Tips Liburan dengan Campervan

,

Tips Liburan dengan Campervan, Ayo Ciptakan Momen Liburan yang Seru dan Berbeda!

Belakangan ini, cara liburan dengan menggunakan campervan sedang hits banget ya, sobat tiket. Campervan sendiri merupakan akomodasi berjalan yang berupa kendaraan roda empat dan dilengkapi dengan interior menyerupai rumah. Dimana dalam sebuah campervan terdapat dapur lengkap dengan kulkas dan storage, tempat tidur, hingga toilet.

Banyak sekali wisatawan dunia yang tertarik untuk berwisata menggunakan campervan ini. Selain karena merupakan pengalaman yang baru dan mengasyikkan, berlibur dengan menggunakan campervan juga memberikan sensasi bak berpetualang ke alam bebas.

Kalau sobat tiket sendiri, tertarik nggak sih untuk mencoba liburan dengan menggunakan campervan? Memang banyak pertimbangannya ya, sobat tiket, untuk memilih liburan di beberapa negara menggunakan campervan. Namun, untuk kamu yang ingin liburan dengan cara yang lebih seru dengan campervan, cari tahu tipsnya dulu yuk!

Tiket.com punya tips liburan dengan campervan dan informasi lainnya nih untuk sobat tiket. Jadi, kemungkinan hal-hal tak diinginkan terjadi bisa kamu minimalisir deh, sobat tiket! Yuk, cari tahu tips liburan dengan campervan berikut ini!

Tips Liburan dengan Campervan, Supaya Lebih Nyaman

Tips Liburan dengan Campervan

Sebelum memulai liburan seru kamu dengan campervan, penting banget untuk menentukan negara atau kota yang ingin kamu tuju. Jadi, pastikan kamu sudah cari tahu lebih lanjut mengenai negara yang akan kamu jelajahi menggunakan campervan ya, sobat tiket. Sudah selesai? Yuk, saatnya cari tahu tips liburan dengan campervan berikut ini!

1. Persiapan Semua Keperluan yang Berhubungan dengan Menyetir

Dengan memilih campervan sebagai akomodasi sekaligus kendaraan kamu selama liburan, artinya kamu sudah harus memperlancar kemampuan menyetir kamu ya, sobat tiket. Karena, kamu tidak akan disediakan supir untuk mengantar kamu ke mana pun. Jadi, hal penting satu ini wajib banget untuk kamu kuasai sebelum memutuskan sewa campervan.

Jika kamu pergi bersama keluarga atau teman, maka kamu bisa mengatur jadwal untuk bergantian menyetir agar tidak kelelahan. Namun, hal tak kalah penting lainnya adalah kamu harus memiliki SIM Internasional untuk bisa sewa campervan.

SIM Internasional yang kamu miliki pun harus sudah di translate ke dalam Bahasa Inggris ya, sobat tiket. Dengan medan jalanan yang berbeda dengan Indonesia, tentu kamu membutuhkan penyesuaian dan skill menyetir yang tahan banting! Jadi, pastikan kondisi tubuh kamu fit ya, sobat tiket.

2. Pilih Kendaraan Sesuai Kebutuhan

Saat menentukan agen untuk sewa campervan yang kamu butuhkan, jangan lupa untuk memilih jenis campervan sesuai dengan yang kamu butuhkan ya, sobat tiket. Untuk akomodasi satu ini pun terdapat beberapa jenis yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti Campervan dengan ukuran yang cukup luas, terdapat dapur, kulkas, ruang penyimpanan, tempat tidur, dan toilet. Campervan ini cocok untuk kamu yang ingin pergi dengan membawa serta anak-anak dengan total 4 orang.

Mau yang lebih luas dan dengan harga yang lebih mahal? Maka kamu bisa memilih Motorhome. Motorhome bukan hanya memiliki space yang lebih luas dan fasilitas yang lengkap. Namun juga terdapat fasilitas lainnya berupa sistem daur ulang air (grey water), dan tangki air.

Dengan memilih jenis atau tipe kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan kamu, maka akan membuat perjalanan kamu menggunakan campervan ini semakin menyenangkan.

3. Pahami dan Taati Lalu Lintas di Negara Bersangkutan

Tiap-tiap negara tentu memiliki peraturan lalu lintas yang berbeda-beda ya, sobat tiket. Sebagai wisatawan yang datang berkunjung, kamu wajib banget untuk menaati dan memahami peraturan lalu lintas yang ada.

Hal yang satu ini juga berguna banget untuk keselamatan kamu selama di perjalanan. Jadi, perhatikan sign yang tersedia, dan patuhi lalu lintas agar tidak berbahaya untuk kamu dan juga orang lain. Terlebih ketika kamu menggunakan campervan yang notabene sebagai mobil dengan ukuran yang berbeda dari kendaraan lainnya.

4. Pilih Rute Perjalanan Terbaik

Selain mencari tahu titik-titik kemah atau responsible camping, hal penting yang wajib untuk kamu cari tahu juga adalah rute terbaik dari perjalanan kamu tersebut, sobat tiket. Karena, dengan memilih rute atau jalur perjalanan yang tepat, tentu akan berpengaruh pada waktu tempuh kamu menuju destinasi, hingga berbagai tempat yang menyediakan kebutuhan perjalanan kamu.

5. Siapkan Konsumsi Selama di Perjalanan

Hal yang nggak boleh kamu lupakan dan anggap gampang adalah soal perbekalan selama di jalan. Karena, tidak setiap jalur yang kamu lewati terdapat tempat makan yang bisa kamu kunjungi. Jadi, membeli perbekalan di swalayan dan masak sendiri bisa menjadi pilihan terbaik jika kamu tidak ingin membuang banyak waktu dan bujet tentunya.

Snack atau makanan ringan juga penting lho, sobat tiket, untuk menjadi amunisi penunda lapar kamu saat di jalan. Apalagi jika kamu membawa serta anak-anak, dengan menyediakan makanan ringan bisa membuat mereka lebih nyaman dan tidak rewel selama di perjalanan.

6. Menjaga Kebersihan Campervan dan Lingkungan

Selayaknya rumah sendiri, kamu juga wajib banget menjaga kebersihan campervan agar terus terasa nyaman saat mengendarai atau berada di dalamnya. Seperti dengan mengosongkan wastewater, mengisi air, membuang sampah, hingga membersihkan dapur setelah memasak.

Terdapat tempat khusus untuk bisa melakukan semua hal tersebut kok, sobat tiket. Selain di titik perkemahan, juga terdapat di area parkir. Jangan lupa juga untuk selalu cek tangki bensin kamu. Jangan sampai kehabisan bahan bakar ya, sobat tiket!

Selain tips liburan dengan campervan, tiket.com juga punya list negara yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi untuk melakukan liburan menggunakan campervan.

5 Negara Seru untuk Coba Campervan

Sudah tau tips-tips liburan menggunakan campervan? Sekarang saatnya meyakinkan diri kamu nih untuk menentukan destinasi liburannya. Nah, berikut ini 5 negara yang seru banget untuk kamu jelajahi menggunakan campervan bersama orang-orang tersayang.

1. New Zealand

New Zealand atau Selandia Baru masih menjadi destinasi favorit para wisatawan nih yang ingin menjelajah menggunakan campervan. Jika sobat tiket menyukai pemandangan gunung, maka New Zealand menjadi destinasi yang tepat untuk kamu.

Pemandangan gunung yang menakjubkan bisa kamu lihat di sepanjang jalan. Bahkan, tidak hanya gunung, pantai juga bisa kamu temui di negara yang terkenal dengan rumah Hobbit ini. Ingin suasana yang berbeda dengan Indonesia? Kunjungi New Zealand aja!

2. Australia

Negara berikutnya yang nggak kalah seru untuk jadi destinasi liburan dengan campervan adalah Australia. Rute terpopuler di Australia untuk berkendara dengan campervan adalah dari Adelaide menuju Darwin. Pemandangan padang pasir Alice Springs akan membuat mata terpesona deh, sobat tiket.

Negara ini juga menyediakan banyak titik perkemahan yang luas sebagai tempat pemberhentian kamu kok, sobat tiket. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan Australia sebagai negara tujuan kamu deh.

3. Amerika Serikat

Los Angeles dan Chicago adalah rute yang paling digemari para wisatawan yang pergi berlibur menggunakan campervan. Kamu juga bisa nih menjadikan rute favorit ini sebagai rute dari perjalanan kamu menggunakan campervan.

Pantai-pantai di Amerika Serikat, Golden Gate Bridge di San Fransisco, juga menjadi spot paling favorit dari para wisatawan saat mengunjungi negara ini.

4. Kanada

Dari Amerika ke Kanada? Hemm, pastinya menarik banget kan, sobat tiket? Apalagi, jika sepanjang jalan disuguhi pemandangan yang indah. Saat memilih rute di Kanada ini, kamu nggak boleh kelewatan untuk menyaksikan keindahan Great Lakes ya, sobat tiket. Alaskan Highway juga menjadi rute favorit di Kanada lho! Pokoknya, semua rute di sini bisa bikin kamu terpesona deh!

5. Skotlandia

Pemandangan hutan, gunung, dan danau yang indah bisa kamu temui nih di rute campervan Skotlandia. Bahkan, Skotlandia juga menyediakan berbagai spot-spot menarik yang bisa kamu nikmati selama di perjalanan. Cocok banget juga untuk sobat tiket yang menyukai tempat-tempat bertema klasik nan estetik.

Terbang Bersama tiket.com Menuju Destinasi Favorit Kamu

Sudah menentukan kamu ingin pergi liburan ke mana kali ini? Masing-masing negara tentunya memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda-beda ya, sobat tiket. Namun, ke mana pun kamu mau pergi, jangan lupa untuk mengandalkan tiket.com sebagai partner perjalanan kamu ya!

Pesan tiket pesawat di tiket.com ada banyak pilihan metode pembayaran yang fleksibel banget untuk kamu! Jadi, tunggu apalagi? Yuk, terbang ke negara impian kamu, dan coba jelajah negara-negara tersebut dengan campervan.

Temukan 9 Tempat Wisata di New Zealand Instagramable untuk momen liburan yang makin menyenangkan.