,

7 Tempat Belanja di Jakarta Ini Sayang untuk Dilewatkan    

Belanja selalu menyenangkan. Ada rasa bahagia tersendiri saat berhasil menemukan barang yang diinginkan. Apalagi kalau berbelanja di Jakarta.

Apapun yang dicari, kemungkinan bisa ditemukan. Banyak pilihannya. Tinggal pertanyaannya, lagi mau belanja apa kamu sekarang?

7 Surga Belanja di Jakarta

Belanja yang paling ideal itu saat tersedia banyak pilihan jenis barang dan harga yang bersaing. Jadinya, sobat tiket bisa buat keputusan terbaik. Untuk itu, kami bantu rekomendasikan tempat belanja di Jakarta berikut. Dijamin kamu pasti bawa pulang apa yang dicari.

1. Thamrin City

Mal ini merupakan pusat perbelanjaan batik di Jakarta. Sobat tiket bisa membeli batik untuk berbagai keperluan. Variannya juga beragam, dari kain batik sampai pakaian jadi.

Motif batik dari seluruh Indonesia pasti bikin kamu galau mau belanja batik yang mana. Enggak setiap hari kan bisa menjumpai batik Bali atau batik Flores?

Puas belanja batik, kuy singgah di toko kain dan pakaian tenun di lantai 1. Mana tahu ada yang menarik hati.

Tak hanya pakaian khas Indonesia, beberapa toko menawarkan kerajinan asli Indonesia. Misalnya wayang, topeng-topengan, dan miniatur unik. Kamu bisa beli untuk koleksi pribadi atau untuk oleh-oleh orang terdekat.

Meski berada di dalam mal, jangan takut karena harga pakaian di Thamrin City masih terjangkau, kok.  Buktinya, Thamrin City selalu ramai wisatawan domestik maupun mancanegara.

Alamat: Jl. Thamrin Boulevard, Waduk Melati, Jakarta Pusat.

Halte atau stasiun terdekat: Stasiun Karet sekitar 700 meter dari Thamrin City.

2. Pasar Tanah Abang

Sumber: Shutterstock.com

Pasar Tanah Abang identik dengan pasar busana muslim. Ada jilbab, gamis, baju koko, hingga peci.

Tapi enggak semua dijual secara grosir, kok. Sobat tiket tetap bisa membeli secara eceran di blok A dan B. Variasi pakaian dan harganya tetap bersaing lho.

Buat yang mau beli grosiran, wajib mampir ke Pusat Grosir Metro Tanah Abang. Kalau dihitung-hitung, harga satu jilbab obral Rp10 ribu* aja.

Belanja di sini jauh dari kata panas dan ribet. Soalnya, di dalam gedung ada AC dan melayani pembayaran non tunai.

Oh ya, Tanah Abang juga menjual pakaian anak-anak dan batik. Selain itu, ada toko yang menjual aksesori sampai oleh-oleh haji.

Enggak heran kalau Tanah Abang selalu ramai apalagi menjelang Lebaran. Kamu yang berniat belanja ke sini, buat daftar belanja dulu biar enggak kalap.

Alamat: Jl. Jatibaru Raya, Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Halte atau stasiun terdekat: Stasiun Tanah Abang di seberang pasar. Menuju blok B dan F bisa naik bus gratis TransJakarta Tanah Abang Explorer dari depan stasiun.

3. Pasar Senen

Mencari pakaian bermerek impor juga bisa di pasar, lho. Di Pasar Senen, kamu bisa menemukan pakaian bekas dari berbagai negara seperti Korea dan Jepang.

Pakaian yang kamu incar bisa didapat dengan harga miring. Mulai dari harga Rp5 ribu aja*

Sobat tiket bisa langsung menuju blok III, IV, atau V untuk berbelanja. Enggak cuma pakaian dewasa, pakaian anak-anak juga tersedia.

Meski bekas, pakaian yang dijual cukup berkualitas. Tapi tentunya, sobat tiket tetap harus jeli memeriksa kondisi pakaian.

Pasar Senen cukup padat. Jika akan berbelanja di sini, gunakan pakaian yang nyaman dan tak terlalu tebal ya, supaya kamu tidak kepanasan.

Alamat: Jl. Stasiun Senen, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Halte atau stasiun terdekat: Stasiun Pasar Senen sekitar 200 meter.

4. Pasar Baru

Sumber: Shutterstock.com

Tiba di Pasar Baru, pengunjung bakal disambut gapura cokelat raksasa. Kesan sumpek pasti langsung lenyap.

Jalanan dalam pasar cukup luas dan bisa untuk lalu-lalang mobil. Di sisi kiri dan kanan juga tersedia trotoar yang lebar. Atap pasar yang tinggi juga bikin suasana berbelanja tetap asyik dan enggak gerah.

Hampir semua jenis pakaian ada di Pasar Baru. Dari pakaian kasual, pakaian pesta, sampai seragam sekolah.

Kamu yang cari peralatan rumah tangga, produk perawatan, sampai barang elektronik enggak perlu khawatir. Semuanya tersedia.

Lelah muter-muter pasar, kamu bisa jajan es cendol atau es potong. Kalau butuh makanan berat, ada banyak tempat makan di sini.

Alamat: Jl. Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Halte atau stasiun terdekat: Halte TransJakarta Pasar Baru dan Stasiun Juanda sekitar 1 kilometer dari gapura Pasar Baru.

5. ITC Mangga Dua

ITC Mangga Dua dikenal dengan tekstil dan garmen impornya. Kamu bisa cari pakaian dan aksesori lucu dari Korea atau Thailand di sini.

Pasti ada aja yang bikin yang bikin kamu mengeluarkan duit di sini. Gedung 7 lantai ini punya ribuan toko.

Lantai paling dasar didominasi pedagang sepatu dan tas. Aneka tas dan sepatu ini juga tak sedikit yang impor.

Soal harga, masih masuk di akal. Mulai puluhan ribu sampai jutaan rupiah*, tergantung merek barang.

Beranjak ke lantai 2 – 6, menuju toko-toko pakaian. Kamu yang baru pertama kali ke sini pasti senang menjelajah lorong-lorong toko.

Kalau kaki terasa pegal, kamu bisa naik ke lantai 7 untuk rehat sambil makan di food court. Kelar berbelanja, sobat tiket bisa jalan-jalan ke Orion Mall Mangga Dua lewat jembatan penghubung indoor dari ITC.

Alamat: Jl. Mangga Dua Raya No.43, RT.11/RW.5, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Halte atau stasiun terdekat: Halte TransJakarta ITC Mangga Dua berada di seberang ITC.

6. Pasar Mayestik

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket yang lagi sibuk mempersiapkan pernikahan, coba deh ke Pasar Mayestik. Di sini, kamu bisa berburu barang untuk kebutuhan pernikahan dengan harga yang bersahabat.

Ada kotak seserahan. Kalau suvenir pernikahan? Tinggal pilih. Kain buat busana pengantin juga ada? Banyak, bahkan Pasar Mayestik sering disebut pasar kain. Beberapa toko di sini juga menawarkan jasa menjahit.

Kain yang dijual mulai dari kain katun sampai satin. Mau yang lokal sampai impor semua ada.

Dijamin kamu pasti menenteng pulang kain sesuai budget. Dengan kurang dari Rp50 ribu*, kamu bisa bawa pulang selembar kain.

Setelah dapat apa yang dicari, bolehlah cuci mata sambil lihat piring dan cangkir kuno. Siapa tahu ada yang ditaksir.

Alamat: Jl. Tebah III, RT.14/RW.3, Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Halte atau stasiun terdekat: Halte TransJakarta Pasar Mayestik, sekitar 100 meter dari pasar.

7. Pusat Grosir Cililitan (PGC)

PGC menampung lebih dari 2 ribu kios. Banyak toko di lantai pertama memajang busana muslim. Kamu yang mau cari tunik bisa merogoh kocek mulai dari Rp100 ribu*

Naik ke lantai 2, kamu akan menemui beberapa toko batik. Tersedia juga batik khusus untuk kamu yang berhijab.

Setelah dapat pakaian yang pas, kamu bisa ke lantai 3 buat lihat-lihat gadget yang dijual. Ada tukang servis handphone juga.

Berencana belanja ke PGC? Kamu bisa membawa kendaraan pribadi karena lahan parkirnya cukup luas dengan 4 lantai parkir.

Sedangkan, kamu yang memutuskan naik transportasi umum, bisa naik TransJakarta. Posisi halte TransJakarta PGC 2 ada di dalam gedung. Jadi, enggak perlu jalan jauh-jauh.

Alamat: Jl. Mayjen Sutoyo No.76, RW.11, Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Halte atau stasiun terdekat: Halte TransJakarta PGC 1 berada di luar gedung dan PGC 2 berada di dalam gedung.

Wisata Belanja Seru di Jakarta

Tempat wisata belanja di atas punya poin plus masing-masing. Kamu tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kalau susah menjangkau transportasi umum yang ada, kamu bisa sewa mobil di tiket.com. Dijamin pengalaman belanjamu bakal seru dan anti ribet.

*keterangan harga ketika artikel dibuat.