Gunung Sebagai Lokasi Upacara Kemerdekaan Indonesia

, ,

Upacara Kemerdekaan Indonesia Bisa Kamu Lakukan di 7 Gunung Ini

Salah satu cara terbaik untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus adalah dengan melakukan upacara kemerdekaan Indonesia. Barangkali kamu yang sekolah, kuliah, atau bekerja kantoran ada rencana untuk melakukan upacara kemerdekaan Indonesia bersama rekan-rekanmu. Namun, buat kamu yang ingin punya pengalaman baru, pernah nggak kepikiran buat melakukan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di alam bebas?

Udah bukan rahasia lagi kalau gunung adalah salah satu lokasi upacara kemerdekaan Indonesia yang sering dipilih oleh banyak orang. Melakukan upacara 17 Agustus dengan dikelilingi keindahan alam Ibu Pertiwi tampaknya bakalan sempurna banget buat menguatkan rasa nasionalisme dalam diri kita.

Kalau tanggal 17 Agustus ini kamu ada rencana buat melakukan upacara kemerdekaan Indonesia di gunung, berikut ini ada 7 gunung yang sering dipilih sebagai lokasi upacara kemerdekaan Indonesia. Yuk cek daftarnya, Sobat Tiket.

7 Gunung Lokasi Upacara Kemerdekaan Indonesia

  1. Gunung Prau Dieng

Gunung sebagai Lokasi Upacara Kemerdekaan Indonesia - Gunung Prau Dieng

Prosesi perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus bakalan semakin berkesan kalau kamu memilih Gunung Prau Dieng di Wonosobo. Para pendaki Gunung Prau Dieng akan melakukan upacara kemerdekaan Indonesia di puncak tertinggi Gunung Prau Dieng. Untuk peringatan Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2018 ini, pengelola Basecamp Gunung Prau Dieng akan menyatukan para pendaki untuk melakukan upacara Kemerdekaan Indonesia di puncak tertinggi. Pasti bakalan luar biasa ya upacara bendera pada tanggal 17 Agustus di Gunung Prau Dieng ini, Sobat Tiket.

  1. Gunung Lawu

Gunung Lokasi Upacara Kemerdekaan Indonesia - Gunung Lawu

Gunung Lawu yang berlokasi di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah ini memang sangat terkenal di kalangan para pendaki gunung. Gunung yang memiliki jalur pendakian utama dari Cemoro Sewu ini juga sering digunakan sebagai lokasi untuk melaksanakan upacara kemerdekaan Indonesia. Nggak hanya melaksanakan upacara aja, para pendaki juga sering menyertakan momen peringatan 17 Agustus dengan menggelar malam renungan di Gunung Lawu. Menarik, bukan?

  1. Gunung Papandayan

Gunung Lokasi Upacara Kemerdekaan Indonesia - Papandayan

Upacara kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus akan berlangsung semakin kidhmat jika dilaksanakan di Gunung Papandayan. Gunung di Garut ini rupanya bukan cuma terkenal karena Padang Edelweis-nya saja, Gunung Papandayan ternyata juga sering dijadikan lokasi upacara kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus. Biasanya, para pendaki yang ingin melakukan upacara bendera 17 Agustus di Gunung Papandayan juga melakukan camping bersama rombongan mereka.

  1. Gunung Merbabu

Gunung lokasi Upacara Kemerdekaan Indonesia - Merbabu

Mencari gunung di Jawa Tengah yang bisa digunakan sebagai lokasi upacara 17 Agustus? Mungkin kamu bisa mencoba datang ke Gunung Merbabu. Gunung Merbabu terletak di wilayah administratif Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali.  Biasanya, upacara kemerdekaan Indonesia di Gunung Merbabu akan dilaksanakan di puncak Keteng Songo. Gunung Merbabu ini cukup aman untuk digunakan sebagai lokasi upacara untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia karena statusnya sebagai Gunung Berapi yang sudah tidak aktif lagi.

  1. Gunung Penanggungan

Gunung Lokasi Upacara Kemerdekaan Indonesia - Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung lokasi upacara 17 Agustus yang cukup populer. Upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di Gunung Penanggungan biasanya dilaksanakan di jalur Pos Pendakian Tamiajeng. Gunung yang berlokasi di wilayah administratif Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan ini sering disebut sebagai miniatur Gunung Semeru. Kalau kamu bertanya soal pemandangan, Gunung Penanggungan punya panorama alam yang menakjubkan. Mau melakukan upacara Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus di Gunung Penanggungan, Jawa Timur?

  1. Gunung Slamet

Gunung untuk Lokasi Upacara Kemerdekaan Indonesia - Gunung Slamet

Puncak Gunung Slamet juga menjadi salah satu pilihan tempat upacara Hari Kemerdekaan yang disukai oleh para pendaki. Biasanya, para pendaki yang mengikuti upacara 17 Agustus di Gunung Slamet ini adalah pendaki yang berasal dari Jawa Tengah. Namun, kalau kamu berasal dari luar Jawa Tengah, kamu juga bisa kok untuk ikut serta memeriahkan upacara kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus di Gunung Slamet. Tertarik mencoba, Sobat Tiket?

  1. Gunung Ceremai

Upacara Kemerdekaan Indonesia - Gunung Ceremai

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini memang selalu menyimpan cerita tersendiri. Merayakan momen Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus di Gunung Ceremai tentunya memberikan sensasi tersendiri untuk kamu yang menyukai petualangan. Bayangkan saja, betapa khidhmatnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di puncak gunung tertinggi di Jawa Barat ini. Tentu saja, pengalaman melakukan upacara bendera di Gunung Ceremai akan menjadi pengalaman hidup yang nggak akan pernah kamu lupakan.

Nah, Sobat Tiket. Di mana pun nanti kamu ingin melakukan upacara Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus, jangan lupa untuk tetap mematuhi peraturan di tempat mana pun yang akan kamu pijak. Jangan lupa juga untuk bertanya kepada pengelola dari lokasi yang bersangkutan jika kamu memang ingin melakukan aktivitas upacara Hari Kemerdekaan.

Selain mencari rekomendasi gunung untuk lokasi upacara 17 Agustus, barangkali kamu juga mau berkunjung ke lima monumen paling bersejarah di Indonesia untuk menyambut gegap gempita Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kalau kamu ingin memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus di luar kota, kamu bisa pesan tiket kereta api murah di tiket.com.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!