, ,

Deretan Surga Tersembunyi Di Asia Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi Sebelum Tua

Betul, menjadi tua memang bukanlah sebuah kerugian. Justru masa tua adalah masa yang indah karena selain mendapatkan kebijaksanaan yang lebih, masa tua juga penuh dengan ketentraman karena beban hidup semakin berkurang. Apalagi saat-saat setelah pensiun, kita bisa bebas menikmati masa liburan. Namun, untuk urusan traveling, masa muda adalah masa yang tepat untuk bertualang karena semua semangat dan tenaga masih penuh terkumpul.

Keindahan alam di kawasan Asia Tenggara memang penuh dengan misteri dan surga tersembunyi. Diapit oleh dua samudera; Samudera Hinda dan Samudera Pacific, membuat kekayaan alam di kawasan ini begitu unik dan beragam. Jika kalian bingung menentukan destinasi untuk traveling ke luar Indonesia, maka pergi traveling keliling Asia Tenggara bisa menjadi pilihan yang seru.

Tapi, tahan hasratmu dulu, Sobat Tiket. Karena sebelum kalian melangkahkan kaki untuk berkeliling Asia Tenggara, berikut ini daftar deretan surga tersembunyi di Asia Tenggara yang wajib kamu kunjungi sebelum tua.

1. Koh Rong Island, Kamboja
Mungkin hal ini sedikit mengejutkan. Selama ini, kita memang lebih mengenal Thailand sebagai pemilik pantai-pantai terbaik di Asia Tenggara setelah Indonesia. Bahkan, bisa jadi hanya Angkor Wat yang terlintas di kepala kita saat menyebutkan kata Kamboja.

koh rong island
Via girlsmeetglobe

 

Ternyata, Kamboja juga punya potensi yang besar akan hal ini. Setidaknya itu terlihat lewat keindahan yang ditawarkan oleh Koh Rong Island. Koh Rong adalah sebuah pulau kecil di selatan Kamboja. Luasnya kurang lebih hampir sama dengan Pulau Bangka. Namun, keindahan pantainya yang belum banyak terjamah, wajib banget masuk daftar buruan kamu untuk berlibur, Sobat Tiket.

2. Hsipaw, Myanmar
Hsipaw adalah sebuah distrik di sebelah utara Myanmar yang memiliki banyak potensi wisata. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai keindahan mulai dari air terjun, pemandangan perbukitan, hingga wisata sejarah dengan berbagai kuil Buddha yang indah.

hsipaw
Via globenote

Tidak hanya itu, Hsipaw juga menghadirkan banyak misteri dan petualangan yang seru. Di sini, kamu bisa menemukan kehidupan pedesaan yang sederhana dan ramah. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, ada baiknya kamu memberikan waktu untuk bereksplorasi sendiri tanpa pemandu dan kamu akan menemukan banyak kejutan tak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

3. Kapas Island, Malaysia
Malaysia mungkin punya kedekatan budaya yang cukup erat dengan Indonesia. Hal itu yang mungkin membuat Malaysia dirasa tidak begitu potensial untuk menghadirkan kejutan bagi para wisatawan asal Indonesia. Namun, anggapan itu bisa jadi salah saat kamu berkunjung ke Pulau Kapas ini.

kapas island
Via hiveminer

Terletak di sebelah timur wilayah barat Malaysia, Pulau Kapas masih masuk dalam negara bagian Trengganu. Di sini, kamu bisa menemukan keindahan pantai yang belum banyak terjamah yang dipadu dengan keramahan warga lokal.

4. El Nido, Filipina
El Nido adalah salah satu kawasan tujuan wisata yang sangat direkomendasikan di Filipina. Setidaknya itu tersirat dari munculnya destinasi ini di halaman utama “Lonely Planet Phillipines Guide Book”. Kawasan ini terletak di sebuah kepulauan panjang bernama Palawan, di sebelah barat daya Filipina. Sekitar 200 km dari ujung utara Pulau Kalimatan.

el nido
Sumber

Di kawasan ini, terdapat sekitar 45 pulau kecil yang memiliki beragam keindahan. Salah satu yang bisa kamu temukan salah satunya adalah sensasi menikmati pantai sepi nan indah sambil melihat sunset yang memukau. Enggak cuma seru, tapi juga romantis.

5. Don Khong Island, Laos
Kalau bicara sepakbola, Laos mungkin bisa dibilang bukan ahlinya. Apalagi negara bekas komunis ini sering menjadi bulan-bulanan Indonesia dalam hal itu. Tapi, siapa sangka bahwa Laos punya keindahan lainnya yang enggak kalah indah dari Luang Prabang.

don khong
Sumber

Don Khong terletak di sebelah selatan Laos. Kamu memang tidak akan menemukan pantai yang cantik di sini. Hal itu karena memang Laos terletak di tengah-tengah kawasan Indocina, dan tidak memiliki garis pantai. Namun, kamu bisa menemukan berbagai macam lansekap yang masih asri, serta peninggalan-peninggalan arsitektur yang membuatmu kagum. Belum lagi budaya lokal unik yang mereka miliki juga cukup seru untuk diselami.