Tips Packing untuk Traveling bersama Anak - Featured

,

6 Tips Packing untuk Traveling dengan Anak-Anak

Traveling memang seru. Apalagi kalau kamu bisa traveling bersama seluruh keluarga. Namun, ada beberapa orang tua di luar sana yang barangkali masih ragu jika harus mengajak anak-anak untuk traveling. Banyak yang berpendapat bahwa traveling dengan anak-anak akan cukup merepotkan karena pasti barang bawaan yang dibawa menjadi semakin banyak dan bermacam-macam.

Namun, seharusnya alasan seperti ini tidak boleh menjadi halangan untuk kamu mengajak anak atau adikmu traveling ke berbagai tempat wisata yang belum pernah mereka kunjungi. Bukannya mundur, kamu seharusnya merasa semakin tertantang untuk merencanakan wisata yang menyenangkan meskipun harus mengajak anak-anak ikut serta.

6 Tips Packing untuk Traveling Bersama Anak-Anak

Sobat tiket, berikut ini adalah tips untuk traveling bersama anak-anak yang harus kamu perhatikan sebelum mengajak buah hati atau adik kesayanganmu liburan.

1. Perhatikan Umur Anak

Tips Packing untuk Traveling Bersama Anak - Siapkan Koper Kecil

Ini penting banget lho untuk diperhatikan sebagai tips pertama untuk packing sebelum traveling bersama anak-anak. Perhatikan umur anak terlebih dahulu untuk menentukan barang apa saja yang harus di-packing. Tentu saja, kebutuhan anak bayi akan berbeda dengan balita, atau bahkan jika anak sudah memasuki usia sekolah.

Jika membawa anak bayi, kamu tentu harus membawa perlengkapan bayi. Namun, jika anak sudah memasuki usia balita atau usia sekolah, kebutuhan barang bawaannya bisa lebih praktis.

Oh iya, jika anak dinilai sudah cukup mampu untuk mendorong koper kecil sendiri, kamu juga bisa lho melatih kemandirian mereka dengan menyiapkan koper kecil dan tas ransel kecil. Koper kecil berguna untuk menyimpan baju-baju mereka agar tidak tercampur dengan baju ayah atau ibu.

Namun, tentu saja kamu harus memerhatikan kemampuan anak agar mereka tidak kelelahan ya. Selain itu, kamu bisa juga menyiapkan tas ransel kecil sebagai penyimpan botol air minum atau makanan kesukaan si kecil. Mereka pasti suka!

2. Bawa Baju yang Simpel untuk Anak

Tips Packing untuk Traveling Bersama Anak - Koper

Ini tips packing untuk traveling bersama anak-anak selanjutnya. Si kecil biasanya aktif dan penuh rasa ingin tahu saat mengunjungi tempat baru. Maka dari itu, sesuaikan baju yang dibawa saat packing dengan kebutuhan anak. Untuk kegiatan yang biasa saja seperti jalan-jalan atau bermain-main, siapkan baju setelan yang ringan, mudah dicuci, dan menyerap keringat.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan baju hangat dan jaket jika sewaktu-waktu anak kedinginan saat traveling. Agar tidak terlalu memakan tempat, kamu bisa menggulung pakaian anak saat memasukkannya ke dalam koper.

Untuk pakaian dalam, kaos kaki, atau barang-barang lainnya yang lebih kecil, kamu bisa pisahkan ke dalam plastik atau kantong tersendiri agar tidak terlalu sulit untuk mencarinya di antara pakaian yang lebih besar.

3. Bawa Laundry Bag

Jika sudah riang bermain, biasanya anak tidak akan peduli jika bajunya kotor. Maka dari itu, selalu bawa laundry bag ke mana saja saat traveling. Jika tiba-tiba baju anak kotor dan kamu ingin mengganti bajunya, jangan sampai mencampur baju yang kotor dengan baju bersih.

Jika kamu traveling bersama anak dalam jangka waktu yang cukup lama, setiap kali ada kesempatan untuk mencuci baju anak di layanan laundry, maka kamu harus segera melakukannya.

4. Bawa Susu dan Camilan Kesukaan Anak

Tips Packing untuk Traveling Bersama Anak - Bawa Mainan

Mungkin kamu bukan orang yang suka nyemil. Namun, kebiasaan membiarkan perut kosong saat traveling dilarang untuk kamu lakukan jika kamu pergi bersama anak-anak. Kamu harus menyediakan camilan seperti roti atau biskuit dan susu kesukaan anak jika sewaktu-waktu anak ingin makan atau kehausan.

Jika anak sudah tidak minum susu, siapkan air putih jika ia ingin minum sewaktu-waktu. Sebisa mungkin hindari makanan yang bisa menimbulkan sakit perut karena hal tersebut bisa membuat anak menjadi rewel.

5. Bawa Perlengkapan Mandi

Traveling sama anak-anak tidak bisa disamakan dengan traveling sama orang dewasa pada umumnya. Masalahnya nih, kadang anak-anak ketika makan sesuatu atau melakukan sesuatu bisa kotor tiba-tiba. Nah, kalau udah kotor begini, pasti kamu langsung berniat untuk memandikan si kecil. Makanya, bawa perlengkapan mandi yang biasa dipakai oleh anak-anak saat traveling.

Membaawa perlengkapan mandi juga penting banget kalau kamu sekeluarga menginap di hotel. Memang sih, hotel menyediakan perlengkapan mandi seperti sabun, sikat gigi, shampo dan lain-lain. Namun, apa iya sabun yang disediakan hotel cocok untuk anak-anak?

Nah, makanya. Jangan lupa bawa perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, dan pasta gigi favorit si kecil saat traveling ya, sobat tiket.

6. Bawa Mainan

Tips Packing untuk Traveling bersama Anak - Mainan

Traveling ke tempat yang baru tentu bisa mengasah rasa keingintahuan anak. Namun, jangan lupa bahwa mood anak bisa berubah tiba-tiba jika ia merasa bosan. Bener banget nih, sobat tiket. Anak bisa merasa bosan dan jenuh jika tiba-tiba dia kangen ingin melakukan aktivitas yang biasa dilakukan di rumah.

Makanya, kamu perlu membuatnya tetap sibuk dengan membawakan mainan kesukaannya. Tidak harus mainan yang berat dan besar kok. Cukup mobil-mobilan atau boneka kecil yang dia suka. Pasti anak bakal betah, deh!

Selain itu, untuk anak-anak yang sudah mulai aktif dan penuh rasa ingin tahu, kamu bisa membawakan kejutan lain untuk membuatnya senang saat traveling misalnya seperti kamera kecil. Membawa kamera khusus buat si kecil saat traveling akan membantunya mengeksplorasi banyak hal baru, sehingga traveling akan menjadi momen yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuknya.

Traveling dengan Si Kecil, Pesan Hotel di tiket.com!

Kalau kamu punya keinginan untuk liburan bersama si kecil, kamu perlu untuk menyiapkan akomodasi yang nyaman untuk membuat buah hati tetap bugar dan senang saat traveling. Untuk itu, kamu bisa pesan hotel di tiket.com! Ada ribuan pilihan hotel nyaman di seluruh Asia.

Nah, jangan lupa untuk memilih tempat liburan yang ramah anak biar si kecil makin senang jalan-jalannya. Kamu bisa membaca artikel Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Asyik untuk Si Kecil sebagai referensimu.

Ayo ajak buah hati jalan-jalan, sobat tiket!