Tempat Wisata Baturaden

,

Tempat Wisata Baturaden, 11 Hal Menarik di Destinasi Penuh Legenda

Tempat Wisata Baturaden – Indonesia memang sangat kaya akan keindahan alamnya, tidak heran kalau ada banyak tempat wisata yang mengusung tema alam. Salah satu tempat wisata yang akan kita bahas adalah tentang tempat wisata Baturaden. Mungkin belum semua Sobat Tiket mengetahui tempat wisata yang satu ini. Baturaden terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ya, Sobat Tiket.

Ada banyak wahana yang bisa kamu rasakan di tempat wisata Baturaden, dan semuanya berada di alam terbuka. Tempat wisata ini memang sangat popular dan menjadi salah satu tempat wisata dengan pengunjung terbanyak di Banyumas.

Disamping indahnya pemandangan dan beragamnya tempat wisata di Baturaden ini, kamu tau nggak nih kalau ada banyak hal menarik yang bisa kamu temui dari destinasi yang penuh legenda ini? Selain fakta menarik, tempat wisata Baturaden juga memiliki segudang kisah misteri lho. Mau tau nggak nih apa aja hal menarik dan penuh misteri yang terdapat di tempat wisata ini? Berikut ini 11 hal menarik di destinasi penuh legenda Baturaden yang wajib kamu ketahui.

Tempat Wisata Baturaden, dan 11 Hal Menarik di Dalamnya yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Mitos Putus Cinta

Hal menarik yang pertama ini kedengarannya memang cukup mengerikan ya, Sobat Tiket? Namun, mitos putus cinta ini memang beredar sudah cukup lama lho di Baturaden. Katanya sih, siapapun yang datang ke tempat ini dengan pacar, bisa berakhir dengan putus cinta! Wah, kalau ini sih lebih cocok untuk Sobat Tiket yang memang lagi menghadapi permasalahan yang serius nih dalam hubungan percintaan.

Tempat Wisata Baturaden - Mitos Putus Cinta di Baturraden

Disamping keindahan tempat wisata yang ditawarkan disini, ternyata cukup mengerikan juga ya, Sobat Tiket kalau harus mengalami kepahitan putus cinta. Kamu sendiri, percaya nggak dengan mitos putus cinta di tempat wisata Baturaden ini?

  1. Misteri ‘Mbah Atas Angin’

Menjadi destinasi penuh legenda, tidak heran lagi deh, Sobat Tiket kalau banyak cerita-cerita tentang terbentuknya Baturaden ini. Mulai dari mitos, fakta, hingga misteri di tempat wisata Baturaden ini bertebaran, dan menjadikan Baturaden sebagai tempat wisata yang penuh legenda. Salah satu hal menarik di objek wisata Baturaden ini adalah misteri tentang Mbah Atas Angin.

Menurut kisah yang beredar, dahulu kala ada seorang bernama Syeh Maulana Maghribi, penyebar Agama Islam yang berasal dari Turki yang datang ke tanah Jawa dengan mengikuti petunjuk cahaya yang dilihatnya. Hal tersebut menjadikan Syeh Maulana Maghribi dijuluki sebagai Mbah Atas Angin. Mitos juga mengatakan bahwa Mbah Atas Angin menderita penyakit gatal-gatal yang hanya bisa di sembuhkan di sebuah gunung yang memiliki tujuh buah sumber air panas.

Gunung tersebut bernama Gunung Gora, yang kemudian diganti menjadi Gunung Selamet, dan asal mula nama Pancuran Pitu, salah satu destinasi wisata Baturaden muncul dari kisah ini.

  1. Tempat Wisata Paling Dingin di Indonesia

Berlokasi di lereng Gunung Selamet, tidak heran kalau tempat wisata Baturaden menjadi tempat wisata paling dingin di Indonesia. Kalau Sobat Tiket berencana untuk wisata ke Baturaden, jangan lupa siapkan baju hangat ya, supaya kamu nggak kedinginan, dan tentunya lebih enjoy untuk mengeksplor tempat wisata yang satu ini.

  1. Legenda Nama Baturraden

Sebetulnya, ada banyak banget nih, Sobat Tiket, kisah yang beredar mengenai tempat wisata Baturaden ini. Mulai dari asal muasal, fakta, mitos, dan lain sebagainya. Salah satu yang menjadi perhatian adalah legenda dari tercetusnya nama Baturraden ini.

Menurut cerita, Nama Baturraden ini tercetus dari dua nama sepasang kekasih, yang mana kisah kasih mereka tidak direstui. Raden, adalah putri dari seorang raja yang jatuh cinta kepada Batur, perawat kuda kerajaan. Mereka berdua menjalin hubungan secara diam-diam karena tidak mendapatkan restu dari sang raja. Hingga akhirnya memutuskan untuk kawin lari dan dianugerahi seorang anak.

Penjemputan paksa sang putri menimbulkan pertempuran yang menewaskan Batur, akibat tancapan keris sang raja. Melihat kejadian tersebut, Putri Raden pun bunuh diri dengan ikut menancapkan keris ke tubuhnya. Nah, dari sana tercetuslah nama Baturraden.

  1. Keindahan Alam Baturaden

Tidak bisa dipungkiri, tempat wisata yang berada di lereng Gunung Selamet ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Kamu pasti akan merasa betah deh, Sobat Tiket berwisata di tempat wisata Baturaden ini. Bukan hanya alamnya saja yang indah dan dingin, tetapi juga karena ada banyak wahana yang bisa kamu kunjungi saat berada di Baturaden.

Tempat Wisata Baturaden - Keindahan Alam Baturraden

Kamu bisa mengunjungi Pancuran Pitu, Telaga Sunyi, Taman Kaloka Widya Mandala, dan Teater Alam Baturaden. Kamu hanya perlu membeli tiket sebesar Rp14.000 aja kok untuk bisa masuk ke tempat wisata ini.

  1. Fakta Pancuran Pitu

Pancuran Pitu yang memiliki arti Pancuran tujuh ini menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan saat berada di tempat wisata Baturaden. Fakta dari Pancuran Pitu ini adalah terdapat 7 pancuran alami air panas yang berasal dari Gunung Slamet. Sumber air panas di Pancuran Pitu ini mengandung belerang yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Endapan dari sumber air panas belerang ini pun dapat menghasilkan serbuk belerang apabila di keringkan. Dari kandungan belerang ini, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit lain selain kulit, seperti rematik dan tulang. Tidak jarang wisatawan yang datang ke Pancuran Pitu ini untuk menyembuhkan seperti penyakit di atas.

  1. Legenda Patung Pria dan Wanita

Legenda patung pria dan wanita yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini berasal dari kisah yang beredar mengenai tercetusnya nama Baturraden. Patung ini menggambarkan sosok Batur dan Raden yang melegenda, dan di abadikan dalam sebuah patung untuk mengenang legenda yang mencetuskan terbentuknya wilayah Baturraden tersebut.

  1. Wahana Wisata yang Beragam

Sobat Tiket yang lagi berada di Jawa Tengah, kamu wajib banget dateng ke tempat wisata Baturaden ini. Karena, kamu akan dibuat terkagum dengan keindahan alam, dinginnya hawa disini, dan juga beragam macam area wisata yang bisa kamu kunjungi. Disamping keindahan alam yang bisa kamu nikmati dan pastinya bisa membuat pikiran kamu jadi lebih rileks, tiket masuk ke tempat wisata Baturaden juga sangat murah lho.

Tempat Wisata Baturaden - Wahana Wisata di BaturradenTempat Wisata Baturaden - Wahana Wisata di Baturraden

Mengunjungi tempat wisata dekat Purwokerto ini, kamu bisa menyambangi area wisata seperti Pancuran Pitu, Telaga Sunyi, Bumi Perkemahan Wana Wisata, Taman Kaloka Widya Mandala, Teater Alam Baturaden, Wisata Budaya Grebeg Syura, dan lain sebagainya.

  1. Wisata Air Terjun

Seperti yang sudah kita bahas di atas ya, Sobat Tiket. Kalau tempat wisata satu ini memang dikenal dengan wisata air terjunnya yang banyak dan menarik. Nggak hanya bisa menikmati keindahan mata air dari Gunung Slamet, kamu juga bisa mendapatkan spot foto yang instagramable banget disini.

Tempat Wisata Baturaden - Wisata Air Terjun Baturraden

Kamu bisa melihat wisata air terjun yang unik dari Pancuran Pitu, dan suasana yang tenang, serta jauh dari hiruk pikuk, dan memiliki air yang jernih di wisata air terjun Telaga Sunyi.

  1. Misteri Jembatan Gantung

Di tempat wisata ini, nggak cuma ada hal-hal yang menarik untuk dikunjungi nih, Sobat Tiket. Tapi ada juga hal-hal mengerikan dan mistis yang terkadang membuat pengunjung dibuat ketakutan begitu mendengarnya. Salah satu spot horror itu terletak di Jembatan Gantung Baturaden.

Dulu, tepatnya pada tahun 2006 silam, Jembatan Gantung yang berada di area Baturaden ini ambruk dan menewaskan 9 orang pengunjungnya. Namun, tak lama setelah kejadian ini, Jembatan Gantung yang melintasi Sungai Gumawang ini kembali di bangun. Kisah horror yang terjadi di jembatan ini, biasanya terdengar suara tawa kuntilanak. Hiii…menurut kamu gimana nih, Sobat Tiket, mengenai hal yang satu ini?

  1. Tikungan Maut Baturaden

Sudah menjadi rahasia umum kalau tikungan untuk menuju pintu masuk tempat wisata Baturaden ini menjadi tempat yang rawan terjadinya kecelakaan. Hal ini lah yang menjadikan tikungan ini dijuluki sebagai tikungan maut Baturaden. Horror nya, rata-rata orang yang mengalami kecelakaan di tikungan ini adalah pada saat malam hari, dan setelah diperlihatkan penampakan seorang wanita secara tiba-tiba.

Duuh, ngeri banget nggak sih, Sobat Tiket? Kamu yang berkendara ke arah Baturaden dan melewati jalur ini saat tengah malam, sebaiknya banyak-banyak berdoa dan hati-hati juga ya. Supaya terhindar dari kejadian mistis seperti yang sudah dialami oleh puluhan orang tiap tahunnya.

Itu dia 11 hal menarik yang ada di destinasi legenda Baturaden. Menurut Sobat Tiket. mana yang paling mengerikan dan paling menarik? Liburan di sekitar Purwokerto, jangan lupa pesan kamar hotel di Purwokerto murah di tiket.com ya!

Pergi ke Purwokerto dan ke kota lainnya menggunakan kereta api memang lebih irit bujet sih. Tapi, kalau kamu baru pertama kali naik kereta dan masih bingung, baca artikel Cara Naik Kereta Api Pertama Kali satu ini ya, Sobat Tiket.