Tempat Wisata Alam di Medan

,

10 Wisata Alam Di Sekitar Medan yang Bikin Adem Hati dan Pikiran

Hai sobat tiket, tentu tau dong soal Kota Medan? Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara. Mendengar kata Sumatera Utara atau Medan, pasti yang terlintas di benak kamu adalah keindahan Danau Toba, kan? Iya, danau alami berukuran besar di Indonesia, yang berada di kaldera Gunung Berapi Super, dan pernah dinobatkan sebagai danau vulkanis terbesar di dunia itu.

Namun kali ini, tiket.com akan memberikan 10 referensi tempat wisata alam di Medan yang nggak kalah cantiknya dengan Danau Toba! Mau tau apa aja? Simak ulasan berikut ini ya!

10 Tempat Wisata Alam di Medan yang Menyejukkan Mata

Keindahan alam Kota Medan tidak hanya itu saja lho, sobat tiket. Banyak banget tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi dan tentunya bisa menjadi rekomendasi liburan kamu saat berada di Medan nanti.

Jangan lupa untuk menjaga lingkungan tetap bersih ya sobat tiket! Karena, siapa tau kamu akan punya kesempatan  untuk datang lagi ke Medan nanti. Sayang banget kan, kalau harus menyaksikan keindahannya yang rusak karena ulah tangan manusia?

Langsung aja yuk simak 10 tempat wisata alam di sekitar Kota Medan yang sayang dilewatkan jika kamu berkunjung ke kota ini.

1. Bukit Paropo Silalahi

Tempat Wisata Alam di Medan
Sumber : Shutterstock.com

Bukit yang satu ini memiliki nama yang sesuai dengan tempat asalnya, yaitu di desa Paropo, Silalahi. Dari bukit ini, kamu bisa melihat keindahan Danau Toba dan barisan bukit hijau yang membuat pikiran kamu terasa tenang.

Untuk menuju ke sini, kamu harus menempuh jarak sekitar 140 km dari Medan-Berastagi-Paropo-Silalahi dengan menggunakan motor atau mobil. Bukit ini juga bisa menjadi tempat untuk camping lucu dengan keluarga atau teman-teman kamu, lho. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan seperti memancing di kawasan ini

2. Danau Linting

Danau Linting terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deli Serdang. Danau ini dikelilingi oleh pohon-pohon besar, serta danau dengan air panas yang mencapai 30 derajat celcius. Bisa banget nih dijadikan sebagai tempat untuk relaksasi saat kamu berada di sini, sobat tiket.

Gimana sobat tiket? Tempat ini juga bisa sekaligus menjadi tempat untuk melepas penat nih. Uniknya, Danau Linting ini  memiliki air yang selalu berubah-ubah warnanya. Kadang berwarna hijau, kadang biru, bahkan terkadang perpaduan warna hijau dan biru. Keren banget nggak sih!

Untuk menuju ke Danau Linting ini, sobat tiket bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Amplas Medan, atau dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar dua jam dari Medan. Harga tiket masuk ke danau tersebut hanya Rp5.000 per orang.

3. Air Terjun Simangande

Tempat Wisata Alam di Medan
Sumber : Shutterstock.com

Air terjun ini terletak di Desa Garoga, Pulau Samosir. Kamu dapat melihat air terjun ini dari atas danau saat hendak menuju pulau Samosir. Uniknya, air terjun ini memiliki bentuk yang menyerupai hati lho, sobat tiket. Makanya nggak heran jika tempat wisata ini juga mempunyai nama lain yaitu Air Terjun Cinta.

Untuk menuju Air Terjun Simangande,kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Parapat dengan menggunakan kapal Ferry. Setelah sampai di Pelabuhan Tomok, kamu bisa melanjutkannya dengan menggunakan ojek ke Desa Garoga.

Kamu juga bisa kok berjalan kaki ke desa yang berjarak lebih kurang 1,5 km. Sesampainya kamu di tempat wisata ini, kamu  akan disuguhkan dengan kesegaran air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 500 meter ini.

4. Gunung Sibayak

Bagi sobat tiket yang senang mendaki gunung, bisa nih berkunjung ke Gunung Sibayak. Gunung yang menjadi bagian dari Taman Hutan Raya Bukit Barisan ini memiliki ketinggian 2.094 MDPL dan berada di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo. Pendakian menuju Gunung Sibayak ini tidak akan memakan waktu seharian kok. Selebihnya, kamu bisa menikmati waktu bersantai di area camping deh.

Untuk menuju ke sini, jika dari pusat Kota Medan, kamu perlu menempuh jarak sekitar 60 kilometer untuk sampai di kawasan Gunung Sibayak. Tetapi jika kamu dari pusat kota Berastagi, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 3 kilometer lagi.

5. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-Piso
Sumber : Shutterstock.com

Penamaan Air Terjun Sipiso-piso ini juga konon karena air terjun ini berbentuk seperti hujaman pisau dengan ketinggian mencapai 120 meter. Letak air terjun Sipiso-piso ini berada di Kabupaten Karo dan berdekatan dengan Desa Tongging.

Untuk menuju Air Terjun Sipiso-piso, membutuhkan waktu perjalanan selama 3 jam dari Kota Medan dengan menggunakan mobil. Sesampainya di sana, kamu harus melewati jalur cukup ekstrem sebelum mencicipi segarnya air di dasar air terjun ini. Jadi, kamu harus banget hati-hati ya untuk menuju dasar dari air terjun ini, perhatikan langkah kamu saat menuruni anak tangga.

6. Pemandian Air Soda Tarutung

Sesuai dengan namanya, kamu akan merasakan sensasi berendam di kolam air soda atau yang juga dikenal dengan nama Aek Rara. Begitu menceburkan diri ke kolam sedalam 1,8 meter ini, maka seketika kamu akan dipenuhi dengan buih yang menempel di kulit. Tidak hanya itu, mata kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan Lembah Silindung yang berada di tengah persawahan.

Fakta yang wajib kamu ketahui tentang Aek Rara adalah fenomena alam ini hanya terdapat di dua negara, yaitu di Indonesia tepatnya di Sumatera Utara dan Venezuela. Jadi, dijamin banget deh kamu nggak bakal nyesel deh pergi ke sini. Saran untuk sobat tiket yang mau ke sini, datang saat pagi hari akan memberikan kesan yang lebih menarik. Selain lebih sejuk, tentunya masih sepi dari pengunjung!

Lokasi kolam Aek Rara berada tak jauh dari pusat Kota Tarutung. Jika berangkat dari Kualanamu atau Medan, kamu butuh 6 – 7 jam perjalanan darat dengan kendaraan roda empat.

7. Pulau Mursala

Tempat Wisata Alam di Medan
Sumber : Shutterstock.com

Pernah nonton Film King Kong yang populer pada tahun 2005? Nah, kalau kamu berkunjung ke sini pasti tidak asing dengan pemandangannya deh. Pulau yang berada di Kota Sibolga, ibu kota Kabupaten Tapanuli Tengah ini pernah menjadi lokasi pembuatan film King Kong kala itu.

Keindahan alam dan batu-batu granit serta terdapat juga Air Terjun setinggi 30 meter menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Air terjun yang berada di Pulau Mursala ini mengalir di tebing Pulau Mursala dan langsung jatuh ke laut. Dengan bagian tebing tempat mengalirnya air terjun ini yang menghadap ke Samudra Hindia, semakin memberikan kesan yang mempesona. Yakin, kamu nggak mau ke sini?

Untuk dapat ke Pulau Mursala, kamu bisa melalui pantai Pandan dan menyewa perahu yang biasanya memasang tarif Rp1,8 juta untuk trip pergi-pulang. Jadi, supaya lebih hemat, kamu bisa pergi bersama teman-teman atau keluarga.

8. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar ada di kaki Gunung Sinabung, yaitu sekitar 30 km dari Kota Medan. Tepatnya, di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Tempat wisata ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berkemah, memancing, bermalam, menyewa perahu atau kapal boat dan berbagai kegiatan lainnya. Tempatnya sejuk dengan pemandangan pepohonan, sangat cocok sebagai tempat bersantai dan memanjakan mata.

Untuk menuju Danau Lau Kawar, kamu membutuhkan jarak tempuh sekitar 70 km atau 3 jam perjalanan jika dari Medan, dan menggunakan sepeda motor. Sepanjang perjalanan akan terlihat ladang-ladang pertanian warga, hewan-hewan ternak dan juga Gunung Sinabung yang terlihat aktif mengeluarkan asapnya.

9. Kawah Putih Tinggi Raja

Sumber : Shutterstock.com

Kawah Putih Tinggi Raja merupakan obyek wisata cagar alam seluas 176 hektar yang berada di desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean. Kawah Putih Tinggi Raja ini  termasuk bagian pelosok dari Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Perjalanan menuju tempat ini sekitar 3 jam dari Kota Medan.

Sebaiknya, datang ke Kawah Putih sebelum tengah hari ya, sobat tiket.Karena, ketika hari makin siang, maka genangan air akan semakin panas akibat paparan matahari.

10. Bukit Lawang

Bukit Lawang ini berlokasi di Sumatera Utara, tepatnya berada di Desa Bahorok, Kecamatan Langkat. Bukit ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Jika ditempuh dari Kota Medan, lokasinya memiliki jarak sekitar 80 kilometer dan bisa dicapai sekitar 2 – 3 jam perjalanan.

Bukit Lawang ini juga merupakan tempat konservasi orangutan yang dilindungi, yaitu jenis Orangutan Sumatera yang nama Latinnya adalah Pongo Abelli. Jadi, selain berwisata kamu juga bisa sekalian belajar deh tentang ilmu konservasi dan pentingnya menjaga hewan yang dilindungi.

Ayo Liburan ke Kota Medan, dan Eksplor Tempat Wisatanya!

Gimana nih sobat tiket, apa kamu sudah menentukan pilihan, mau menyambangi tempat wisata di Medan yang mana dulu? Makanya, buruan pesan tiket pesawat ke Medan di tiket.com sekarang juga!

Tidak hanya tempat wisata alam, ada juga loh wisata sejarah di Medan yang bisa menjadi destinasi liburan kamu selama di Medan. Selain bisa bikin kamu senang, pergi ke tempat wisata ini juga bisa menambah wawasan kamu, dan membuat kamu semakin bangga dengan warisan budaya Indonesia.