menu buka puasa kuliner

,

5 Menu Buka Puasa Kuliner Indonesia yang Pasti Ada Saat Ramadhan

Apa yang paling berkesan buatmu saat Ramadhan? Mungkin salah satu yang membuat momen Ramadhan kamu jadi istimewa adalah beragamnya menu buka puasa kuliner khas Indonesia. Bulan Ramadhan pasti selalu menimbulkan kesan tersendiri buatmu. Gimana nih puasa kalian sejauh ini? Semoga saja enggak ada halangan ya, Sobat Tiket.

Iya dong, puasa lancar selama sebulan adalah idaman kita semua. Nah, buat kamu Sobat Tiket yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, pasti sering banget merasakan tradisi-tradisi yang hanya muncul saat bulan puasa tiba. Mulai dari acara buka puasa bersama, hingga tradisi mencari menu buka puasa kuliner khas selama Ramadhan, pasti selalu muncul menghiasi perjalanan puasa kamu.

Untuk yang disebutkan terakhir, Indonesia punya banyak menu buka puasa kuliner Ramadhan yang khas dan menggugah selera. Pokoknya, ke mana pun kalian jalan-jalan di bulan puasa ini, di seluruh penjuru Nusantara, pasti kamu akan menemukan beberapa menu lezat yang membuat kamu nggak sabaran untuk menikmatinya begitu suara bedug dibunyikan.

Sabar, bedug adzan Maghrib sepertinya masih lama. Namun, jika kamu ingin mencicipi menu khas buka puasa yang Indonesia banget, berikut ini adalah deretan makanan khas buka puasa yang pasti ada saat Ramadhan. Apakah ada menu makanan khas buka puasa favorit kamu yang termasuk di antaranya?

Menu Buka Puasa Kuliner Khas Indonesia

1. Kolak

Berbuka puasa lah dengan yang manis-manis. Nah, selain iklan sirup, kolak adalah salah satu jenis kuliner buka puasa yang hadir sebagai penanda datangnya bulan Ramadhan. Seperti sudah mencuci seluruh isi otakmu, kolak bahkan bisa jadi salah satu kuliner buka puasa yang kamu sebut saat mendengar kata Ramadhan.

Menu buka puasa kuliner

Di Indonesia, minuman bersantan ini punya banyak variasi isi. Namun, satu yang pasti, hampir di seluruh Indonesia, buah pisang selalu menjadi andalan dalam menciptakan cita rasa kolak yang nikmat. Nggak cuma pisang aja lho, Sobat Tiket. Kamu juga bisa memvariasikan isian kolak favorit kamu dengan nangka atau singkong biar nggak bosen. Pasti nikmat banget, kan?

2. Es Pisang Ijo
Iya, memang sih, di hari biasa selain bulan puasa, menu es yang satu ini memang lumayan mudah untuk ditemui. Namun, saat bulan puasa tiba, menu es pisang ijo ini jumlahnya semakin banyak. Es pisang ijo adalah salah satu kuliner buka puasa dari Makassar yang udah jadi makanan khas buka puasa di berbagai daerah di Indonesia.

Menu buka puasa kuliner khas Indonesia
sumber

Coba deh bayangkan, kesegaran yang dihadirkan oleh es pisang ijo ini. Bohong kalau kamu enggak tertarik, Sobat Tiket. Lembutnya pisang yang dibungkus dengan kulit tepung berwarna hijau pastinya bisa bikin kamu kangen banget buat mencicipinya terus selama bulan Ramadhan. Nah, apa kamu tertarik buat menjadikan es pisang ijo sebagai menu buka puasa kuliner kamu hari ini, Sobat Tiket?

3. Es Buah

Mau di rumah, di pasar, atau di kantor kelurahan sekalipun, yang namanya es buah selalu hadir menjadi menu buka puasa kuliner favorit saat Ramadhan tiba.

Makanan khas buka puasa
Sumber

Dengan beragam jenis buah yang ada di dalamnya, es buah ini bisa banget mengembalikan kesegaran yang hilang sepanjang hari. Apalagi jika ditambah dengan siraman sirup dan susu kental manis. Hhhmmmmm……. Kuliner buka puasa yang satu ini pastinya bakal menggugah selera kamu, Sobat Tiket.

4. Gorengan dan Jajanan Pasar Lainnya
Apapun jenis gorengannya, yang namanya gorengan itu sudah seperti makanan khas buka puasa yang wajib tersedia untuk berbuka. Gorengan itu ibarat pengganjal sekaligus pertolongan pertama untuk mengobati lapar. Gorengan selalu jadi makanan pendamping yang nggak pernah ketinggalan, selain ada menu takjil unik khas daerah yang pastinya jadi ciri khas daerah masing-masing di Indonesia.

Kuliner buka puasa
Sumber

Bersanding dengan jajanan pasar lainnya seperti lontong dan lemper, gorengan sukses menjadi salah satu menu buka puasa kuliner yang pasti bakal ludes seketika. Mungkin kamu juga salah satu yang suka menyantap gorengan sebagai makanan khas buka puasa favorit kamu. Bener banget nggak sih?

Nah, Sobat Tiket, kalau kamu lebih suka berbuka dengan kuliner buka puasa yang mana, nih?