Tempat Merayakan Natal di Indonesia

,

7 Tempat di Indonesia Untuk Merayakan Natal

Tempat Merayakan Natal di Indonesia – Halo sobat tiket, diantara kamu pasti ada yang merayakan Natal kan? Gimana nih perasaan kamu untuk menyambut Hari Raya Natal di tahun ini? Pastinya nggak sabar dan seneng banget dong ya?

Jadi, apa nih tradisi yang biasa kamu dan keluarga lakukan untuk menyambut Hari Raya Natal? Disamping itu semua, Natal tentunya identik dengan liburan ya, sobat tiket. Kalau kamu, sudah punya rencana ingin merayakan Natal sambil berlibur di mana nih bersama keluarga?

Di mana pun itu, yang penting kebersamaan dengan keluarga besar menjadi momen yang paling terpenting ya, sobat tiket. Apalagi tradisi tukar kado sambil menyantap menu-menu makanan yang menjadi makanan khas di hari Natal. Wah, itu sih pastinya momen yang paling menyenangkan banget deh.

Nah, untuk sobat tiket yang akan merayakan Hari Raya Natal, tiket.com punya 7 referensi tempat merayakan Natal di Indonesia yang asli menyenangkan banget deh buat kamu. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, 7 tempat merayakan Natal di Indonesia ini juga sama menariknya kok. Mau tau, kira-kira di mana aja ya tempatnya? Ini dia list tempat merayakan Natal di Indonesia spesial untuk sobat tiket yang merayakannya.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia, Kamu Sudah Pernah Kesini Belum?

Perayaan Natal memang identik dengan kemeriahan dan penuh suka cita, tidak heran kalau pernak-pernik Natal akan mulai terlihat satu bulan sebelum perayaan. Baik di restoran, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, hingga di jalan umum, pohon Natal beserta Santa dan keretanya akan terlihat menghiasi seluruh titik.

Kamu yang akan merayakan Natal bersama keluarga, bisa juga lho menjadikan kota-kota di bawah ini sebagai tempat merayakan Natal di Indonesia dengan nuansa dan suasana yang berbeda.

  1. Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu tempat merayakan Natal yang menarik lho, sobat tiket. Karena, setiap perayaan Natal di Kota ini, akan ada tradisi  pagelaran wayang kulit. Bedanya, wayang kulit di malam perayaan Natal ini tema yang diangkat adalah mengenai kelahiran Yesus Kristus. Perayaan Natal yang dipadukan dengan budaya setempat memberikan keunikan tersendiri.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - Yogyakarta

Selain itu, Pendeta atau Pastor juga akan mengenakan pakaian adat berupa beskap dan blangkon untuk memimpin ibada di Gereja. Bahasa yang akan digunakan pun berupa bahasa Jawa Kromo Inggil lho, sobat tiket. Nah, kalau kamu belum pernah menyaksikan secara langsung keunikan dari tempat merayakan Natal di Indonesia yang satu ini, bisa menjadi referensi kamu nih.

  1. Bali

Perayaan Natal di Bali mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan yang ada nih, sobat tiket. Tradisi yang dikenal di Pulau Dewata Bali ini bernama Ngejot dan Penjor. Ngejot sendiri merupakan tradisi bagi umat Kristiani yang tinggal di Bali untuk memasak makanan khas Bali yang kemudian diberikan kepada tetangga mereka yang beragam Hindu. Biasanya, bingkisan makanan ini berisi lawar dan satai babi.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - Bali

Sedangkan Penjor adalah tiang bambu yang dihiasi dengan janur dan menjadi kelengkapan dari acara keagamaan dan upacara adat Bali. Selain itu, para jemaat yang akan Misa juga mengenakan pakaian adat Bali. Wah, toleransi antar Agama yang patung diacungi jempol ya, sobat tiket. Kamu bisa menjadikan Bali sebagai destinasi tempat merayakan Natal di Indonesia nih. Sekalian liburan bersama keluarga deh!

  1. Manado, Sulawesi Utara

Manado bisa menjadi tempat merayakan Natal di Indonesia yang meriah sekali perayaannya. Di kota ini, semarak perayaan Natal sudah dimulai sejak awal bulan Desember tiba. Bahkan, Dinas Pariwisata setempat pun ikut andil untuk menciptakan suasana Natal yang berkesan di Kota Tinutuan ini.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - Manado

Tradisi yang masih ada saat Hari Natal tiba di kota ini adalah tradisi Taon Kunci. Tradisi ini adalah berlangsungnya parade keliling kampung dengan menggunakan kostum yang menggambarkan Hari Natal. Parade dengan menggunakan kostum ini bertujuan untuk menghibur para penonton dan sebagai bentuk suka cita dengan datangnya Hari Natal.

  1. Larantuka, NTT

Sobat tiket mau merayakan Natal sambil liburan dengan suasana yang berbeda? Larantuka, atau yang dijuluki sebagai Kota Vatikan ini cocok banget untuk kamu jadikan destinasi tempat merayakan Natal di Indonesia. Di kota yang mayoritas penduduknya beragama Katolik ini akan memberikan kamu pengalaman yang berbeda dalam merayakan Natal bersama keluarga.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - NTT

Selain perayaan untuk menyambut hari Natal, di kota ini kamu juga bisa menyaksikan tradisi seperti mengunjungi tempat ziarah dan mengunjungi Patung Mater Dolorosa dengan latar belakang pegunungan yang sejuk dan indah.

  1. Toraja, Sulawesi Selatan

Kota selanjutnya yang bisa menjadi pilihan tempat merayakan Natal di Indonesia adalah Toraja. Di Toraja, ada tradisi yang diberi nama Lovely Desember untuk merayakan Natal secara meriah. Acara ini juga termasuk dalam festival budaya dan pariwisata yang diadakan oleh pemerintah setempat.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - toraja

Hal yang menjadi ciri khas dari penyelenggaraan ini adalah adanya pemotongan kerbau belang dan juga mengarak babi dengan simbol tiga dimensi kehidupan. Wah, kalau kamu yang belum pernah merayakan Natal di tempat seperti Toraja, maka bisa jadi pengalaman baru yang menyenangkan dong, sobat tiket.

  1. Ambon, Maluku

Di Ambon, perayaan malam Natal terasa sangat meriah dan menarik lho, sobat tiket. Kenapa? Karena tidak hanya malah pergantian tahun baru saja dinyalakannya kembang api, melainkan juga saat malam Natal. Perayaan malam Natal di Kota Ambon memang katanya sih yang paling menarik nih, sobat tiket.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - Ambon

Selain dipasangnya kembang api yang meriah menghiasi malam Natal, ada juga Santa yang bersiap mengunjungi tiap-tiap rumah dan membagikan hadiah untuk anak-anak kecil. Hem, yakin kamu nggak mau merayakannya di Kota Ambon?

  1. Papua

Perayaan Natal di masing-masing daerah memang selalu berbeda-beda. Hal ini yang membuat perayaan hari besar seperti Natal di tiap derah menjadi lebih menarik untuk dikunjungi. Selain mendapatkan suasana perayaan yang berbeda dari biasanya, kamu juga bisa menjadikannya sebagai momen liburan bareng keluarga.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - papua

Di Papua, ada cara yang unik juga lho, sobat tiket, untuk merayakan hari Natal. Barapen, merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat adat Papua dalam menyambut datangnya hari Natal. Tradisi Barapen sendiri adalah tradisi membakar batu yang akan digunakan sebagai tempat untuk memasak babi. Bahkan, nyanyian Pujian Natal akan terdengar selama 24 jam lamanya. Menarik, bukan?

Ayo sobat tiket, setelah baca referensi tempat merayakan Natal di Indonesia di atas, mana nih kota yang akan kamu jadikan tujuan? Kamu bisa percayakan beli tiket pesawat murah di tiket.com lho untuk bisa mengunjungi kota-kota tersebut. Sekalian liburan bareng keluarga, jangan lupa untuk membaca Tips Jitu Liburan Bareng Keluarga supaya liburan kamu jadi makin seru ya. Selamat Hari Natal dan selamat berlibur, sobat tiket!