,

5 Tempat Relaksasi di Jepang, Saatnya Segarkan Pikiran!

Biasanya, tak sedikit orang memilih jalan-jalan untuk melepaskan penat dan menyegarkan kembali pikiran. Tak jarang, daerah seperti Jepang pun menjadi tujuan. Kabarnya, ada tempat relaksasi di Jepang yang bisa membantu kamu dapatkan kembali kesegaran pikiran dan kesehatan tubuh. Benar nggak, sih?

Rekomendasi Tempat Relaksasi di Jepang untuk Lepaskan Penat

Ya, jalan-jalan memang menjadi cara yang direkomendasikan supaya beban berkurang, penat pun hilang. Bahkan, katanya, traveling alias melakukan perjalanan ke suatu tempat bisa membantu kamu mendapatkan suasana dan cerita baru yang mengembalikan suasana hatimu.

Biasanya, Bali atau Lombok dipilih sebagai destinasi lokal. Namun, Jepang tak jarang menjadi destinasi mancanegara pilihan. Sebenarnya, ada apa sih di Jepang? Seperti apa tempat relaksasi di Jepang yang kabarnya bisa bantu sehatkan tubuh dan segarkan pikiran itu? Kuy, tengok!

1. Menikmati Onsen Jepang, Berendam Air Panas Sebagai Tradisi

Onsen adalah sebutan buat pemandian air panas yang ada di jepang. Sobat tiket pasti bisa menemukan onsen dengan mudah di Jepang. Nggak heran, karena banyak banget gunung api yang aktif di negara ini.

Onsen di Jepang bisa di dalam atau di luar ruangan, tentu saja terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Tempat ini menjadi tujuan wisatawan kala liburan atau masyarakat lokal yang ingin melepas penat setelah lelah beraktivitas seharian. Memang, berendam air hangat pas badan capek itu “sesuatu” banget, ya, kan?

Namun, ada beberapa aturan yang harus sobat tiket perhatikan kalau mau ke onsen. Pertama, harus bilasan badan dulu supaya bersih. Kedua, mengikat rambut (di Jepang, berendam dengan rambut tergerai itu tidak sopan, lho!). Ketiga, nggak boleh berisik.

Bukan berarti kamu nggak boleh ngobrol sama teman. Onsen di Jepang itu tempat buat relaksasi alias mencari ketenangan. Ketenangan sangat dijaga di sini. Jadi, kalau mau ngobrol, pelan-pelan saja, ya!

2. Pijat Shiatsu, Relaksasi Tubuh dan Sembuhkan Berbagai Penyakit

Sumber: Shutterstock.com

Nah, tempat relaksasi di Jepang kedua buat sobat tiket yang ingin relaksasi adalah pijat shiatsu. Metode pijat ini terkenal banget di Jepang, jadi kamu nggak akan kesulitan menemukannya. Kalau diartikan, shiatsu adalah tekanan pada jari. Jadi, pijat ini menggunakan tekanan pada jari sebagai kekuatan utamanya.

Terapis akan menggunakan bagian jari dan telapak tangan untuk melancarkan energi. Mereka akan melakukan penekanan pada titik tubuh yang terdapat energi qi dalam ritme yang teratur. Jadi, lama-kelamaan, kamu akan merasa nyaman dan fisik pun bebas pegal-pegal.

Shiatsu memang tidak jauh berbeda dengan pijat lain yang mungkin sobat tiket ketahui. Namun, cara pijat ala Jepang ini tidak memakai minyak untuk menghangatkan atau melicinkan tubuh. Pun, pengunjung tetap mengenakan pakaian kala dipijat.

Selain untuk relaksasi, pijat shiatsu dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, lho. Penyakit ringan seperti sakit kepala, sakit punggung, insomnia, stres, arthritis, kelelahan, depresi, sembelit, hingga masalah pencernaan bisa diobati dengan pijat shiatsu.

Nah, tips buat sobat tiket yang mau coba pijat shiatsu, jangan mengonsumsi makanan berat sebelum pijat, ya. Pun, datang lebih awal, setidaknya 10 menit sebelum waktu janjian. Ini akan membuat tubuh kamu lebih rileks, jadi pijat juga lebih nyaman.

3. Jalan-Jalan Sambil Belanja di Kawasan Akihabara

Sumber: Shutterstock.com

Belanja menjadi salah satu cara relaksasi paling baik bagi sebagian orang. Di Jepang, tempat relaksasi sekaligus belanja yang direkomendasikan adalah kawasan Akihabara. Sebenarnya, ada apa sih di Akihabara ini?

Ternyata, salah satu distrik yang berada di pusat Tokyo ini sangat terkenal dengan toko elektroniknya. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, Akihabara disebut sebagai pusat budaya otaku di Jepang. Banyak banget toko anime dan manga yang bisa kamu jumpai di sini.

Kalau mau lebih santai dan bebas dari terjangan klakson kendaraan, kamu bisa datang ke Akihabara di hari Minggu. Pada waktu ini, Chuo Dori, jalan utama yang melalui distrik ini ditutup untuk kendaraan mulai pukul 13.00 sampai 18.00 waktu setempat.

Kalau sobat tiket mau belanja, nih beberapa tempat yang direkomendasikan buat kamu. Yodobashi Camera dan Sofmap sebagai pusat elektronik, Laox untuk para penggemar gim, Yamada Denki, dan Akki. Kalau kamu otaku, jangan sampai nggak main ke Don Quijote, Maid Cafes, Super Potato, Tsukumo Robot Kingdom, Radio Kaikan, dan Gundam Cafe, ya!

4. Pengalaman Menginap di Ryokan, Penginapan Tradisional Jepang

Kalau mau ke Jepang buat relaksasi, sebaiknya sobat tiket nyobain menginap di ryokan, apalagi kalau datangnya sama pasangan. Ini adalah sebutan untuk penginapan tradisional Jepang. Bangunannya Jepang banget, mulai dari pintu geser, tempat tidur futon, sampai alas tatami.

Ryokan sangat erat dengan budaya Jepang yang masih sangat tradisional. Jadi, kamu bisa memelajari budaya Jepang lebih dalam sekaligus berinteraksi dengan masyarakat asli Jepang. Pengalaman budaya di sini dijamin akan membuat kamu jauh lebih rileks. Tentu saja, karena jauh dari hiruk pikuk dan keramaian kota!

Kawasan Hakone di Prefektur Kanagawa menjadi destinasi terbaik kalau kamu mencari ryokan dan onsen. Tidak hanya nuansanya yang masih alami dan tradisional, Hakone memiliki pemandangan Gunung Fuji yang sangat cantik kalau hari sedang cerah. Wah, keren banget, ya!

5. Baca Komik Sambil Bermain Kucing di Cat Cafe

Cat Cafe atau Kafe Kucing menjadi tempat relaksasi di Jepang andalan masyarakat dan wisatawan. Memang benar, kafe yang mengusung tema hewan sangat populer di Negeri Sakura ini. Apalagi kucing, hewan lucu yang katanya bisa membantu mengurangi stres.

Di Jepang, ada orang-orang yang nggak bisa memelihara kucing di tempat tinggalnya. Jadi, solusi buat melepas rindu sama hewan berbulu ini ya tentu saja dengan main ke kafe kucing! Kamu bisa menikmati hidangan lezat dan membaca komik sambil mengelus bulu kucing yang halus banget. Beneran menenangkan!

Bahkan, sobat tiket juga pasti pernah dengar kalau di Jepang ada sebuah pulau yang menjadi hunian ratusan kucing. Tashirojima, yang dikenal dengan Cat Heaven Island berada di Ishinomaki, Prefektur Miyagi, Jepang. Di pulau ini, populasi kucingnya jauh lebih banyak dari manusianya sendiri, lho!

Nah, kembali ke kafe kucing di Jepang. Kalau kamu ingin mencoba pengalaman seru relaksasi sama hewan paling manja sedunia ini, ada beberapa tempat yang bisa kamu tuju. Nggak perlu jauh-jauh ke Tashirojima, kamu bisa datang ke Cat Cafe Calico di Shinjuku, MoCHA, dan Neko JaLaLa di kawasan Akihabara.

Jepang yang Sarat akan Budaya

Ternyata, tempat relaksasi di Jepang sangat unik dan menarik, ya! Namun, sebelum kamu memutuskan untuk terbang ke sana, kamu harus tahu dulu, apa saja budaya Jepang yang harus dilakukan. Pedoman ini penting buat kamu berinteraksi dengan warga lokal.

Hal lain yang nggak boleh kamu lupakan, adalah pesan tiket dan cari penginapan. Jangan sampai dadakan, karena selain harganya mahal, kamu bisa juga nggak kebagian. Setelah merencanakan, langsung saja buka aplikasi tiket.com buat cari tiket pesawat dan penginapan!