Tempat Wisata di Madura

,

8 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Dikunjungi

Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia dan terkenal dengan kuliner khasnya seperti Sate dan Soto. Berada di bagian timur pulau Jawa, ternyata Madura juga memiliki banyak tempat wisata keren yang tidak kalah dengan destinasi lokal lainnya loh.

Dari pantai, gua, kolam renang, hingga tempat api yang tidak pernah padam, menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata di Madura. Mau tahu dimana saja itu? Cek yuk, di sini!

8 Tempat Wisata di Madura yang Nggak Boleh Dilewatkan

1. Bukit Kapur Arosbaya

Tempat Wisata di Madura - Bukit Kapur Arosbaya

Bagi Sobat Tiket yang belum pernah ke Madura, objek wisata yang satu ini harus masuk ke dalam lokasi liburan kamu sekarang. Terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura, pada awalnya tempat ini merupakan sebuah tambang kapur biasa dengan dinding sisa pahatan. Beberapa warga sekitar lebih mengenal tempat wisata di Madura ini dengan sebutan “Bedel”.

Keunikan bukit kapur ini terletak pada warna dinding kapurnya yang agak kemerahan, berbeda dari lainnya. Sisa- sisa hasil tambang menimbulkan corak yang unik pada bagian dinding kapur. Tidak heran, Bukit Kapur Arosbaya banyak dikunjungi oleh para penduduk dari dalam maupun luar Madura untuk berfoto-foto di sekitar objek wisata ini.

2. Kolam Renang Gua Pote

Berenang di sebuah taman wisata air sudah biasa, tempat wisata di Madura yang satu ini menawarkan sensasi berenang yang berbeda. Kolam Renang Gua Pote merupakan sebuah objek wisata air yang cukup unik, karena kolam renangnya berada diantara tebing tambang galian. Dinamakan “Goa Pote” karena berada di sekitar gua putih, yaitu tebing-tebing kapur.

Kolam renang ini terletak di Desa Jeddih Bangkalan, Madura, dan butuh waktu sekitar 20 menit ke sini dari Jembatan Suramadu. Bagi para pengunjung yang membawa anak-anak, terdapat area kolam renang dengan kedalaman sekitar 1 meter.  Berbeda dengan sumber air kebanyakan, air kolam di sini sangat jernih karena dekat dengan galian kapur yang jarang tercemar oleh tanah.

3. Jembatan Suramadu

Tempat Wisata di Madura - Jembatan Suramadu

Sebagai salah satu ikon terbaru Madura dan Surabaya, Jembatan Suramadu terlihat sangat indah dari kejauhan. Pada awalnya, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan antara kota Surabaya dengan pulau Madura. Seiring berkembangnya waktu, Jembatan Suramadu menjadi tempat wisata di Madura yang sering dikunjungi, sekedar untuk melihat kemegahannya.

Sobat Tiket bisa mencoba menyusuri jembatan ini menggunakan mobil. Langit biru di depan mata serta selat madura di bawah akan membuat perjalanan melewati jembatan menjadi lebih berkesan. Di malam hari, akan ada lampu-lampu terang jembatan yang membuat pemandangan jembatan menjadi lebih indah, loh!

4. Api Abadi Madura

Pernah mendengar tempat wisata bernama Gate of Hell di Turkmenistan? Sebuah lubang berisi api yang tidak pernah padam ini ternyata juga ada di Indonesia. Terletak di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, tempat wisata di Madura ini memiliki jarak sekitar 4 km dari pusat kota Madura. Sobat Tiket bisa melihat beberapa api yang muncul dari bawah tanah di tempat ini.

Tempat wisata di Madura ini, sering dikunjungi wisatawan karena keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain. Terdapat kurang lebih 50 titik nyala api yang ada di objek wisata ini, dan dipagari melingkar untuk keamanan. Menurut penelitian setempat, api di sini muncul akibat kandungan belerang dalam tanah yang bergesekan dengan oksigen.

5. Gili Labak

Tempat Wisata di Madura - Gili Labak

Pernah dengar objek wisata Gili Trawangan di Lombok kan, Sobat Tiket? Ternyata ada tempat wisata di Madura yang tidak kalah kerennya, yaitu Gili Labak. Di sini kamu bisa merasakan indahnya laut biru dan pasir putih pantai yang indah. Pemandangan serta suasana di tempat ini membuat kamu seperti serasa di Pulau Maladewa.

Terletak di dalam sebuah pulau dengan luas sekitar 5 hektar, tempat wisata di Madura ini bisa dicapai melalui dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Kalianget dan Pelabuhan Tanjung. Dengan jarak tempuh sekitar 1 – 2 jam menuju Gili Labak, perjalanan akan terbayarkan dengan indahnya biru air laut. Selain berfoto-foto, jangan lupa untuk mencoba snorkeling di sini untuk melihat indahnya terumbung karang di dalam air laut yang jernih.

6. Gua Blaban

Tempat wisata di Madura selanjutnya yang bisa Sobat Tiket kunjungi adalah Gua Blaban. Gua ini baru ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang warga pada tahun 2014. Terletak di Desa Blabar, pada awalnya warga menggali tanah untuk sebuah sumur. Namun, ketika mencapai kedalaman 50 meter terdapat sebuah lubang yang berisi banyak stalaktit.

Untuk bisa masuk ke dalam gua ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000,00*. Ada tangga melingkar yang turun ke bawah sepanjang 4 meter untuk mencapai gua tersebut. Tempat wisata di Madura ini menawarkan keindahan stalaktit dan stalakmit yang membuat Sobat Tiket seperti masuk ke dunia lain. Setiap pengujung diberikan waktu 15 menit untuk menjelajahi gua.

7. Masjid Agung Sumenep

Tempat Wisata di Madura - Masjid Agung Sumenep

Masjid ini telah dibangun sejak tahun 1779 dan sering menjadi tempat wisata di Madura untuk wisata religi. Bangunan masjid yang memiliki warna dominan kuning dan putih terlihat indah berpadu dengan desain arsitektur yang klasik. Dengan bangunan masjid terkena unsur Tionghoa, Jawa, Eropa hingga Madura membuat masjid ini sering menjadi objek foto para turis.

Dibangun sebagai tempat ibadah untuk keluarga Kesultanan Sumenep, Masjid ini terletak berdekatan dengan Alun-alun Madura. Pada halaman masjid, terdapat dua pohon besar, yaitu Pohon Sawo dan Pohon Tanjung. Nama dari dua pohon ini memiliki sebuah filosofi tersendiri jika digabungkan yaitu, untuk tidak meninggalkan ibadah shalat sebagai tanda menjunjung tinggi Allah SWT.  

8. Pantai Camplong

Liburan tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi objek wisata yang satu ini, Pantai. Jika sedang mengujungi pulau Madura, Sobat Tiket harus pergi ke Pantai Camplong. Tempat wisata di Madura ini terkenal di kalangan masyarakat setempat selain karena keindahan pantainya, juga terdapat spot foto-foto yang instagramable untuk dimasukkan ke media sosial.

Berlokasi di Jalan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, pantai ini terletak di bagian utara pulau Jawa. Dengan ombak laut yang tidak terlalu besar, Sobat Tiket bisa asyik melakukan selancar air atau berenang di pantai ini. Daya tarik lainnya yaitu pasir putih yang menawan dengan birunya air laut, membuat pemandangan terlihat menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

Bagaimana? Keren-keren kan rekomendasi tempat wisata di Madura di atas? Kini, jika Sobat Tiket berencana berlibur ke Madura, tidak perlu bingung lagi mencari objek wisata yang bagus. Dengan diresmikannya pembebasan biaya jembatan Suramadu, kini kamu bisa mengunjungi Pulau Madura untuk destinasi liburan selanjutnya.

Indonesia menyimpan berbagai pulau yang menakjubkan untuk dijelajahi, salah satunya adalah Pulau Bintan. Sobat Tiket juga bisa melihat 11 tempat wisata di Pulau Bintan yang indah untuk di datangi, loh!

Gledek Nyamber di Siang Bolong

Tempat Wisata di Madura - Online Tiket Week

Jika ingin ke Madura, Sobat Tiket harus terbang dahulu ke kota Surabaya lalu melewati Jembatan Suramadu. Nah, ada harga gledek tiket pesawat dan hotel ke Surabaya dengan diskon hingga 50% di Online Tiket Week. Pesan sekarang melalui aplikasi tiket.com dan nikmati harga gledek yang bikin kaget kamu!