Pasar Takjil & Pasar Ramadan

, ,

Yuk! Ngabuburit di Pasar

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam menunggu buka puasa. Mencari panganan buka puasa adalah salah satu cara yang menyenangkan saat menunggu jam berbuka puasa. Banyak pilihan tempat untuk mencari panganan berbuka puasa, mulai dari mall hingga pasar. Yup, pasar takjil yang ramai setiap bulan Ramadan datang bisa jadi pilihan Anda. Mana saja pasar yang bisa dikunjungi, berikut ini daftarnya:

 Pasar Bendungan Hilir Jakarta

Hadir setiap bulan Ramadan, pasar takjil yang satu ini biasa dijadikan pilihan warga Jakarta yang hendak mencari sajian buka puasa. Dari siang hingga sore, tenda sepanjang 48 meter selalu ramai dan tak sepi pembeli. Sekitar 50 penjual makanan dengan ratusan makanan yang berbeda selalu memenuhi kebutuhan warga Jakarta. Mulai dari minuman seperti es campur, kolak pisang hingga makanan ringan seperti aneka macam gorengan, bakwan, tahu, ubi, risoles dan gorengan lainnya. Tidak ketinggalan bermacam kue basah tradisional yang wajib Anda cicipi, seperti serabi, asinan, lemper, pempek, kue cantik manis, bubur kampiun, cucur, bolu kukus, wajik, lepet, lemang tapai, bubur biji dan masih banyak lagi. Berbagai hidangan utama juga tersaji seperti nasi padang, nasi gudeg, ayam panggang, rendang, gulai, kikil, ikan bakar dan sajian lainnya.

Pasar Sore Kauman Yogyakarta

Ketika Anda berada di Yogyakarta, sempatkan untuk mendatangi Pasar Sore Kauman, Yogyakarta. Pasar sore yang menempati gang dengan lebar kurang lebih dua meter dan panjang 150 meter tersebut telah ada sejak awal tahun 90-an. Pasar yang bermula tiga orang perdagang ini, kini setiap tahunnya tidak kurang dari 55 orang yang ikut menggelar daganganya di daerah Gondosuman. Salah satu panganan yang paling banyak dicari dan khas Kauman adalah Kicak. Kicak adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan yang dipadu dengan parutan kelapa muda, gula putih, nangka, dan daun pandan.  Makanan khas yang rasanya manis dan gurih ini menjadi salah satu menu favorit di bulan Ramadan. Selain kicak, ada juga beragam jajanan pasar khas Jawa, sperti clorot, carang gesing, dan garang asem.

Pasar Takjil Pabukoan Bukittinggi

Ada keramaian masyarakat di Lapangan Parkir Progresif Pasar Atas Kota Bukittinggi. Kerumunan orang mencari sajian berbuka puasa di Pasar Pabukoan, Bukittinggi. Berbagai jenis makanan tradisional dijajakan di pasar yang buka setiap pukul 14:00 di bulan Ramadan. Di sini Anda dapat menemukan nasi kapau dengan lauk khasnya seperti rendang, dendeng, tunjang, ayam goreng, ayam renang, gulai ayam bumung, ikan bakar, limpa, hati, dan aneka laup pauk serta daging lainnya. Anda juga dapat menemukan lamang tapai, makanan tradisional Minangkabau yang legit dan manis. Kudapan ini banyak dihidangkan saat berbuka puasa. Selain itu juga lopis sipulut, kue berbentuk segitiga dan terbuat dari beras ketan. Lalu onde-onde, lapek bugih, dan sarabi.

Pasar Takjil Makassar

Terletak di jantung kota Makassar,Pasar Takjil Jl. Mappanyukki selalu menghadirkan kegembiraan disaat bulan Ramadan. Pasar takjil yang menjadi kebanggan warga Makassar selalu mulai ramai setiap menjelang waktu berbuka. Anda dapat menemukan lokasi pasar ini di belakang gedung Wisma Kalla dan deretan area perkantoran yang ramai dengan karyawan. Pasar yang selalu ramai sejak pukul 15:00 ini menjual berbagai macam minuman berbuka, makanan ringan hingga makanan berat berbuka. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai kue khas Makassar, seperti jalangkote, lopis, sikaporo, hingga barongko. Aneka es buah juga dijajakan. Seperti es sirsak, es cendil, es buah, dan es pallubutung yang jadi minuman khas Kota Makassar.

Pasar Wadai Banjarmasin

Ada yang menarik saat Anda mengunjungi kota Banjarmasin saat bulanRamadan.  Bagi Anda yang ingin mengngunjunginya, masukan Pasar Wadai Banjaarmasin dalam list perjalanan. Dilaksanakan di Jalan Sudirman tepatnya di depan Hotel Batung Batulis hingga Depan Kantor Gubernur ataupun di depan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin diikuti oleh ratusan stand yang ada. Aneka wadai (kue) tradisional khas Banjar hadir untuk teman buka puasa Anda. Anda akan menemukan kue khas Banjar yang banyak penggemarnya, kue tersebut adalah Kue Bingka. Kue Bingka adalah kue yang sangat populer dan banyak menjadi favorit warga banjar. Kue bingka sendiri ada beberapa macam, dari bingka kentang, keju, kelapa muda, telur sampai dengan nangka. Selain kue bingka anda juga bisa menemukan aneka jenis kue yang lain seperti Putri Selat, Amparan Tatak Pisang, Pais, dan lain-lain.