, , ,

Liburan Ke Lombok? Coba Aktivitas Ini (Part 1)

Belum lama ini Lombok mendapatkan predikat sebagai salah satu destinasi bulan madu halal bagi pasangan di sebuah ajang kompetisi dunia The World Halal Travel Summit/Exhibition 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab, pada 21 Oktober 2015, Lombok menyabet gelar sebagai World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination.

Mau liburan ke Lombok tapi bukan untuk bulan madu, tenang saja Sobat Tiket masih bisa melakukan berbagai aktivitas di pulau seribu masji. Inilah beberapa aktivitas yang dapat Sobat Tiket lakukan.

Sumber ; http://www.belantaraindonesia.in/
Sumber ; http://www.belantaraindonesia.in/
  1. Mengejar Sunrise di Gunung Rinjani

Belum lengkap ke Lombok, jika tidak menyambangi gunung tertinggi nomor 2 di Indonesia ini. Gunung yang menurut legenda menjadi tempat bersemayam para dewa berada di Pulau Lombok bagian utara. Ada baiknya Sobat Tiket memperlajari terlebih dahulu rute pendakian untuk dapat mengejar pemandangan matahari terbit terbaik.

Sumber : http://lomboktraveling.com/
Sumber : http://lomboktraveling.com/
  1. Bersepeda Hingga Pusuk Pass

Bersepeda biasanya dilakukan hanya di Gili Trawangan. Namun, Sobat Tiket juga bisa menelusuri Lombok dengan sepeda, salah satunya ada di kawasan Pusuk Pass. Pemandangan yang elok lantaran berada di ketinggian 831 dpl yang membuat Pusuk istimewa. Tidak hanya itu, sepanjang bersepeda Sobat Tiket akan menaklukkan trek yang menanjak dan turun plus panorama hutan, lembah yang indah. Belum lagi sekawanan monyet jinak akan menyambut Sobat Tiket dengan riang.

Sumber : id.lombokindonesia.org
Sumber : id.lombokindonesia.org
  1. Island Hopping ke 3 Gili

Menyebrang ke 3 jajaran Gili terkenal di Lombok tidak lengkap rasannya jika tidak menyelami keindahan dunia bawah lautnya. Setidaknya ada 4 titik snorkeling yang wajib Sobat Tiket sambangi. “Good Heart Reef” di Gili Trawangan,  “Turtle Reef” yang terletak di dekat Gili Meno, “Garden Fish Reef” di dekat Gili Air, dan terakhir di “Bay Rock Reef” yang berada di antara Gili Meno dan Trawangan. Kalau masih kurang puas, Sobat Tiket bisa menikmati Gili Trawangan dengan bersepeda atau dengan menggunakan cidomo.

Sumber : http://lombokwandertour.com/
Sumber : http://lombokwandertour.com/
  1. Nonton Balapan Sapi ala Lombok

Tidak hanya Madura yang punya balapan sapi. Lombok juga punya balapan sapi, namanya Malean Sampi. Dalam bahasa Sasak, malean sampi terdiri dari dua kata yakni “malean” yang berarti memalek atau mengejar dan “sampi” berarti sapi. Dalam malean sampi yang dikedepankan adalah kemampuan seseorang mengendalikan sapi yang dilengkapi dengan beberapa perlengkapan seperti gau, ayuga, samet dan serumpungan atau kerotok. Sobat Tiket dapat menemukan balapan sapi ini di Narmada, Lombok Barat.

Sumber : http://www.indonesiainfrastructurenews.com/
Sumber : http://www.indonesiainfrastructurenews.com/
  1. Memancing di Teluk Awang

Gemar memancing? Teluk Awang adalah lokasi yang bisa Sobat Tiket singgahi. Lokasi Teluk Awang berada dalam satu kawasan dengan Teluk Ekas, yakni teluk terbesar di Lombok. Jika Teluk Ekas berada di wilayah Lombok Timur, Teluk Awang masuk wilayah Lombok Tengah. Di teluk ini hidup ikan dari berbagai jenis dan ukuran, sangat cocok untuk mereka yang hobi memancing. Mayoritas penduduk di sekitar teluk pun bekerja sebagai petani rumput laut, udang dan lobster. Tak heran jika di perairan Teluk Awang ada puluhan keramba milik nelayan dan beberapa perahu yang berjajar rapi.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat Sobat Tiket lakukan saat berada di Lombok. Jika masih kurang, tunggu tips berikutnya di blog Tiket.com