Tempat Wisata Keluarga di Medan

,

10 Tempat Wisata Keluarga di Medan Ini Harus Banget Kamu Kunjungi!

Liburan kurang afdol rasanya kalau nggak dihabiskan bersama dengan keluarga. Namun, kendala yang biasanya dihadapi saat liburan bersama keluarga adalah mencari tempat wisata yang ramah untuk keluarga.

Karena, membawa serta banyak orang dan harus tetap mengawasi anak-anak memang terbilang cukup ribet ya, sobat tiket. Oleh karena, itu pilihan tempatnya juga harus aman dan dekat dengan kota agar mudah terkendali. Hehehe.

Sobat tiket punya rencana liburan ke Medan bareng keluarga? Nah, cocok banget nih! Karena, kali ini tiket.com bakal kasih kamu 10 tempat asik yang bisa dikunjungi bareng keluarga. Simak ya ulasan berikut ini!

10 Tempat yang Nyaman untuk Liburan Bareng Anak dan Keluarga

Jangan lupa buat selalu cek kondisi fisik dan juga jatah liburan cuti kamu ya. Biar liburan tenang dan tidak was-was dengan pekerjaan. Sejenak berlibur bersama untuk menciptakan kenangan indah bareng keluarga itu mengasyikan kok.

1. Kebun Binatang Medan

Kebun Binatang Medan
Sumber: Shutterstock.com

Lokasi wisata Kebun Binatang Medan (KBM) berada di kawasan Jalan Simalingkar Medan, Sumatra Utara. Untuk tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar Rp25.000 aja kok. Jam operasionalnya dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk weekdays, dan hingga pukul 17.30 WIB saat weekend.

Selain bisa melihat koleksi satwa, di Kebun Binatang Medan juga terdapat wahana bermain anak dan keluarga seperti flying fox, berkuda, dan lain sebagainya. Pastinya liburan bareng keluarga di sini akan seru banget deh, sobat tiket.

2. Tjong A Fie Mansion

Rumah Tjong A Fie atau Tjong A Fie Mansion merupakan rumah dengan gaya arsitektur Cina yang dipadu dengan gaya Melayu dan Eropa. Rumah ini merupakan milik saudagar kenamaan Tjong A Fie yang merupakan perantau dari Provinsi Guangdong (1860-1921).

Bangunan berlantai dua itu terletak di Jalan Ahmad Yani no 105. Lokasi ini berada tak jauh dari kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Medan. Luasnya juga tidak main-main, mencapai enam ribu meter persegi lho, sobat tiket!

Pintu gerbang rumah itu terbuka untuk kunjungan turis antara pukul 09.00-17.00. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp35.000 saja kok. Siap-siap dibuat kagum dengan arsitekturnya begitu memasuki ruangan rumah milik Tjong A Fie ini ya!

3. Istana Maimun

Istana Maimun dibangun pada 1888 oleh Raja ke-9 Kesultanan Deli. Namun, istana ini baru diresmikan pada 18 Mei 1891. Istana yang berdiri di tengah kota Medan di Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid, Medan ini selalu diramaikan oleh wisatawan lho, sobat tiket.

Istana dengan dua lantai ini memiliki luas 2.772 meter persegi dan mempunyai 30 ruangan di dalamnya. Bangunan dari istana ini memiliki gaya bangunan campuran antara Timur Tengah, Eropa, dan Belanda.

Arsitektur Timur Tengah dapat kamu lihat dari bagian atapnya yang menyerupai perahu terbalik. Sementara itu, sentuhan Eropa terlihat dari interior dalam dan juga perabotannya. Sedangkan pengaruh Belanda terlihat dari marmer prasasti yang terletak di depan tangga.

Sudah kebayang kan, gimana megah dan indahnya Istana Maimun ini?

4. Masjid Raya Medan

Masjid ini dikenal sebagai landmark kota Medan sekaligus peninggalan bersejarah warisan dari Sultan Deli. Mempunyai nama lain Masjid Raya Al-Mashun, lokasi masjid ini berada di Jalan Sisingamangaraja No.61, Kecamatan Medan Kota. Lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi Istana Maimun kok, sobat tiket.

Desain bangunan masjid ini dibuat oleh arsitek asal Belanda bernama J.A. Tingdeman. Kini, bangunan Masjid ini sudah berumur lebih dari satu abad! Saat berada di kawasan Masjid ini, kamu akan melihat nuansa masa dulu dengan arsitektur Moor.

Gaya arsitektur Moor merupakan sebutan gaya arsitektur yang berkembang di Spanyol ketika berkembang di bawah pengaruh Islam. Saat ke Medan, jangan lupa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke sini ya, sobat tiket!

5. Merci Barn Medan

Merci Barn Medan
Sumber: Shutterstock.com

Kalau kamu punya impian ke Belanda tapi belum kesampaian, bisa nih main ke sini dulu. Merci Barn Medan ini terletak di Jalan Karya Jaya – Medan Johor, Medan, Sumatra Utara. Di kawasan wisata ini, terdapat Kincir angin yang bernama Merci Windmill, memiliki tinggi sekitar 22 meter dan disertai rumah-rumah berarsitektur Belanda.

Tempat wisata ini memang belum menetapkan tarif masuk bagi wisatawan. Karena Merci Barn Medan merupakan Marketing Office dari Perumahan Medan Resort City. Untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu bisa mengunjungi Manaco Property Group yang terletak di Jalan Adi Sucipto, Kompleks Polonia River.

6. Wonders Water World

Wonders Water World merupakan wahana air yang memiliki luas mencapai 5 hektar. Pembeda dari Wonders Water World dengan water park lainnya di Medan adalah adalah Kolam Ombak. Fasilitas pendukung yang lengkap menjadikan liburan kamu di Wonders Water World semakin seru dan berkesan.

Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000 di weekdays dan Rp120.000 di weekend untuk bisa menikmati semua wahana yang ada di sini. Jam buka tempat wisata ini adalah pukul 09.00 hingga pukul 18.00.

Lokasi wisata ini tepatnya berada di Jalan Padang Golf CBD Polonia, Suka Damai, Medan Polonia, Kota Medan. Kamu bisa menuju tempat wisata ini dengan menggunakan sewa mobil di Medan lho agar lebih mudah dan cepat.

7. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit adalah themepark yang terletak di Sibolangit dan diklaim sebagai themepark terbesar yang ada di pulau Sumatra. Hal ini dikarenakan Hillpark Sibolangit berdiri di atas lahan seluas 110 hektar. Taman bermain ini dibagi menjadi tiga tema, yaitu The Lost City, Toon Town, dan The Heritage.

Untuk kamu yang mau ke sini membutuhkan perjalanan sekitar dua jam atau berjarak sekitar 45 km dari kota Medan. Lebih tepatnya, Hillpark Sibolangit berlokasi di Jalan Let. Jend. Jamin Ginting, Sibolangit, Sikeben, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

Harga tiket masuk tempat bermain ini hanya sebesar Rp10.000, tapi belum termasuk harga dari wahana yang ingin kamu coba ya, sobat tiket. Jika kamu ingin menaiki wahana yang ada di sini, maka kamu harus mengeluarkan biaya Rp75.000 untuk tiket masuk dan naik wahana sebanyak 15 kali permainan.

8. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Museum ini lebih dikenal dengan nama Museum Rahmat.  Berada di Jalan S. Parman No. 309 Medan, lokasinya sekitar 45 menit dari Bandara Kualanamu. Museum ini memiliki koleksi sekitar 5.000 hewan yang diawetkan. Seperti Gajah, Badak Putih, Banteng, Singa dan Macan Tutul.

Untuk masuk ke museum ini, kamu harus membeli tiket di loket yang berada di bagian depan gedung, dengan tarif Rp50.000 untuk dewasa dan Rp40.000 untuk anak-anak. Museum Rahmat ini bisa menjadi pilihan tempat wisata keluarga di Medan yang seru lho, sobat tiket!

9. Aek Sijornih Medan

Aek Sijornih Medan
Sumber: Shutterstock.com

Aek bermakna air dan sijornih berarti jernih. Jadi singkatnya, Aek Sijorni disematkan karena air di sekitar lokasi ini sangat jernih. Pasir di bawah permukaannya juga berwarna putih. Air terjun ini memiliki tinggi yang mencapai 10 meter.

Di lokasi ini juga terdapat banyak pohon kelapa yang membuatnya terasa lebih rindang. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatingi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

Untuk bisa menuju ke tempat wisata Aek Sijornih ini, maka sobat tiket perlu menempuh jarak sekitar 380 kilometer dari pusat kota Medan atau sekitar 12 jam perjalanan untuk menuju lokasi ini. Namun, kamu bisa mencari penginapan terdekat kok, sobat tiket, supaya tidak membuat kamu lelah di jalan.

10. Savana Afrika Karo

Savana Afrika Karo merupakan tempat wisata keluarga di Medan yang menawarkan keindahan pemandangan yang menakjubkan. Seperti pepohonan yang tinggi, hamparan kebun, dan rumput dengan bukit-bukit yang hijau.

Tempat wisata ini berada di kawasan Berastagi, Karo yang terletak di ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut. Pemandangan yang akan terlihat yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Kamu pasti akan dibuat terkagum dengan keindahan alamny ini, sobat tiket.

Ayo, Ciptakan Momen Seru dengan Keluarga di Medan

Nah, itu lah destinasi yang bisa kamu kunjungi jika ingin jalan-jalan bersama keluarga di Medan. Capek habis jalan-jalan? Pasti bikin kamu lapar dong? Jangan lupa untuk sekalian mencicipi makanan khas Medan ini.