Tips Liburan Sesuai Kepribadian Introvert dan Ekstrovert

,

Tips Liburan Sesuai Kepribadian, Kamu Introvert atau Ekstrovert?

Siapa sih yang nggak suka berlibur? Sobat Tiket pastinya punya rencana untuk berkunjung ke berbagai destinasi yang menarik perhatian kamu. Namun, tahukah kamu kalau sebaiknya kamu juga memerhatikan jenis kepribadian kamu sebelum merencanakan untuk berkunjung ke sebuah destinasi? Macam-macam kepribadian punya gaya liburan yang berbeda. Kamu perlu memerhatikan tips liburan sesuai kepribadian biar acara jalan-jalanmu sukses seperti yang kamu harapkan.

Nah, pertama, kamu harus menanyakan dulu pada dirimu sendiri apa tipe kepribadian kamu. Apakah kamu seorang introvert yang lebih menyukai kesunyian? Ataukah kamu justru seorang ekstrovert yang lebih menyukai keramaian dan ingin selalu berkenalan dengan orang-orang baru?

Kalau kamu sudah mengenal dengan baik apa tipe kepribadian kamu, berikut ini ada tips liburan sesuai kepribadian yang bisa kamu terapkan. Kamu introvert apa ekstrovert nih, Sobat Tiket?

Tips Liburan Sesuai Kepribadian: Tips Traveling untuk Introvert & Ekstrovert

Apakah Kamu Seorang Kamu Seorang Introvert?

Macam-macam kepribadian tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Begitu pula dengan jenis kepribadian yang disebut sebagai introvert versus ekstrovert. Orang introvert biasanya suka kesunyian. Meskipun nggak semua introvert sukanya sendirian mulu, biasanya orang introvert akan lebih mudah stress kalau lingkungan yang ia tuju penuh dengan hingar-bingar yang terlalu meriah. Ini tips liburan sesuai kepribadian untuk kamu yang introvert.

  1. Cari Destinasi yang Tidak Terlalu Ramai
Tips Liburan Sesuai Kepribadian - Introvert Liburan di Pegunungan
Kamu yang introvert mungkin lebih nyaman untuk traveling sendiri atau hanya dengan orang-orang terdekatmu.

Macam-macam kepribadian bisa dilihat dari banyak hal. Salah satu hal yang membedakan antara kepribadian introvert dan ekstrovert adalah tingkat social energy yang nggak sama. Orang introvert cenderung lebih mudah kehilangan energi kalau berbaur di tengah keramaian dengan banyak orang. Hal ini tentu saja berbeda dengan orang ekstrovert yang memiliki tingkat social energy yang lebih tinggi dibanding dengan orang introvert.

Maka, tips liburan sesuai kepribadian yang pertama untuk orang introvert adalah memilih destinasi liburan yang nggak terlalu ramai. Kamu bisa memilih untuk berlibur ke gunung atau ke pantai yang masih tersembunyi agar bisa lebih rileks plus menghemat social energy kamu.

  1. Meminimalisir Penggunaan Gadget
Tips Liburan Sesuai Kepribadian Introvert - Minimalkan Penggunaan Handphone
Jangan melihat ke layar terus-terusan saat liburan, lebih baik gunakan waktu untuk melihat hal menarik di sekitar.

Biasanya, orang introvert pergi liburan untuk mencari ketenangan alias melepaskan diri dari kepenatan akibat aktivitas sehari-hari. Nah terkait dengan hal itu, ada lagi nih tips liburan sesuai kepribadian untuk para introvert, yaitu meminimalisir penggunaan gadget.

Orang introvert biasanya akan panik dan langsung stress kalau misalnya pas cuti liburan dikasih tugas dadakan, terlebih kalau ngasihnya via telepon. Makanya, penting banget buat kamu yang introvert untuk meninggalkan pesan kepada atasan atau rekan kerjamu. Kecuali kalau urgent banget, sebaiknya titipkan pesan agar mereka lebih baik menghubungimu via chat atau email saja kalau mereka butuh kamu selagi sedang cuti liburan.

Selain itu, batasi dirimu untuk bermain media sosial selagi jalan-jalan ke destinasi. Kalau sebatas update foto atau ngasih tahu lokasi, okelah. Bukannya mau bikin dirimu jadi kudet nih, tapi tujuan utama kamu liburan memang buat mencari ketenangan, kan?

  1. Destinasi Liburan yang Cocok untuk Introvert
Tips Liburan Sesuai Kepribadian Introvert - Destinasi Kyoto Jepang
Mengunjungi Fushimi Inari di Kyoto bisa jadi ide cemerlang untuk liburan si introvert.

Ini tips liburan sesuai kepribadian ke-3 yang harus diperhatikan oleh para introvert. Kalau mau liburan ke luar negeri, perhatikan karakteristik negara atau destinasi tujuan kamu agar sesuai dengan rencana liburan yang kamu impikan.

Pada umumnya, destinasi liburan yang cocok untuk pribadi introvert adalah kota atau negara yang tenang dengan kekayaan wisata alam dan budaya yang dominan. Beberapa destinasi di dunia yang bisa dituju oleh orang introvert adalah pantai atau pegunungan di Indonesia Timur, mengunjungi Kota Kyoto di Jepang, jalan-jalan New Zealand, atau traveling ke Islandia.

Bagaimana Jika Kamu Seorang Ekstrovert?

  1. Cari Tahu Jadwal Festival Tahunan/Musiman
Tips Liburan Sesuai Kepribadian Ekstrovert - Mengunjungi Festival
Mengunjungi festival bisa membuat si ekstrovert tambah banyak kenalan.

Berbeda dengan para introvert yang cenderung lebih suka sendirian, para ekstrovert tampaknya akan lebih senang jika berkunjung ke tempat-tempat yang bisa membuatnya bertemu banyak orang baru. Kemeriahan festival tahunan atau festival musiman yang diselenggarakan di destinasi yang ia kunjungi akan membuat si ekstrovert semakin bersemangat.

Selain menemukan pengalaman baru, para ekstrovert bisa mendapat banyak kenalan jika ikut kumpul-kumpul dengan banyak orang atau travelers lainnya di tengah festival. Seru banget kan tips liburan sesuai kepribadian untuk para ekstrovert ini jika diterapkan? Jadi, kamu juga harus mengenali macam-macam kepribadian supaya bisa memilih gaya liburan yang tepat.

  1. Pergi ke Bar/Tempat Makan untuk Nongkrong
Tips Liburan Sesuai Kepribadian Ekstrovert - Kunjungi Tempat Nongkrong
Berkunjung ke kedai atau bar akan memperbesar peluang untuk bersapa dengan orang baru.

Social energy milik para ekstrovert memang melimpah. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi mereka saat traveling. Selain lebih mantap untuk melangkah ke destinasi baru karena nggak ragu berinteraksi dengan orang asing, para ekstrovert juga lebih mudah untuk mendapatkan kenalan karena dapat berbincang lebih luwes dengan siapa saja.

Makanya, kalau kamu seorang ekstrovert, kamu bisa memanfaatkan social energy kamu yang tinggi ini buat mencari teman baru di berbagai bar lokal atau tempat makan. Kamu bisa mengenyangkan perut sambil mencari koneksi dengan para travelers lain dari berbagai negara. Siapa tahu, kalau beruntung kamu malah akan ditraktir oleh teman-teman baru kamu. Seru, kan?

  1. Destinasi Liburan yang Cocok untuk Ekstrovert
Tips Liburan Sesuai Kepribadian Ekstrovert - Destinasi New York City
New York City dengan wisata urbannya yang istimewa bisa jadi destinasi yang cocok untuk para ekstrovert.

Sama seperti tips liburan sesuai kepribadian untuk para introvert, tips liburan sesuai kepribadian untuk para ekstrovert juga perlu diperhatikan lho. Jangan sampai kamu yang ekstrovert justru tanpa sengaja melangkah ke tempat-tempat yang terlalu sunyi. Salah-salah kamu yang ekstrovert malah akan kesepian dan stress kalau memilih tempat wisata yang kurang sesuai dengan kepribadian kamu.

Nah, tapi kamu tenang aja, ada banyak destinasi liburan yang cocok untuk para ekstrovert. Kamu bisa banget mengunjungi kota yang kaya dengan referensi wisata urban seperti New York City di Amerika Serikat.

Nggak cuma itu, masih ada destinasi wisata yang cocok untuk ekstrovert lainnya seperti berkunjung ke Buenos Aires di Argentina, berpetualang ke Tokyo Jepang, atau mencicipi street food di Bangkok Thailand. Seru kan?

Itu tadi tips liburan sesuai kepribadian untuk kamu yang introvert dan ekstrovert. Tentunya tips liburan sesuai kepribadian ini bisa diterapkan kalau kamu sudah mengenal dirimu sendiri dengan baik. Meskipun macam-macam kepribadian bisa berlainan, yang jelas kamu harus merencanakan liburanmu dengan baik dan teliti agar acara jalan-jalanmu berlangsung sukses.

Selain memerhatikan tips liburan sesuai kepribadian, kamu juga bisa memerhatikan macam-macam gaya liburan berdasarkan karakter zodiak.

Jadi, udah siap belum buat mendatangi destinasi yang sesuai dengan kepribadian kamu? Jangan lupa, kalau kamu ingin liburan ke berbagai negara, pesan tiket pesawat murah hanya di tiket.com, ya!