Tips Menyelamatkan Diri dari Tsunami

,

Tips Menyelamatkan Diri dari Tsunami Ini Penting Untuk Kamu Ketahui

Tips Menyelamatkan Diri dari Tsunami – Terjadinya bencana tsunami yang menimpa Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12/2018) tentunya memberikan duka yang mendalam untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya, bencana alam juga terjadi dalam kurun waktu yang berdekatan di Palu dan Donggala, serta di Lombok dan sekitarnya.

Segenap keluarga besar tiket.com mengucapkan turut berduka cita atas bencana alam yang terjadi di Banten dan Lampung beberapa waktu lalu.

Untuk itu, di kesempatan kali ini tiket.com ingin memberikan tips menyelamatkan diri dari tsunami untuk sobat tiket. Sehingga, untuk kedepannya sobat tiket juga bisa mengambil tindakan yang tepat apabila berada pada situasi bencana alam yang tidak terduga ini. Simak tips menyelamatkan diri dari tsunami berikut ini ya, sobat tiket.

Tips Menyelamatkan Diri dari Tsunami, Penting Untuk Disimak

Liburan di pantai memang menyenangkan, terlebih ketika kita menghabiskan waktu liburan tersebut bersama dengan orang-orang terkasih. Namun, apa pun keadaannya, kita harus selalu waspada sehingga ketika bencana alam seperti tsunami terjadi, setidaknya kita bisa tetap tenang dan fokus untuk menyelamatkan diri.

Tips menyelamatkan diri dari tsunami ini sangat penting untuk kamu simak. Dengan begitu, resiko tergulung ombak dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya bisa kamu minimalisir dengan mempersiapkan segala sesuatunya. Berikut ini tips menyelamatkan diri dari tsunami yang berguna untuk kamu ketika ingin pergi berlibur ke pantai bersama keluarga.

Infografik - Tips Menyelamatkan Diri dari Tsunami

Sebelum Terjadi Tsunami

Pepatah sedia payung sebelum hujan memang terbukti ampuh ya, sobat tiket. Sama halnya dengan waspada sebelum bencana terjadi menimpa kita di mana pun dan kapan pun. Kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sehingga, panik tidak melanda kita yang pada akhirnya akan membuat pikiran terasa buntu untuk bisa memikirkan tindakan apa yang perlu diambil. Ini dia tips menyelamatkan diri dari tsunami sebelum terjadinya tsunami.

  1. Cari Info Tentang Tempat Wisata

Berniat untuk liburan di pantai, kamu perlu mencari tahu tentang bahaya yang mungkin akan terjadi ketika berlibur di pantai tersebut. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat teraman apabila tsunami terjadi. Seperti gedung tertinggi, dataran tinggi, dan semacamnya. Kamu juga bisa mengeksplorasi destinasi tersebut terlebih dahulu untuk berjaga-jaga saat baru saja tiba di lokasi.

  1. Cari Tahu Tanda Tsunami

Penting, kamu harus cari tahu tanda-tanda akan datangnya tsunami. Biasanya, air laut yang surut secara tiba-tiba bisa menjadi tanda awal akan terjadinya tsunami.

  1. Follow Akun BMKG

Manfaatkan teknologi dan sosial media yang kamu punya dengan mengikuti akun official BMKG. Disana, kamu akan mendapatkan info terkini mengenai potensi bencana alam yang akan terjadi di wilayah tertentu.

  1. Persiapkan Kit Penyelamatan

Tidak hanya perlengkapan saat liburan saja, tapi kamu juga harus menyiapkan kit penyelamatan yang akan berguna ketika tsunami terjadi. Misalnya saja seperti obat-obatan, masker, tabung oksigen portable, dan perlengkapan lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan destinasi wisata kamu.

  1. Tetap fokus dengan Sekitar

Suasana liburan memang membuat kita lupa sekitar karena asyik dengan aktivitas yang sedang kita lakukan. Namun, jangan sampai kehilangan fokus, karena kamu tetap harus waspada jika terjadi sesuatu di lokasi tempat liburanmu.

Saat Terjadi Tsunami

Sebelumnya, kita sudah baca tips menyelamatkan diri dari tsunami sebelum terjadinya tsunami. Sekarang saatnya untuk mencari tahu tips menyelamatkan diri dari tsunami saat tsunami terjadi.

Baca tips berikut ini dan jangan lupa untuk memahaminya ya, sobat tiket.

  1. Lari ke Dataran Tinggi

Tsunami tentu akan terjadi dan melanda daerah atau wilayah pesisir laut. Sehingga, potensi tergulung ombak, tenggelam, dan tertiban reruntuhan bangunan bisa menimpa siapa pun. Lari lah segera ke dataran tinggi saat kamu melihat dan merasakan tanda-tanda terjadinya tsunami.

  1. Keluar dari Mobil

Ketika kamu berada di dalam mobil, sebaiknya keluar dan lari ke tempat yang lebih aman. Meskipun mobil dapat mengapung ketika terbawa air tsunami, namun air bisa masuk melalui celah kecil yang justru membahayakan dirimu jika terjebak di dalamnya.

  1. Naik ke Gedung Tertinggi

Carilah gedung tertinggi yang lebih dari 2 lantai dan berjarak setidaknya 30 meter dari titik bencana.

  1. Jangan Turun untuk Menonton Kejadian Tsunami

Jangan pernah berpikir untuk turun dan menyaksikan langsung bencana yang terjadi. Karena hal ini sudah pasti membahayakan kamu.

  1. Cari Benda yang Bisa Mengapung

Persiapkan benda yang bisa mengapung, jadi ketika kamu hanyut terbawa air posisi kamu tetap mengapung dan tidak tenggelam.

Setelah Terjadi Tsunami

Setelah memastikan bencana tsunami telah selesai, sebaiknya kamu melakukan hal dibawah ini ya, sobat tiket.

  1. Menuju Tempat Pengungsian

Segera berlari ke tempat pengungsian yang tentunya lebih aman.

  1. Pastikan Situasi Sudah Aman

Memastikan situasi sudah aman dan tidak akan terjadi tsunami susulan menjadi hal yang penting sebelum kamu mulai keluar dari tempat kamu menyelamatkan diri. Biasanya, informasi akan disiarkan oleh pemerintah setempat termasuk aparat keamanan.

  1. Cari Sanak Saudara yang Terpisah

Apabila kamu terpisah dengan sanak keluarga, kamu bisa mulai mencari mereka saat keadaan benar-benar sudah aman ya, sobat tiket.

  1. Tetap Tenang dan Fokus

Tidak boleh kamu lupakan, tenang dan fokus bisa memberikan kamu pemikiran yang lebih jernih dan membuat kamu tahu harus melakukan tindakan apa.

Bencana alam memang tidak bisa kita prediksi kapan datangnya. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi kan, sobat tiket? Jadi, persiapkan segala keperluan darurat sebelum kamu pergi liburan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan saat berlibur nanti. Setelah membaca tips menyelamatkan diri dari tsunami, baca juga Tips Menghadapi Gempa Bumi ya, sobat tiket.