Wisata Sejarah Medan

,

Kunjungi 5 Tempat Wisata Sejarah di Medan Ini, Cara Baru Nikmatin Liburan Seru!

Wisata Sejarah Medan – Saat merencanakan sebuah liburan, tentu kamu sudah membuat list mengenai tempat wisata apa saja yang akan kamu kunjungi kan, sobat tiket? Mulai dari tempat wisata yang sedang hits, hingga tempat wisata sejarah di kota atau negara tersebut.

Tempat-tempat wisata kekinian memang saat ini sudah menjamur banget ya, sobat tiket. Namun, tempat wisata sejarah masih memiliki daya tarik yang kuat hingga tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi dong!

Seperti untuk sobat tiket yang ingin pergi ke Medan, dan mengeksplor kota ini. Jangan sampai melewatkan wisata sejarah Medan yang tentunya akan membuat liburan kamu di kota ini semakin berkesan nih, sobat tiket. Mau referensi tempat wisata sejarah Medan? Ini dia listnya!

5 Tempat Wisata Sejarah Medan, Jangan Sampai Terlewat!

Wisata sejarah memang sangat melekat bagi setiap kota atau negara, termasuk Kota Medan ini. Ada beberapa tempat wisata sejarah dengan masing-masing kisahnya yang menarik untuk diketahui lho, sobat tiket. Pokoknya, jangan sampai melewatkan tempat-tempat ini ya saat ke Medan!

1. Istana Maimun

Istana Maimun menjadi salah satu destinasi wisata sejarah Medan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berwisata ke kota ini. Kamu akan dibuat terkagum deh dengan kemegahan istana ini. Dengan dominasi warna emas, istana ini terlihat semakin mengesankan banget deh, sobat tiket.

Wisata Sejarah Medan - Istana Maimun

Meskipun namanya Istana, dan menjadi bukti dari kemegahan Kerajaan Deli, Istana Maimun ini tidak hanya dijadikan sebagai situs sejarah saja. Melainkan dijadikan sebagai tempat wisata di Medan, dan juga sebagai venue untuk acara pernikahan, lho!

Istana Maimun yang megah ini dipengaruhi oleh tiga budaya lho, sobat tiket. Diantaranya adalah Tradisional melayu, Timur Tengah, dan Eropa. Berdiri di atas tanah seluas 2.227 m2, Istana Maimun memiliki 30 ruangan dengan 2 lantai, serta terbagi dalam 3 bagian yaitu bagian utama, sayap kanan, dan sayap kiri.

Lokasi: Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

2. Kuil Sri Mariamman

DI kota ini, kamu tidak hanya akan melihat kemegahan Masjid Raya Besar aja lho, sobat tiket. Namun kamu juga akan menemukan sejumlah bangunan bersejarah dari agama lainnya. Seperti Kuil Sri Mariamman yang ada di Medan ini.

Sri Mariamman merupakan kuil yang dibangun sejak tahun 1884 atau kini sudah berusia 135 tahun. Sri Mariamman merupakan kuil yang dibangun oleh masyarakat India Tamil yang terletak di Kampung Madras.

Kuil ini dibangun sebagai bentuk dari penghormatan dan juga pemujaan kepada Dewi Pelindung yang disebut Dewi Kali. Pembangunan ini dilakukan sebagai tempat peribadatan para pekerja perkebunan tembakau milik Kesultanan Deli yang didatangkan dari India.

Kalau sobat tiket pernah ke Singapore, tentunya kamu juga akan menemukan bangunan kuil dengan nama dana gaya serupa namun lebih megah. Bukan hanya sebagai tempat peribadatan, kuil ini juga bisa menjadi tempat wisata kamu saat berada di kota Medan.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.18, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

3. Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie merupakan salah satu peninggalan sejarah milik Tjong A Fie pribadi yang kini menjadi cagar budaya di Medan. Sebelumnya, bangunan rumah dengan gaya arsitektur Eropa, Tionghoa, dan Melayu ini adalah rumah yang didedikasikan Tjong A Fie untuk istrinya tercinta Kiem Koi Yap.

Bangunan dengan dominasi 3 budaya ini menjadikan Rumah Tjong A Fie sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terhitung sejak tahun 2009 silam, yang mana kediaman pribadinya ini dibuka untuk umum, tidak pernah sepi dari pengunjung.

Wisata Sejarah Medan - Rumah Tjong A Fie

Untuk sobat tiket yang mencari spot-spot instagramable, tenang aja! Kamu nggak akan kehabisan spot menarik untuk bisa diabadikan dalam foto, dan diunggah ke sosial media kamu. Jangan sampai melewatkan salah satu tempat wisata sejarah Medan satu ini ya, sobat tiket!

Di sini pula, kamu bisa mengetahui sejarah dan kehidupan dari salah satu orang berpengaruh di Kota Medan. Uniknya, bangunan dari rumah ini masih asli semua lho, sobat tiket!

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20111

4. Masjid Raya Medan

Kamu tau nggak nih, sobat tiket, kalau Masjid Raya Medan ini adalah Masjid tertua yang ada di Kota Medan? Masjid Raya Medan ini dibangun pada tahun 1906 dan merupakan peninggalan Kesultanan Deli, yaitu Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam.

Bangunan masjid ini berdiri diatas tanah seluas 18.000 meter persegi, dan memiliki luas bangunan yang mencapai 5000 meter persegi. Keunikan yang juga akan membuat kamu takjub dengan masjid ini adalah banguannya yang belum pernah mengalami renovasi sejak dibangun pertama kali. Wow, menakjubkan banget kan, sobat tiket? Apalagi usia bangunan ini sudah mencapai 1 abad lebih!

Selain menjadi tempat ibadah umat Muslim di Medan, Masjid Raya Medan juga menjadi tempat wisata sejarah di Medan yang pastinya harus kamu kunjungi ketika berada di Kota Medan. Ingin melihat langsung kemegahan dan kokohnya bangunan masjid ini? Datang langsung ke Medan, dan siap-siap dibuat terkagum ya, sobat tiket!

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.61, Mesjid, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20156

5. Vihara Gunung Timur

Terakhir, kamu bisa mengunjungi Vihara Gunung Timur, yang menjadi salah satu dari sekian banyak tempat wisata sejarah di Medan. Kota Medan memang memiliki banyak bangunan religi yang bersejarah dan bisa menjadi destinasi wisata selama di Medan yang tidak pernah membosankan.

Seperti Vihara Gunung Timur yang menjadi tempat beribadah umat Buddha di Kota Medan. Vihara ini memiliki luas tanah seluas 5.000 meter kubik, dan dibangun sejak tahun 1958. Letaknya yang tidak jauh dari Kuil Sri Mariamman, bisa menjadi ide wisata sejarah Medan yang menyenangkan lho, sobat tiket.

Setiap sudut bangunan di Klenteng Tao ini terlihat begitu instagramable deh, jadi kamu yang hobi motret, nggak akan kehabisan bahan untuk mendapatkan objek foto menarik. Namun, karena Vihara ini merupakan tempat peribadatan yang masih aktif, jadi sebagai pengunjung kamu wajib menghormati norma dan tata tertib yang berlaku ya, sobat tiket.

Jika kamu ingin melihat festival besar yang sangat menarik perhatian, maka waktu yang tepat untuk mengunjungi Vihara ini adalah saat perayaan Imlek atau Cap Go Meh.

Lokasi: Jl. Hang Tuah No.16, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

Liburan Seru Sambil Mengenal Sejarah di Medan

Ayo sobat tiket, jangan menunda lagi untuk segera pergi liburan ke Medan, dan pastikan kamu menginap di hotel yang nyaman selama di Medan ya! Pesan hotel di Medan di tiket.com bisa mewujudkan penginapan yang nyaman sih untuk kamu.

Kamu juga bisa memilih hotel di Medan dekat dengan tempat wisata lho untuk menghemat biaya transportasi selama di sana.

Selama di Medan, jangan lupa untuk menyempatkan waktu eksplor makanan khas Medan yang dijamin bisa bikin kamu ketagihan!