,

Liburan di Medan Naik Transportasi Umum? Ini Akses Dari Bandara Kualanamu ke Medan!

Naik transportasi umum saat liburan merupakan salah satu cara biar lebih hemat. Selain itu, berkeliling kota dengan bus ataupun alat transportasi lainnya, membuat liburan makin seru. Apalagi, jika kamu seorang backpacker yang senang mengeksplor tempat-tempat baru. 

Transportasi Umum Membuat Akses Kualanamu ke Medan Makin Mudah

Nah, buat sobat tiket yang baru saja tiba di Bandara Kualanamu dan ingin segera eksplor tempat-tempat wisata di Medan, berikut ini 6 transportasi umum yang bisa kamu andalkan untuk sampai ke Kota Medan. Kuy, kita cek ada apa saja!

1. Kereta Api Bandara Untuk Hindari Kemacetan

Hari-hari biasa sudah terjebak macet setiap berangkat dan pulang kerja, masa liburan kena macet juga? Yang ada, liburan kamu berubah menjadi bete, sobat tiket! Kamu perlu naik kereta dari Kualanamu ke Medan, nih.

Kereta Api Bandara mempunyai jadwal tetap tiap harinya, jadi, kamu nggak perlu kebingungan cari transportasi satu ini begitu sampai di bandara. Kereta yang bersih, nyaman, berpendingin dan dilengkapi fasilitas toilet hingga bagasi penumpang, jadikan perjalanan singkatmu lebih nyaman.

Kereta Api Bandara berbasis rel yang dikelola oleh PT. Railink ini melayani antar jemput penumpang dari Bandara Kualanamu ke Medan ataupun sebaliknya. Tarif kereta sekali jalan ada Rp80.000 per orang dengan kapasitas 308 kursi dan waktu tempuh 45 menit.

Kereta Api Bandara Kualanamu mulai beroperasi pukul 05.25 hingga pukul 21.30 setiap harinya. Sementara keberangkatan dari Stasiun Besar Medan adalah mulai pukul 04.00 hingga pukul 19.25 setiap harinya.

2. Lebih Murah Naik Bus Damri

Opsi lain transportasi umum dari Bandara Kualanamu ke Medan adalah naik bus Damri. Bus Damri Kualanamu mempunyai dua tujuan shelter di Kota Medan, yakni, Medan Fair Plaza dan Amplas. Harga tiket Bus Damri lebih murah dibanding kereta bandara, hanya perlu membayar Rp20.000 untuk tujuan akhir Medan Fair Plaza dan Rp15.000 untuk tujuan akhir Amplas.

Liburan di Medan Naik Transportasi Umum? Ini Akses Dari Bandara Kualanamu ke Medan!
Sumber: Shutterstock

Rute bus Damri dari Kualanamu ke Medan Fair Plaza adalah Bandara Kualanamu -> Sp. Kayu Besar -> Tol Tj Morawa -> Tol Amplas -> Jl. SM Raja -> Jl Juanda -> Jl. Sudirman -> Jl. S. Parman -> Jl. Iskandar Muda -> Jl. Gatot Subroto -> Medan Fair Plaza.

Sedangkan rute bus Damri Kualanamu ke Amplas adalah Bandara Kualanamu -> Sp. Kayu Besar -> Tol Tj Morawa -> Tol Amplas

Rute sebaliknya dari Medan Fair Plaza ke Bandara Kualanamu adalah Medan Fair Plaza – Bandara Kualanamu yaitu Medan Fair Plaza -> Jl. Gatot Subroto -> Jl. Iskandar Muda -> Jl. S. Parman -> Jl. Sudirman -> Jl. Juanda -> Jl. SM Raja -> Amplas -> Tol Amplas -> Tol Tanjung Morawa -> Simpang Kayu Besar -> Bandara Kualanamu.

Jadwal keberangkatan bus Damri Kualanamu ke Medan adalah setiap pukul 04.00 hingga pukul 22.00 setiap harinya. Lama perjalanan menggunakan bus Damri adalah 45 menit jika kondisi jalan lancar.

3. Jika Mau Ke Terminal Binjai, Pilih Bus ALS

Sobat tiket berencana memulai perjalanan di Medan dari Terminal Binjai? Maka Bus ALS merupakan pilihan tepat. Bus yang dikelola PT. ALS ini melayani trayek Bandara Kualanamu dengan dua tujuan shelter.

Rute pertama, dari Bandara Kualanamu-> Sp. Kayu Besar -> Terminal Amplas -> Jl. Sisingamangaraja -> Simpang Marendal -> Jl. AH Nasution (Asrama Haji) -> Simpang Pos -> Ring Road -> Pondok Kelapa -> Jl. Gatot Subroto -> Terminal Binjai.

Rute kedua, Bandara Kualanamu -> Sp. Kayu Besar -> Terminal Amplas -> Jl. Sisingamangaraja -> Simpang Marendal -> Jl. AH Nasution (Asrama Haji) -> Simpang Pos -> Ring Road.

Tarif bus ALS dari Bandara Kualanamu ke Terminal Binjai adalah Rp. 40.000 per orang sementara tarif bus ALS yang menuju Ring Road adalah Rp. 20.000 per orang. Lama perjalanan adalah 1 jam untuk ke Ring Road sedangkan untuk ke Terminal Binjai membutuhkan waktu 1 -2 jam, tergantung kondisi jalan.

Jadwal operasional bus ALS dari Bandara Kualanamu untuk rute Bandara – Terminal Binjai yaitu setiap pukul 03.00 – pukul 22.00. Untuk ke Ring Road, jadwal keberangkatan setiap pukul 04.30 hingga 22.00.

4. Alternatif Lain, Bus ALMASAR Kualanamu

Satu lagi transportasi bus yang bisa kamu temukan di Bandara Kualanamu. Bus ALMASAR Kualanamu melayani rute Kualanamu menuju Cemara. Jadwal keberangkatan dari Kualanamu setiap harinya adalah mulai pukul 04.30 hingga pukul 22.00.

Rute Kualanamu ke Cemara adalah Bandara Kualanamu -> Sp. Kayu Besar -> Tol Belmera -> Cemara. Jika sobat tiket memilih rute ini, akan dikenakan ongkos sebesar Rp. 20.000 per orang dengan lama perjalanan 45 menit, tergantung kondisi jalan.

5. Bus Paradep Tujuan Pematang Siantar

Nah, untuk sobat tiket yang ingin menuju Pematang Siantar, paling pas naik bus Paradep ini.  Rute Kualanamu ke Pematang Siantar dikenakan tarif Rp. 50.000 per orang dengan lama perjalanan 2 -3 jam, tergantung kondisi jalan.

Perjalanan dari Kualanamu ke Pematang Siantar menggunakan Bus Paradep dimulai pukul 04.30 hingga pukul 22.00 setiap harinya.

6. Selain Transportasi Umum, Alternatif Paling Oke Adalah Sewa Mobil!

Jika sobat tiket bermaksud berkeliling kota Medan, menyewa mobil dari  lokasi penjemputan Bandara Kualanamu adalah pilihan paling pas. Tinggal duduk manis, kendaraan akan mengantar kamu ke mana pun.

Liburan di Medan Naik Transportasi Umum? Ini Akses Dari Bandara Kualanamu ke Medan!
Sumber: Shutterstock.com

Nah, untuk rental mobil terpercaya, sobat tiket nggak perlu bingung lagi! tiket.com bekerja sama dengan partner-partner terbaik untuk memudahkan kamu dalam menyewa mobil. Tinggal kunjungi website atau instal aplikasi tiket.com, pilihan rental-rental sewa mobil terbaik di Kota Medan langsung berada dalam genggaman kamu.

Biar liburan makin nyaman, kamu tidak perlu capek-capek dan stres menyetir. Sewa mobil di tiket.com sekaligus sopir? Bisa banget lho, sobat tiket! Jangan khawatir tentang harga karena tiket.com kasih yang terbaik! Metode pembayaran pun beragam, mulai dari pembayaran secara kredit, debit, transfer bank, virtual account hingga cicilan tanpa kartu.

Jadi, nggak ada alasan untuk nggak sewa mobil, kan? Untuk pengalaman terbaik liburan ke Medan dengan kenyamanan fasilitas sewa mobil plus sopir, kamu bisa mengandalkan tiket.com. Banyak pilihan mobil dan semua harga adalah penawaran terbaik, dijamin nggak mengecewakan!

Sampai di Kota Medan, Petualangan Liburan Segera Dimulai!

Selamat datang di kota Medan! Siap liburan, sobat tiket? Fyi, ada rekomendasi 10 Wisata Instagramable di Medan Ini Bisa Bikin OOTD Jadi Makin Kece buat sobat tiket yang masih bingung mau ke mana aja selama di Medan. 

Untuk sobat tiket yang mau kulineran dulu, boleh nih, mampir ke 7 Chinese Food di Medan, Enaknya Bikin Kamu Mau Nambah Terus! Akhir kata, kalau transportasi sudah, liburan pun makin mudah. Selamat liburan!