,

Tempat Unik Upacara 17 Agustus, Ada yang di Dalam Gua!

Sudah 74 tahun negara Indonesia merdeka dari penjajahan bangsa-bangsa lain. Setiap tanggal 17 Agustus, upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan untuk memperingati Hari Kemerderkaan Indonesia. Tapi tahukah sobat tiket, kalau upacara bendera tidak hanya dilakukan di area lapangan terbuka bahkan sampai ke dalam goa. Kok bisa? Baca selengkapnya di sini!

Di Mana Saja Tempat Unik Itu?

Pasti sobat tiket sering dong mengikuti upacara bendera setiap tanggal 17 Agustus? Biasanya, upacara tersebut diselenggarakan di area lapangan terbuka. Tapi ada lho, lokasi-lokasi unik dan nggak biasa yang menjadi tempat untuk menyelenggarakan upacara 17 Agustus. Mau tahu di mana saja? Cek di bawah ini:

1. Di Puncak Gunung

Tempat unik pertama ini yang akan kita bahas sebagai lokasi untuk menyelenggarakan upacara 17 Agustus. Beberapa tahun ke belakang, kegiatan mendaki gunung memang diminati oleh masyarakat Indonesia. Menyaksikan pemandangan berupa kumpulan awan dan matahari yang bersinar cerah merupakan pengalaman yang tiada duanya. 

Beberapa pendaki gunung biasanya menancapkan bendera merah putih begitu sampai di puncak. Setiap tanggal 17 Agustus, banyak pendaki yang melaksanakan upacara pengibaran bendera saat matahari terbit di pagi hari. Salah satu gunung yang sering menjadi spot untuk kegiatan ini adalah Gunung Bromo.

2. Di Bawah Laut

Apabila sebelumnya berada di atas ketinggian langit, tempat upacara yang satu ini tidak kalah uniknya juga. Ditemani dengan berbagai macam ikan hingga terumbu karang, sungguh lokasi yang anti mainstream. Ya, ada upacara yang dilakukan para penyelam di bawah laut lho!

Upacara pengibaran bendera satu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang ya, sobat tiket! Hanya penyelam bersertifikat yang dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini, demi keselamatan. Salah satu upacara di bawah laut yang pernah dilakukan yakni oleh komunitas penyelam di kabupaten Kutai Timur sekaligus menanam terumbu karang hingga berbentuk angka 72.

3. Di Dalam Gua  

Apa yang sobat tiket pikirkan begitu membayangkan tempat ini? Sudah pasti kalian akan berpikir sebuah lokasi yang gelap, dingin dan menyeramkan. Gua merupakan sebuah lubang yang terbentuk secara alamiah di dalam tanah, berukuran besar dan dalam. 

Ternyata ada upacara peringatan 17 Agustus dilakukan di tempat ini lho, sobat tiket! Pada tahun lalu, bertempat di Gua Lawa Purbalingga, Kecamatan Karangreja, upacara ini diikuti sekitar 250 peserta terdiri dari pelajar hingga warga sekitar. Lokasi ini dipilih karena dahulu, Gua merupakan tempat para tentara berlindung dan mengatur strategi untuk melawan penjajah.  

4. Di Kebun Binatang

Lokasi upacara selanjutnya terbilang cukup unik bahkan mungkin tidak akan terpikirkan oleh sobat tiket. Kebun binatang merupakan objek wisata untuk berwisata bersama keluarga di akhir pekan. Sambil bertamasya juga sekaligus belajar berbagai macam jenis flora serta fauna yang indah.

Pada peringatan HUT RI ke- 73, Kebun Binatang Surabaya melakukan upacara bendera bersama dengan para petugas dan satwa seperti Burung, Reptil hingga Gajah. Selain upacara ada dilakukan juga parade satwa untuk menghibur para pengunjung. Tidak heran pada hari spesial ini, Kebun Binatang Surabaya ramai dipenuhi masyarakat yang datang menyaksikan kegiatan ini.

5. Di Akuarium

Masih sama seperti sebelumnya, lokasi upacara unik kali ini berada di tempat wisata akhir pekan. Tidak berbeda jauh dengan di bawah laut, kegiatan ini dilakukan oleh penyelam profesional. Karena dilakukan di tempat wisata, masyarakat bisa menyaksikan langsung upacara pengibaran ini.

Bagi sobat tiket yang ingin melihat, kamu bisa pergi mengunjungi objek wisata Sea World. Tahun lalu, upacara diselenggarakan dengan melibatkan delapan penyelam profesional. Momentum itu juga guna menyambut pelaksanaan Asian Games 2018. Tidak heran, kegiatan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung yang datang ke Sea World.  

Mau Coba ke Sana, sobat tiket? 

Unik, bukan? Beberapa tempat di atas ternyata menjadi lokasi upacara 17 Agustus. Selain itu, ternyata dilakukan juga di objek wisata, lho! Eh sobat tiket udah tahu belum? Ternyata ada fakta menarik di balik foto kemerdekaan Indonesia!

Buat kamu yang mau mengunjungi beberapa tempat wisata menarik untuk akhir pekan, pas banget nih! Cari tiket event dan atraksi yang sobat tiket inginkan hanya di tiket.com. Libur tanggal 17 Agustus jangan lupa menyaksikan upacara dahulu ya. Selamat berakhir pekan!