, ,

Tiket.Com Kembangkan Pariwisata Indonesia Via Teknologi Informasi

Tiket.Com Kembangkan Pariwisata Indonesia Via Teknologi Informasi
Tiket.Com Kembangkan Pariwisata Indonesia Via Teknologi Informasi

Jakarta, 27 Agustus 2015, Perintis perusahaan travel online, Tiket.com, sepakat melakukan kerjasama dengan Bank BCA dengan menghadirkan fasilitas terbarunya berupa Loyalty Card. Selain itu, bertepatan dengan hari jadinya yang ke 4, Tiket.com meluncurkan Virtual Card Tiket.com untuk seluruh pengguna fasilitas travel online-nya. Kedua inovasi kartu Tiket.com tersebut dihadirkan untuk meningkatkan layanan penggunanya dan mendorong pertumbuhan tingkat perjalanan wisata maupun bisnis di Indonesia melalui teknologi informasi. Hingga tahun ke 4, Tiket.com berhasil meningkatkan penjualan tiketnya hingga melebihi 10.000 transaksi per hari untuk penerbangan, kereta api, dan akomodasi hotel.

Peluncuran perdana Loyalty Card dilakukan setelah proses finalisasi regulasi selesai dan akan diberikan kepada pelanggan tertentu. Sementara untuk Virtual Card akan dimiliki secara langsung oleh pengunduh aplikasi mobile Tiket.com. Kehadiran Loyalty Card Tiket.com juga memungkinkan pengguna Tiket.com mendapatkan kemudahan dan fasilitas yang lebih dengan bertransaksi di Tiket.com. Melalui program ini konsumen bisa mendapatkan fasilitas eksklusif dan discount di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Tiket.com baik itu airport lounge, restaurant, tempat hiburan, hingga potongan biaya parkir.

Tiket.com didirikan oleh 4 anak muda yang sama-sama memiliki mimpi membangun sebuah bisnis penjualan tiket. Dengan bermodalkan kemampuan memahami teknologi informasi, Gaery Undarsa, Natali Ardianto, Wenas Agus Setiawan, dan Dimas Surya Yaputra sepakat menggagas sebuah sistem untuk berjualan tiket secara on line. Mereka mencoba menangkap peluang satu ceruk pasar yang cukup potensial dibisnis travel on line, dan mereka mengawalinya melalui kepemilikankanal untuk penjualan tiket hotel.

Cerita empat tahun lalu kini berbuah manis. Tiket.com ini telah mampu mengembangkan penjulaan tiket secara on line untuk jenis penjualan Tiket Pesawat, Hotel, Kereta Api, Car Rental, Event, dan Atraksi dengan lebih dari 10.000 booking tiket per hari dan Dari segi penjualan Tiket.com berhasil meningkatkan revenuenya dari tahun ke tahun di mana di tahun keduanya Tiket.com telah berhasil menjadi perusahaan yang menghasilkan transaksi mencapai 1,9 juta tiket di akhir tahun 2014.

Saat ini Tiket.com sudah berpartner dengan 14 airlines besar domestik dan regional dan memiliki lebih dari 180.000 jaringan hotel lokal dan internasional. Selama 4 tahun saat ini Tiket.com telah memiliki pertumbuhan data server sebesar 4000 GigaBytes guna memberikan layanan bisnis yang makin lenngkap diantaranya pesawat, hotel, kereta api, event, dan konser.

Dari sisi layanan, Tiket.com telah melengkapi pengembangan aplikasinya di semua platform. Dari mulai layanan costumer service 24 jam, aplikasi di Android, IOS, dengan dukungan 250 karyawan.

Keberhasilan Tiket.com tidak lepas dari kesamaan pemikiran untuk fokus terhadap pelayanan konsumen, memperhatikan keinginan kebutuhan konsumen, aktif membangun jaringan dengan mitra usaha, selalu tanggap dengan tren teknologi serta selalu memliki inovasi dari sisi layanan kepada konsumennya. Hal lainnya Tiket.com juga memiliki concern mengenai review dari customer terhadap Tiket.com, dan beberapa channnel customer service yang disediakan Tiket.com diantaranya telfon, live chat, dan email yang akan dilayani selama 24 jam non-stop.

Perkembangan pengguna Tiket.com saat ini masih fokus pada perkembangan pasar di dalam negri, salah satunya dengan penetrasi pasar di luar Jawa yang semakin tumbuh secara signifikan, mengingat semakin banyak masyarakat saat ini merasakan kemudahan melakukan pembelian kebutuhan travel secara online, ditambah lagi Tiket.com memiliki jaringan DOTA (Distribusion Online Tiket.com Agent) yaitu offline agent reseller yang dimiliki oleh Tiket.com sehingga Tiket.com dapat menjaring berbagai lapisan masyarakat di berbagai daerah.

Tiket.Com Kembangkan Pariwisata Indonesia Via Teknologi Informasi

Tiket.com untuk Indonesia

Kepemilikan Tiket.Com 100% merupakan investor dari Indonesia, begitupula para shareholders-nya, karyawan 100% orang Indonesia, Tiket.com juga membayar pajak 100%, dan juga dari sisi badan hukum semua indonesia, begitupula dalam hal menjalin kerjasama, di mana Tiket.com memiliki prioritas bekerjasama dengan partner Indonesia. Intinya perputaran roda ekonomi dari Tiket.com ke Indonesia.

Pengguna Tiket.com saat ini adalah Pria usia 25-44 tahun, 63% Married, 69% Full time workers, dan 20% Professional/Manager. Sementara daerah yg menjadi tujuan favorit pengguna Tiket.com sampai saat ini diantaranya adalah Jakarta, Surabaya, Bali, dan Yogyakarta. Sementara untuk destinasi luar negri diantaranya Kuala Lumpur dan Singapura.

Sebagai pemain Travel Online yang reputable, sejak berdiri perusahaan juga menyabet beberapa penghargaan diantaranya,

  • Top Brand Award 2015, Category Online Travel Agency
  • The Winner of Indonesia Middle-Class Brand Champion 2015 by SWA Magazine
  • The Winner of SparxUp Awards 2012 E-Commerce Category
  • 1st Winner 2013 BUBU Awards v.08 E-Commerce Category
  • The Winner of ASEAN ICT Awards 2012 Startup Category
  • 1st Prize Indigo Fellowship Awards for Tourism, Health, & Education Category by Telkom
  • 1st Place Winner GIST (Global Innovation Through Science and Technology) Global Tech-I Dubai 2012

IMG_3507[1]

Potensi market travel online saat ini telah berkembang sangat pesat yang tidak lepas dari perkembangan akses internet yang cukup tinggi yang secara langsung ikut mendorong market indonesia untuk bergerak ke arah digital, salah satunya dalam hal memenuhi kebutuhan traveling melalui travel online. Sejalan dengan misi dan visi pemerintah di bidang Pariwisata Tiket.Com juga berkontribusi terhadap keberlangsungan program pemerintah yaitu meningkatkan jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara. Tiket.Com memperkenalkan cara memberi tiket yang mudah dan secara instan, dan berkontribusi sebesar 1,9 juta tiket pesawat hotel selama tahun 2014, dan akan kembali menargetkan 3 kali lipat di 2015. Dari sisi online meningkatkan ekonomi kreatif, dengan menggabungkan teknologi dan bisnis pariwisata dengan acara mengedukasi market akan adanya pembelian travel secara online. Tiket.com ikut mendorong dalam mempromosikan berbagai destinasi lokal di Indonesia kepada masyarakat dengan adanya berbagai promosi destinasi dan kemudahan dalam pemesanan baik dari transportasi,akomodasi, sampai hiburan.