9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece!

,

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece, Cekrek-Cekrek!

Indahnya pegunungan, rindangnya pepohonan hingga birunya air laut, selalu membius mata kita. Melihat berbagai keindahan karya seni dari alam mampu menenangkan pikiran kita yang penat. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat menemukan pemandangan indah, mengambil foto!  

Momen sekali seumur hidup seperti ini jarang terjadi loh, sobat tiket. Mau tahu apa saja tips foto liburan kamu biar hasilnya keren? Baca selengkapnya di sini!

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece!

1. Bulatkan Niat

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! -Bulatkan Niat

Segala kegiatan apapun yang akan kamu lakukan harus ada hal ini, termasuk tips foto liburan yaitu tentukan niat sobat tiket terlebih dahulu. Bener dong nggak salah, percuma mau cari foto bagus tapi niatnya nggak ada, kan? Dengan niat yang jelas untuk mencari tempat liburan yang bagus sebagai objek foto, maka langkah selanjutnya juga akan lebih terarah.

Semakin bulat niat kamu untuk mencari foto bagus, akan semakin terarah apa saja yang akan kamu lakukan. Niat itu adalah bagian awal dari sebuah aktivitas, dengan niat yang teguh maka apapun bisa dilakukan. Walau rintangan seberat apapun menghadang di depan mata nantinya.

2. Cari tahu lokasi wisata yang menakjubkan

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! - Cari tahu lokasi wisata yang menakjubkan

Langkah selanjutnya untuk tips foto liburan yang apik adalah mencari destinasi keren. Kamu bisa memulainya dengan riset terlebih dahulu di internet atau membuka media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dll.

Objek wisata favorit yang sering dikunjungi seperti pegunungan, bukit hingga pantai selalu menjadi latar belakang yang bagus untuk mengambil foto. Masih banyak lagi tempat-tempat indah lainnya di Indonesia yang bisa sobat tiket jelajahi. Negara kita memiliki banyak pesona alamnya yang sayang jika tidak dikunjungi.

3. Bawa kamera

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! - Bawa kamera

Indahnya segala pemandangan yang sobat tiket lihat ketika mengunjungi suatu tempat, tidak lengkap kalau tidak diabadikan dalam sebuah foto. Kenapa? Supaya nanti ketika pulang, ada sesuatu yang bisa dikenang selain kenangan mantan, hehehe.

Tips foto liburan ketiga yang harus dilakukan sobat tiket adalah membawa kamera. Jika sobat tiket tidak mempunyai kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless, tidak usah sedih! Kamera handphone zaman sekarang pun sudah mumpuni kok untuk mengambil foto juga. Tapi, jika kamu memang punya kamera professional boleh juga dibawa ya.

4. Liburan sendirian? No problem!

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! - Liburan sendirian

Salah satu alasan kenapa orang ingin berlibur adalah karena ingin menghabiskan banyak waktu spesial bersama kerabat dekat. Nah, liburan itu pun nggak harus ramai-ramai kok! Karena sekarang juga sudah ada istilah solo travelling atau berlibur sendirian.

Tips foto liburan jika kamu jalan-jalan seorang diri, kamu bisa bebas sesuka hati bepergian ke mana saja, tanpa harus repot menyesuaikan dengan keinginan orang lain. Jadikan liburan sendiri ini menjadi kebebasan untuk kamu menjelajah, sobat tiket!

5. Bangun pagi, tidur malam

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! - Bangun pagi, tidur malam

Tahukah sobat tiket, kapan waktu yang tepat untuk menangkap momen pemandangan indah? Pagi hari ketika matahari terbit dan malam hari ketika langit malam dipenuhi cahaya bintang. Tips foto liburan jika ingin menangkap foto dengan cahaya alami, sobat tiket apabila akan memotret matahari terbit berarti harus bangun lebih pagi sebelum matahari muncul.

Tips foto liburan saat malam, kamu bisa memotret pemandangan langit malam yang dihiasi bintang. Usahakan untuk menunggu waktu hingga tengah malam. Karena, pada waktu itu, langit akan terlihat gelap pekat dan bintang lebih bersinar terang. Nantinya, foto yang dihasilkan akan lebih mempesona dan pastinya keren!

6. Minta tolong foto sama orang lain

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! - Minta tolong foto sama orang lain

Pada tips foto liburan sebelumnya, dijelaskan kalau liburan sendiri itu ternyata tidak jadi masalah. Nah, jika kebetulan kamu memang sedang liburan sendiri lalu ingin di foto, ada caranya nih! Kamu bisa minta tolong ke orang lain di sekitar untuk di foto menggunakan kamera milikmu.

Tapi, jangan lupa harus lihat-lihat orangnya terlebih dahulu. Karena, kamu harus tetap waspada untuk meminta bantuan dengan orang asing. Jangan sampai, mau minta tolong untuk mengambil foto, nanti kamera kamu yang diambil, hii takut!

7. Cari angle yang keren (WAJIB)

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! - Cari angle yang keren (WAJIB)

Faktor penentu dari sebuah foto yang bagus itu bukan terletak dari kualitas kamera, melainkan dari orang dibalik lensa kamera tersebut. Banyak orang salah paham, semakin bagus kamera maka hasil foto yang dihasilkan akan bagus. Memang tidak salah, namun seseorang yang mencari angle terbaik dalam memotret itu lebih penting.

Tips foto liburan kali ini harus diperhatikan ya sobat tiket, cari angle yang bagus. Posisikan diri kamu sebagai orang yang akan melihat fotomu. Tentukan titik yang memiliki pencahayaan bagus, objek foto tertangkap dengan penuh dan pastikan fokus foto sudah tertangkap dengan jelas, ya! 

8. Pakai aplikasi edit foto kece badai

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! - Pakai aplikasi edit foto kece badai

Pernah merasa hasil foto kamu sudah bagus namun kurang cahaya? Tidak usah sedih sobat tiket, sekarang sudah banyak aplikasi edit foto yang bisa menjawab pertanyaanmu. Tips foto liburan ini cocok untuk sobat tiket yang sering mengunduh foto ke media sosial seperti Instagram.

Kamu bisa menggunakan aplikasi photo editor gratis melalui smartphone, lalu mengatur komposisi cahaya, warna hingga merubah ukuran foto. Jadi, hasil foto kamu yang sebelumnya sudah bagus bisa semakin keren.

9. Pastikan tidak ada “penampakan”

9 Tips Foto Liburan Biar Makin Kece! - Pastikan tidak ada penampakan

Terakhir, sebenarnya ini tips foto liburan yang kadang ada kadang nggak ada loh, sobat tiket! Kita itu hidup tidak sendiri, masih ada mahluk lain yang berbeda dimensi ada di sekitar kita. Terkadang jika mengunjungi lokasi wisata alam pun kamu harus menghormati aturan yang berlaku. Karena, apabila suatu waktu mengganggu “penunggu” di sana, bisa muncul loh di foto kamu ketika sedang memotret.

Terdengar janggal memang, tapi alangkah baiknya saat mengambil foto juga harus memperkirakan tempat yang aman. Setelah itu, jangan lupa cek ya hasil fotonya, tidak mau kan ada yang ikut masuk ke dalam foto? Hii ngeriii akutuh….

Bagaimana tips foto liburan di atas? Keren kan. Liburan tanpa mengambil foto itu terasa bagai sayur kurang garam, sobat tiket. Kedua hal ini melengkapi satu sama lain. Foto-foto ketika liburan itu akan memberikan memori indah yang akan selalu dikenang. Mau cari lokasi yang instagrammable buat fotoliburan? Lokasi-lokasi keren di bali ini mungkin bisa menjadi referensi untuk sobat tiket.

Jika semua persiapan untuk foto sudah lengkap, tinggal satu lagi yang perlu disiapkan. Pesan tiket pesawat dan hotel untuk liburan? Hanya di tiket.com dong! Kamu bisa unduh aplikasinya di smartphone atau kunjungi situs tiket.com. Selamat cekrak-cekrek, sobat tiket!