,

3 Tempat Ini Jadi Alasan kalau Pangkal Pinang Itu Ramah Anak

Kalau disuruh memilih tujuan wisata, sobat tiket mau ke mana? Ke Bali? Sudah sering pastinya. Lombok? Indah sih, tetapi masih begitu saja. Bandung? Jogja? Bogor? Sudah biasa banget ya, belum lagi ramainya kalau akhir pekan atau masa liburan tiba. 

Bagaimana kalau mencoba ke Pangkal Pinang? Namanya mungkin kurang keren kalau dibandingkan dengan daerah-daerah yang disebut tadi, tetapi kamu harus tahu kalau destinasi yang satu ini enggak kalah kerennya sama wilayah lainnya, lho! 

Pangkal Pinang, Destinasi Wisata yang Ramah Anak

Pangkal Pinang termasuk ke dalam wilayah Provinsi Bangka Belitung. Wilayahnya tidak terlalu luas, hanya sekitar 118,4 kilometer persegi. Jumlah penduduknya juga tidak terlalu banyak dan padat, kok. Tentunya, enggak seperti Jakarta, Bandung, atau Bogor.

Namun, meski wilayahnya kecil, Pangkal Pinang ini punya banyak destinasi wisata yang seru, lho! Tidak hanya wisata alamnya, sobat tiket juga bisa menyambangi tempat wisata keluarga yang ramah anak. 

Jangan penasaran, ini rekomendasi wisata ramah anak yang bisa kamu jumpai setibanya di Pangkal Pinang. Simak ya!

1. Bisa Wisata Sambil Belajar di Museum Timah

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket sudah tahu belum kalau Museum Timah yang ada di Pangkal Pinang ini adalah satu-satunya di Asia? Nama lainnya Househill, menempati kediaman dinas dari Hoofdt Administrateur Bangka Tin Winning atau disingkat BTW. 

Jangan salah, rumah dinas ini punya nilai sejarah yang tidak tergantikan, lho! Pasalnya, rumah ini menjadi tempat penyimpanan catatan panjang sejarah timah di kancah dunia dan khususnya, perjalanannya di Provinsi Bangka Belitung sendiri. 

Didirikan pertama kali pada tahun 1958, Museum Timah ini hadir dengan tujuan utama untuk mencatat semua cerita perjalanan pertimahan di Provinsi Bangka Belitung sekaligus mengenalkannya kepada publik. 

Kala itu, dalam aktivitas penambangan yang dilakukan, banyak sekali ditemukan benda tradisional yang digunakan oleh penambang pada masa pemerintahan Belanda. Setelah melalui beberapa kali perubahan, Museum Timah ini akhirnya resmi beroperasi pada tahun 1997.

Ternyata, museum ini menjadi destinasi yang sangat diminati, karena pengunjung bisa mengetahui cerita lengkap pertimahan di wilayah Provinsi Bangka Belitung sekaligus mengenal teknologi yang digunakan di bidang pertambangan dari dulu hingga sekarang. 

Kini, Museum Timah berada di bawah operasional PT Timah Tbk dan menjadi salah satu aset penting Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang masih terus terjaga. Tentu saja, ada banyak manfaat yang bisa sobat tiket dapatkan dengan berkunjung ke sini. 

Tidak kalah menariknya, gedung Museum Timah dahulu juga pernah menjadi tempat dilangsungkannya salah satu perundingan diplomasi antara Indonesia dengan Pemerintahan Belanda, yaitu ketika dicetuskannya Perjanjian Roem-Royen pada tahun 1949 silam.

Pastinya, mengajak sang buah hati belajar lebih dalam di dunia pertambangan timah. Pun, menjadi lebih tahu bagaimana perkembangan pertambangan timah di dunia maupun di wilayah lokal Bangka Belitung. 

Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 17, Pangkal Pinang, Bangka Belitung

Jam Buka: Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 sampai 12.00, dan pukul 13.00 sampai 16.00 WIB. Hari Jumat libur

Tiket Masuk: Gratis 

2. Refreshing Bersama Anak di Pantai Pasir Padi

Sumber: Shutterstock.com

Tempat wisata ramah anak di Pangkal Pinang berikutnya yang bisa sobat tiket tuju adalah Pantai Pasir Padi. Selepas belajar di Museum Timah, tidak ada salahnya dong mengajak anak bermain dan lebih dekat dengan alam. 

Tidak salah pula jika memilih Pantai Pasir Padi di Pangkal Pinang, karena tempat ini memang sangat indah dan menawan. Tak heran jika wisatawan lokal maupun mancanegara sangat menyukai destinasi satu ini. 

Pantai Pasir Padi berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, sehingga kamu tidak akan bisa menolak keindahan alam yang disuguhkan. Ombaknya begitu tenang, sangat baik untuk sobat tiket yang ingin berenang bersama sang buah hati.

Ada dua pulau yang letaknya tidak jauh dari pantai ini, yaitu Pulau Semajun dan Pulau Panjang. sobat tiket bisa menyewa kapal untuk menyambangi kedua pulau yang tak kalah indahnya dari Pantai Pasir Padi.

Perjalanan menuju ke pantai ini tidak jauh kok, hanya sekitar delapan kilometer dari pusat Kota Pangkal Pinang. sobat tiket bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju ke sini.

Kalau ingin menyantap makanan dan minuman, kamu bisa menyambangi kedai dan warung yang ada di sekitar pantai. Kalau masih sempat, ajak anak bermain layang-layang atau voli pantai juga seru, kok! 

Alamat: Jalan Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung

Jam Buka: Setiap hari 24 jam

Tiket Masuk: Gratis. Sobat tiket hanya bayar parkir Rp2.000. Kalau datang naik motor dan Rp4.000,- kalau naik mobil 

3. Belanjar Mencintai Flora dan Fauna di Bangka Botanical Garden

Puas main-main di pantai, yuk pindah lokasi ke Bangka Botanical Garden! Sebenarnya, destinasi ini nggak jauh kok dari Pantai Pasir Padi dan Bandara Internasional Depati Amir, sekitar 20 menit berkendara. 

Area hijau ini memiliki luas sekitar 300 hektare, lho! Di dalamnya, sobat tiket bisa menemukan banyak pohon-pohon rindang yang membuat suasana menjadi adem dan sangat asri. Udaranya tentu saja sangat sejuk dan menyegarkan.

Tak jauh, kamu bisa menemukan sebuah waduk yang dahulu merupakan bekas lokasi penambangan timah. Pemandangan sekitarnya sangat memanjakan mata dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. 

Tersedia banyak gazebo dan rumah yang terbuat dari kayu untuk sobat tiket yang ingin bersantai dan menikmati indahnya pemandangan alam. Sebagai pelengkap, ada pula pohon buah yang bisa langsung dipetik dan kolam ikan untuk kamu yang suka mancing.

Salah satu daya tarik dari Bangka Botanical Garden adalah peternakan sapi perah. Mengenalkan si kecil pada sapi bercorak hitam putih sekaligus menikmati susu sapi segar adalah aktivitas terbaik yang bisa kamu lakukan di sini. 

Harga susu sapi segar ini sangat terjangkau kok, mulai dari Rp5.000 sampai Rp10.000 dengan berbagai varian rasa. Tidak suka susu? Tenang saja, ada yogurt juga kok yang bisa sobat tiket cicipi!

Petugas setempat melakukan pemerahan sebanyak dua kali setiap harinya, yaitu pukul 05.00 dan 15.00 WIB. Semua susu dijamin kebersihan dan kehigienisannya, kok. Jadi, jangan sampai lupa untuk mencobanya, ya!

Alamat: Jalan Raya Pasir Padi, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung (sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Pangkal Pinang)

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB

Tiket Masuk: Gratis

Jelajah Tempat Wisata Lain di Bangka Belitung Bareng Anak

Nah, sekarang sobat tiket sudah tahu kan, kalau Pangkal Pinang itu ramah anak? Kalau masih belum puas, sobat tiket bisa juga mengajak anak untuk napak tilas mengunjungi bangunan replika sekolah yang dulu dipakai syuting film Laskar Pelangi di Bangka Belitung. 

Namun, sebelum mengajak keluarga dan buah hati melancong ke Pangkal Pinang, kamu tentu harus mencari pilihan akomodasi yang tepat. Jangan bingung, tiket.com bisa menjadi tempat pesan tiket paling direkomendasikan buat kamu. 

Kenapa? Sudah pasti karena harga tiketnya murah, promonya sangat banyak, dan paling penting, cara memesannya enggak ribet sama sekali. Pokoknya, jalan-jalan sama keluarga dan anak jadi lebih menyenangkan, dijamin deh!