Online Tiket Week - Danau Maracaibo

,

Unik! Bukannya Kabur, Wisatawan Malah Memburu Gledek di Lokasi Ini

Fenomena gledek atau petir adalah sebuah anomali alam yang biasanya terjadi pada saat hujan badai. Ciri khas fenomena alam ini adalah muncul sebuah kilatan putih besar yang disusul dengan suara menggelegar.

Ada pepatah mengatakan bahwa gledek nggak akan menyambar di tempat yang sama.

Namun berbeda dengan lokasi yang satu ini, Danau Maracaibo.

Tahukah kamu ada sekitar 260 kali petir menyambar setiap jamnya di sini. Nggak percaya? Simak di sini!

Gledek Beruntun di Danau Maracaibo

Online Tiket Week - Pemandangan Danau Maracaibo
Pemandangan Danau Maracaibo

Terletak di negara Venezuela, danau ini merupakan danau terbesar di negara tersebut dan terbesar urutan ke-23 di dunia. Pada tahun 2014, danau ini mendapatkan predikat dari Guiness Book of Records sebagai The Highest Concentration of Lightning in the World atau tempat yang memiliki frekuensi kilatan petir/gledek terbanyak di dunia.

Dalam satu tahun saja, tempat ini mengalami gledek sebanyak 1,6 juta kali. Dahsyat!

Menurut pengamatan satelit NASA, sebagian sambaran petir yang terjadi di Danau Maracaibo berpusat pada di satu bagian tertentu. Bagian itu adalah pertemuan antara Danau Maracaibo dengan Sungai Catatumbo.

Para ahli berpendapat jika fenomena badai petir alias gledek ini salah satunya terjadi akibat topografi danau yang unik. Namun belum ditemukan apakah alasan sebenarnya dari anomali alam ini.

Atraksi Gledek

Online Tiket Week - Kilatan Petir di Danau Maracaibo
Kilatan Petir di Danau Maracaibo

Para masyarakat yang tinggal dekat dengan Danau Maracaibo menganggap badai gledek di sini adalah sebuah kebanggaan bagi mereka.

Badai ini pernah menjadi tema dari sebuah puisi karangan Lope de Vega berjudul “La Dragontea”.

Selain itu, masyarakat sekitar percaya bahwa gledek di sini adalah pertemuan hewan kunang-kunang dan roh leluhur yang menjaga mereka.  

Bahkan, dahulu Kota Maracaibo pernah diselamatkan dari serangan angkatan laut Inggris. Serangan gagal akibat gledek yang membuat pasukan tersebut mundur dari kota.

Kini, kilatan petir di Danau Maracaibo mendatangkan berkah bagi masyarakat. Ada paket tur yang menawarkan paket wisata melihat petir. Catalumbo Camp sebagai penyelenggara tur menawarkan melihat petir dan gledek dari titik-titik yang strategis, seperti di rumah panggung warga sekitar atau dari tepi danau.

Jadi, buat Sobat Tiket yang ingin melihat gledek, kamu bisa mencoba paket tur ini. Terbukti kan nggak selamanya gledek itu menyeramkan? Ternyata gledek juga merupakan sebuah fenomena alam yang bisa menguntungkan. Itulah yang dirasakan para masyarakat di sekitar danau Maracaibo.

Selain di Venezuela, ada juga fenomena alam unik yang terjadi di Indonesia. Salah satunya terjadi daerah Dieng yaitu, embun es dieng yang beracun, namun ternyata menarik minat para wisatawan. 

Eits jangan salah, bukan cuman di Venezuela, kini kamu juga bisa merasakan sambaran gledek yang mengejutkan! Apaan sih itu?

Siap-siap kena samber di Online Tiket Week!

Nggak cuma di Venezuela aja, gledek juga ditunggu-tunggu di Online Tiket Week. Siap-siap kena harga gledek dengan diskon hingga 50%.

Jika punya rencana jalan-jalan ke destinasi favorit, kamu bisa memburu gledek di aplikasi tiket.com. Siap-siap dapat harga gledek di Online Tiket Weekya Sobat Tiket!

Online Tiket Week