Go Green Saat Liburan_blog

,

Tetap Go Green Saat Liburan, Ini Caranya!

Go Green Saat Liburan – Pergi berlibur itu tentu menyenangkan. Namun, tanpa disadari, traveling memberikan dampak buruk, lho, pada bumi terutama dari segi emisi gas karbon.

Pertama, sobat tiket perlu mengenal istilah green travel. Istilah ini populer sebagai perjalanan wisata bertanggung jawab, untuk memberi manfaat bagi lingkungan, sosial, dan ekonomi lokal.

Sobat tiket pasti sering melihat tempat-tempat wisata dengan keindahan tak ternilai, rusak akibat para pengunjung yang tidak memperhatikan alam. Ternyata kamu bisa mencegah dengan tetap go green saat berlibur. Perhatikan caranya ya!

Tips Liburan Tetap Go Green Dengan Cara Green Travel!

Kamu bisa berkontribusi pada kelestarian alam dengan membuat pilihan yang lebih cerdas yang membantu mengurangi dampak negatif yang dibuat saat bepergian. Liburan itu asyik, menjaga bumi itu harus.

Sebelum pergi berlibur

1. Bawa barang seperlunya

Go Green Saat Liburan_blog_Tas dengan bawaan yang simple

Sebelum pergi, hal pertama yang harus kamu lakukan tentu adalah packing. Bawa barang-barang yang kamu butuhkan seperlunya.

Semakin banyak beban yang diangkut oleh moda transportasi, semakin banyak pula bahan bakar yang mereka gunakan, dan semakin banyak gas dipancarkan ke atmosfer.

2. Bawa botol minum sendiri dan tas belanja reusable

Bawa botol minum sendiri penting lho, sobat tiket. Di luar negeri, botol minum kamu bisa kamu isi di tap water sekitar jadi hemat bujet juga deh!

Selain itu, kamu juga mengurangi pemakaian plastik. Sama halnya dengan tas belanja reusable, jadi kamu nggak perlu pakai kantong plastik saat berbelanja.

3. Matikan lampu dan pastikan tidak ada alat elektronik yang terpasang

Jika semua orang di rumah pergi berlibur bersamamu, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah mematikan lampu dan elektronik yang terpasang.

Selain untuk menghemat tagihan listrik, ini juga sangat membantu untuk menghemat penggunaan energi!

Memilih transportasi

1. Gunakan kereta atau penerbangan langsung

Go Green Saat Liburan_blog_Traveling dengan kereta

Kereta adalah salah satu transportasi dengan jejak karbon terkecil. Namun, jika kamu harus menggunakan pesawat, sebisa mungkin pesanlah penerbangan non-stop.

Take-off dan landing pesawat berkali-kali akan menghasilkan emisi karbon pesawat yang besar juga, dan berdampak ke polusi udara.

2. Jika ingin menyewa mobil, pilih mobil kecil

Untuk sobat tiket yang pergi berlibur dengan menyewa mobil, jangan lupa untuk pilih kendaraan sekecil mungkin karena emisi gas karbon yang dihasilkan juga kecil.

Bahkan jika memungkinkan, menyewa mobil hybrid akan sangat jauh lebih baik bagi lingkungan, lho!

Saat berada di destinasi liburan

1. Pilih green hotel

Memilih hotel untuk berlibur di destinasi favorit kamu itu penting. Carilah hotel yang memiliki sertifikasi green hotel dan yang mengusung konsep go green.

Di Indonesia, sudah ada banyak green hotel yang bisa sobat tiket pilih untuk nginep nyaman!

2. Gunakan transportasi lokal

Go Green Saat Liburan_blog_Jalan-jalan menggunakan sepeda

Disamping untuk mengenal penduduk lokal dan budayanya lebih baik, menggunakan transportasi umum dapat mengurangi dampak lingkungan juga, lho.

Alih-alih menyewa mobil, sobat tiket bisa naik bus lokal, MRT, bersepeda, atau berjalan kaki. Tentu hal ini akan menyenangkan untuk lebih menikmati keindahan destinasi wisata yang kamu tuju.

3. Hindari menggunakan plastik

Go Green Saat Liburan_blog_Botol minum dan reusable shopping bag

Sudah siapkan botol minum sendiri dan reusable shopping bag, kan? Dijamin berguna banget saat kamu bepergian!

Tidak hanya meminimalisir penggunaan plastik, kamu juga bisa menghemat bujet liburan kamu tanpa harus banyak membeli minum.

4. Beli makanan dan minuman lokal

Dukung para petani dengan membeli produk makanan dan minuman lokal dengan rasa yang otentik.

Dengan melakukan hal ini, selain kamu sudah berkontribusi pada perekonomian lokal, kamu juga telah mengurangi emisi gas CO2 yang dihasilkan dari barang impor.

Pergi Liburan Sekaligus Menjaga Kelestarian Alam

Nah, sobat tiket nggak perlu ragu lagi untuk pergi liburan! Kamu tetap bisa menjaga lingkungan di manapun kamu berada. Pergi green traveling ke destinasi-destinasi terbaik di Indonesia? Jangan lupa pesan green hotel di tiket.com, ya!