dari Semarang di wilayah utara, hingga Kota Solo di sebelah timur, selalu saja ada kuliner enak asli Jawa Tengah yang bisa kamu nikmati. Pokoknya, berburu kuliner di Jawa Tengah itu surga banget deh!

girin sragen
Soto girin Sragen. Via @madangsragen

Lumpia basah di Semarang, soto kudus di Kota Kudus, nasi pecel di Kota Solo, hingga sate ambal di Kota Kebumen, adalah beberapa menu kuliner yang sudah enggak perlu diragukan lagi citarasanya. Bahkan di kota kecil seperti Sragen pun, punya menu kuliner enak bernama soto girin (sejenis soto kwali) yang mampu membuat kamu ketagihan. Saking lezatnya, soto girin ini bahkan hanya tersedia dari subuh hingga jam 8 pagi saja.

2. Belajar Sejarah
Jawa Tengah juga dikenal dengan bermacam situs-situs peninggalan sejarah. Tidak hanya candi, di propinsi ini kamu juga bisa menemukan situs peninggalan sejarah yang pastinya seru untuk dijelajahi.

sangiran
Museum Sangiran. Sumber

Kamu tentu sudah mengenal indahnya Candi Prambanan yang megah dan tersohor. Belum lagi candi-candi kecil seperti Candi Mendut. Jangan lupa juga untuk berburu foto cantik di Kota Tua Semarang. Dan yang enggak kalah seru, kamu juga bisa mengunjungi situs purbakala yang berada di Sangiran.

3. Air Terjun Dan Naik Gunung
Siapa bilang Jawa Tengah itu propinsi yang gersang dan membosankan? Jawa Tengah itu punya banyak spot wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata air terjun, hingga mendaki gunung, semua bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Jawa Tengah.

prau Dieng
Prau Dieng. Sumber

Apakah kamu pernah mendengar syahdu nya suara air terjun Curug Tujuh Bidadari di Semarang? Atau berteman dengan asri nya air terjun Curug Sewu di Kendal? Ya, semua itu ada di Jawa Tengah. Tidak hanya itu, kamu pun juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dari puncak Prau di Kawasan Dieng.

4. Belajar Budaya Dan Kesenian
Sama seperti wilayah lain di Pulau Jawa, Jawa Tengah juga punya banyak kesenian dan kebudayaan yang bisa kamu pelajari. Saat kamu pergi liburan akhir tahun ke Jawa Tengah, sempatkanlah dirimu untuk menjadi bagian dalam kebudayaan mereka, Sobat Tiket.

gamelan solo
Gamelan Solo. Sumber

Di Jawa Tengah, kamu bisa merasakan indahnya Tari Serimpi yang penuh dengan kelembutan. Nikmati pula sensasi membatik tulis langsung dari ahlinya. Masih Kurang? Jangan lupa juga untuk mampir ke Keraton Solo dan belajar kesenian gamelan asli Jawa, di sana.

Bagaimana Sobat Tiket, seru kan? Itu tadi hal lain di Jawa Tengah yang enggak kalah seru dari minta telolet. Tapi, kalau kamu masih nekat untuk melakukan aksi “Om Telolet Om!”, enggak apa-apa sih. Asal mintanya jangan kayak gini juga yah!