, ,

Bosan ke Bandung? Explore Sukabumi Yuk

Bandung memang selalu menjadi destinasi paling ciamik di kawasan Jawa Barat dan sekitarnya. Namun untuk saat-saat tertentu Bandung menjadi terlalu ramai dan membuat kita semua jadi bosan. Akhirnya mau tidak mau, kita harus mencari tempat wisata baru yang tidak kalah unik dan yang terpenting dari semuanya adalah masih cukup sepi dari pengunjung.

Kalau Sobat Tiket ingin berlibur ke kawasan Jawa Barat, pilihlah Sukabumi sebagai destinasi alternatif selain Bandung. Kamu bisa backpackeran naik kereta dari kotamu menuju Sukabumi lalu menjelajahi semua destinasi wisata yang menarik. Yuk, simak apa saja yang ada di kota kecil ini.

1. Pantai Cimaja
Pantai Cimaja terletak di kawasan Pantai Selatan Indonesia, artinya pantai ini memiliki gelombang yang cukup tinggi. Pada bulan-bulan tertentu seperti Mei-Oktober puluhan hingga ratusan turis dari dalam dan luar negeri memenuhi pantai yang sudah dikelola dengan baik ini. Mereka berburu ombak untuk surfing sampai puas dari siang hingga sore hari.

Pantai Cimaja
via https://palabuhanratuonline.files.wordpress.com/2014/03/cimaja-west-java-11.jpg

Pantai Cimaja memiliki kontur tanah yang cukup landai. Pasir pantai cukup banyak meski didominasi oleh batuan yang cukup besar. Oh ya, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pantai ini berombak besar sehingga tidak direkomendasikan sebagai tempat berenang kecuali kamu menggunakan papan atau pelampung.

2. Kawah Ratu
Jika di Banyuwangi ada Kawah Ijen maka di Sukabumi ada Kawah Ratu. Kawah aktif yang masih menyemburkan panas ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Mereka rela mendaki di Gunung Salak hingga akhirnya sampai di kawasan Kawah Ratu yang menakjubkan meski bau belerangnya sangat pekat.

Kawah Ratu
Via http://assets.kompas.com/data/2012/todaysphoto/upload/photo/573/KawahRatu081412908301_preview.jpg

Untuk bisa sampai ke Kawah Ratu, kamu harus mendaki selama kurang lebih 3 jam. Meski butuh perjuangan yang ekstra, pemandangan dan eksotisme Kawah Ratu akan membuat semua letih hilang. Pokoknya bisa bikin kamu untuk ketagihan untuk kembali mendaki.

3. Gua Buniayu
Ingin bertualang ke tempat yang lebih seru lainnya? Datanglah ke Gua Buniayu yang memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan gua yang lain. Di sini Sobat Tiket akan menemukan banyak sekali fosil koral dan binatang laut lainnya di dalam batuan gua. Diduga gua ini terbentuk dari pergeseran permukaan laut sehingga menjulang ke atas dan membentuk sebuah ruangan.

Gua Buniayu
Via http://www.superadventure.co.id/storage/2016/05/60.-Gua-Buniayu.-Kegelapan-Abadi-yang-Dekat-dengan-Hingar-Bingar-Jakarta.jpg

Untuk menelusuri Gua Buniayu biasanya dibutuhkan waktu sekitar 5 jam. Kamu harus memanjat tebing, berjalan di dataran yang terjal, hingga melewati kawasan lumpur yang sangat luas. Untuk bisa menjelajahi kawasan Gua Buniayu disarankan untuk membawa seorang guide agar tidak tersesat dan mengalami cedera yang cukup serius.

4. Sungai Citarik dan Sungai Cicatih
Kawasan di sekitar Sungai Citarik juga menyajikan pengalaman liburan yang menyenangkan. Di sini kamu bisa melakukan outbound seperti flying fox, memanjat pohon, hingga paint ball. Selain permainan yang sangat menantang itu, kamu juga bisa melakukan arung jeram menyusuri Sungai Citarik yang sangat deras dan dipenuhi batuan-batuan yang sangat besar di tengah-tengahnya.

Sungai Citarik
Via http://travellist-tour.com/wp-content/uploads/2016/03/rafting_citarik.jpg

Kalau ingin petualangan yang jauh lebih besar terutama untuk arung jeram, datanglah ke Sungai Cicatih. Konon arus sungai di sini jauh lebih besar dari yang ada di Sungai Citarik. Selain itu, sungai ini juga lebih lebar hingga akan membuatmu lebih leluasa melakukan petualangan sampai habis dari start sampai finish.

5. Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh adalah sebuah destinasi yang memiliki banyak sekali objek yang sangat menarik. Mengunjungi taman wisata yang terletak 4 jam dari pusat Sukabumi ini akan membuatmu bisa menjelajahi banyak tempat seperti pantai, bukit, hingga curug yang jumlahnya sangat banyak hingga rasanya semua kawasan geopark ini seperti taman bermain yang menyenangkan.

Curug Awang
Via http://rahmaliza.weebly.com/uploads/3/4/4/3/3443659/8345193_orig.jpg

Kamu bisa menemukan Curug Wang yang memiliki pemandangan batuan purba yang memukau. Lalu ada Curug Cimarinjung yang memiliki tebing yang unik. Curug Sodong juga siap menanti  dengan kemegahan tebing dan genangan air mirip danau di bawahnya. Menjelajahi geopark ini tidak cukup dilakukan 1 hari saja saking banyaknya destinasi yang unik dan masih alami.

Inilah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu dapatkan ketika menjelajahi Sukabumi. Yuk, liburan nanti pergi ke kawasan selatan Jawa Barat ini!