,

Bubur Kampiun, Takjil Minang yang Bikin Terngiang-Ngiang

Seharian berpuasa, waktu berbuka pun tiba. Biasanya, saat puasa, kita memulai berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis, atau biasa kita sebut takjil. Setiap daerah punya takjil khas. Di Sumatera Barat, misalnya, orang Minangkabau punya takjil istimewa yang enak banget, lho.

Namanya adalah Bubur Kampiun. Penganan manis khas Minangkabau ini konon mampu membuat orang lupa diri karena rasanya yang ciamik. Bagaimana tidak, bubur ini merupakan kombinasi dari berbagai takjil seperti seperti kolak pisang, kolak ubi, bubur sumsum, bubur candil, bubur ketan hitam dan putih, serta srikaya. Bisa dibayangkan dong, cita rasa yang dihasilkan?

Bukan cuma rasanya yang asik, sejarah asal mula nama bubur ini juga unik. Konon kabarnya, Bubur ini dinamakan “kampiun” atau “juara” karena bubur tersebut pernah menjadi juara kontes kuliner pada era 1960-an. Tokoh adat dan masyarakat di Desa Jambuair-Bunuhampu, Bukittinggi, menyelenggarakan berbagai lomba untuk menghilangkan trauma pascaperang PRRI (1958-1961). Salah satunya adalah lomba kreasi bubur.

Saat itu, salah satu peserta lomba, nenek Amai Zona, seorang penjual aneka bubur, terlambat datang ke tempat lomba. Maka itu, tanpa persiapan apa-apa, dia hanya mencampurkan aneka bubur dagangannya di dalam mangkok untuk disertakan dalam lomba.

Tak dinyana, lomba itu dimenangkan oleh nenek Amai Zona. Dan ketika ditanya nama buburnya apa, sang nenek dengan bangga menyebutnya “Bubua Kampiun” atau bubur champion (pemenang). Jadilah, sampai sekarang bubur racikan sang nenek terkenal dengan sebutan bubur kampiun; bubur juara.

                                                 Foto: Luciana Adriyanto

Saat ini, bubur kampiun sangat mudah dijumpai tidak hanya di sekitar Sumatera Barat, namun juga di kota-kota lainnya di Indonesia. Uniknya, tidak semua daerah memiliki campuran bubur kampiun yang sama. Di kota Padang Panjang, misalnya, campuran yang disajikan sedikit berbeda dengan bubur kampiun pada umumnya. Mereka menambahkan sejenis agar-agar merah dan gula merah cair di atasnya.

Nah, buat kamu yang sedang berlibur ke kota Padang dan sekitarnya, rasanya belum pas jika kamu belum mencoba bubur kampiun ini. Apalagi harganya juga tidak bikin kantong bolong, sekitar Rp 5.000 per porsinya.

Jelajahi wisata bubur kamppiun dimanapun bersama Tiket.com!