Tempat Merayakan Natal di Indonesia

,

10 Tempat di Indonesia Untuk Merayakan Natal, Semarakan Natal di Kota-Kota Ini!

Tempat Merayakan Natal di Indonesia – Hari Natal semakin dekat nih, sobat tiket. Kamu sudah ada rencana belum ingin merayakan di mana bersama keluarga? Paling seru sih memang menghabiskan waktu Natal sambil liburan ke kota atau negara impian. Mengunjungi tempat-tempat ibadah bersejarah, bersama orang tersayang.

Namun, yang terpenting adalah bisa berbagi kasih dengan keluarga besar, tukar kado, sambil mencicipi menu khas Natal ala keluarga. Wah, itu sih pastinya momen yang paling menyenangkan banget deh!

Nah, untuk sobat tiket yang akan merayakan Hari Raya Natal, tiket.com punya 7 referensi tempat merayakan Natal di Indonesia yang asli menyenangkan banget deh buat kamu. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, 7 tempat ini juga sama menariknya kok. Mau tau di mana aja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia, Sudah Pernah Ke Sini Belum?

Perayaan Natal memang identik dengan kemeriahan dan penuh suka cita, tidak heran kalau pernak-pernik Natal akan mulai terlihat satu bulan sebelum perayaan. Baik di restoran, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, hingga di jalan umum. Pohon Natal beserta Santa dan keretanya akan terlihat menghiasi seluruh titik kota.

Kamu yang akan merayakan Natal bersama keluarga, bisa juga lho menjadikan kota-kota di bawah ini sebagai tempat merayakan Natal di Indonesia dengan nuansa dan suasana yang berbeda.

1. Nonton Wayang Kulit Tema Natal di Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu tempat merayakan Natal yang menarik nih, sobat tiket. Karena akan ada tradisi pagelaran wayang kulit di hari Natal ini. Bedanya, wayang kulit di malam perayaan Natal ini mengangkat tema kelahiran Yesus Kristus. Perayaan Natal yang dipadukan dengan budaya setempat memberikan keunikan tersendiri.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - Yogyakarta

Selain itu, Pendeta atau Pastor juga akan mengenakan pakaian adat berupa beskap dan blangkon untuk memimpin ibadat di Gereja. Bahasa yang akan digunakan pun berupa bahasa Jawa Kromo Inggil lho, sobat tiket. 

Nah, kalau kamu belum pernah menyaksikan secara langsung keunikan dari tempat merayakan Natal di Indonesia yang satu ini, bisa menjadi referensi kamu bersama keluarga, kan?

2. Tradisi Ngejot Penjor di Bali

Perayaan Natal di Bali mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan yang ada nih, sobat tiket. Tradisi yang dikenal di Pulau Dewata Bali ini bernama Ngejot dan Penjor. 

Ngejot sendiri merupakan tradisi bagi umat Kristiani yang tinggal di Bali untuk memasak makanan khas Bali yang nantinya akan diberikan kepada tetangga yang beragam Hindu. Biasanya, bingkisan makanan ini berisi lawar dan sate babi.

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - Bali

Sedangkan Penjor adalah tiang bambu yang dihiasi dengan janur dan menjadi kelengkapan dari acara keagamaan dan upacara adat Bali. Selain itu, para jemaat yang akan Misa juga mengenakan pakaian adat Bali. 

Wah, toleransi antar agama yang patut diacungi jempol ya, sobat tiket. Kamu bisa menjadikan Bali sebagai destinasi tempat merayakan Natal di Indonesia juga nih. Sekalian liburan bersama keluarga, pastinya bakal asik banget dong, sobat tiket!

3. Menyaksikan Tradisi Taon Kunci di Manado

Manado bisa menjadi tempat merayakan Natal di Indonesia yang meriah sekali perayaannya. Di kota ini, semarak perayaan Natal sudah dimulai sejak awal bulan Desember tiba. Bahkan, Dinas Pariwisata setempat pun ikut andil untuk menciptakan suasana Natal yang berkesan di Kota Tinutuan ini.

Tradisi yang masih ada saat Hari Natal tiba di kota ini adalah tradisi Taon Kunci. Tradisi ini adalah berlangsungnya parade keliling kampung dengan menggunakan kostum yang menggambarkan Hari Natal. Parade dengan menggunakan kostum ini bertujuan untuk menghibur para penonton dan sebagai bentuk suka cita dengan datangnya Hari Natal.

4. Kota Vatikan Larantuka, NTT

Sobat tiket mau merayakan Natal sambil liburan dengan suasana yang berbeda? Larantuka, atau yang dijuluki sebagai Kota Vatikan ini cocok banget untuk kamu jadikan destinasi tempat merayakan Natal di Indonesia. 

Di kota yang mayoritas penduduknya beragama Katolik ini, tentunya akan memberikan kamu pengalaman yang berbeda dalam merayakan Natal bersama keluarga. Selain perayaan untuk menyambut Natal, tradisi mengunjungi tempat ziarah dan mengunjungi Patung Mater Dolorosa dengan latar belakang pegunungan yang sejuk dan indah juga biasa dilakukan di sini.

5. Tradisi Lovely Desember di Toraja, Sulawesi Selatan

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - toraja

Kota selanjutnya yang bisa menjadi pilihan tempat merayakan Natal di Indonesia adalah Toraja. Di Toraja, ada tradisi yang diberi nama Lovely Desember untuk merayakan Natal secara meriah. Acara ini juga termasuk dalam festival budaya dan pariwisata yang diadakan oleh pemerintah setempat.

Ciri khas dari penyelenggaraan ini adalah adanya pemotongan kerbau belang dan juga mengarak babi dengan simbol tiga dimensi kehidupan. Wah, kalau kamu yang belum pernah merayakan Natal di tempat seperti Toraja, maka bisa jadi pengalaman baru yang menyenangkan nih, sobat tiket.

6. Kemeriahan Kembang Api di Ambon

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - Ambon

Di Ambon, perayaan malam Natal terasa sangat meriah dan menarik lho, sobat tiket. Kenapa? Karena tidak hanya malam pergantian tahun baru saja kembang api dinyalakan, melainkan juga saat malam Natal. Perayaan malam Natal di Kota Ambon memang katanya sih yang paling menarik nih, sobat tiket.

Selain dipasangnya kembang api yang meriah menghiasi malam Natal, ada juga Santa yang bersiap mengunjungi tiap-tiap rumah dan membagikan hadiah untuk anak-anak kecil. Hem, yakin kamu nggak mau merayakannya di Kota Ambon?

7. Barapen di Papua

Tempat Merayakan Natal di Indonesia - papua

Perayaan Natal dari tiap daerah memang berbeda-beda. Hal ini yang membuat perayaan hari besar seperti Natal di tiap daerah menjadi lebih menarik untuk dikunjungi. Selain mendapatkan suasana perayaan yang berbeda dari biasanya, kamu juga bisa menjadikannya sebagai momen liburan bareng keluarga.

Di Papua, ada cara yang unik juga lho, sobat tiket, untuk merayakan hari Natal. Barapen, merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat adat Papua dalam menyambut datangnya hari Natal. 

Tradisi Barapen sendiri adalah tradisi membakar batu yang akan digunakan sebagai tempat untuk memasak babi. Bahkan, nyanyian Pujian Natal akan terdengar selama 24 jam lamanya di sini. Menarik, bukan?

8. Ruteng, NTT

Kamu tentu tau kan, sobat tiket, kalau Ruteng dijuluki sebagai Kota Seribu Gereja? Bisa terbayang dong, bagaimana meriahnya perayaan Natal di kota ini? Ingin merayakan natal kali ini di tempat wisata yang berbeda? Maka kamu bisa datang ke kota ini bersama dengan keluarga.

Keunikan yang juga menjadi ciri khas dari Kota Ruteng saat malam Natal adalah dinyalakannya lampu penerangan dari bambu dengan bahan bakar minyak tanah. Lampu-lampu ini lah yang nantinya akan dipasang di pintu gerbang gereja.

9. Perayaan Rabo-Rabo di Jakarta

Nggak mau ke mana-mana selain di Jakarta aja? Nggak apa-apa banget kok, sobat tiket. Karena malam Natal juga akan begitu meriah di Jakarta dan sekitarnya. Namun, untuk kamu yang penasaran ingin tau ada tradisi apa di Jakarta saat natal tiba, kamu bisa menuju ke Kampung Tugu, Cilincing.

Di kampung ini, kamu akan menemukan tradisi unik bernama Rabo-rabo. Rabo-rabo merupakan sebuah tradisi peninggalan bangsa Portugis yang masih dilakukan hingga sekarang oleh penduduk Cilincing, Jakarta Utara.

Tradisi ini dilakukan setelah melakukan ibadah di gereja. Nantinya, tiap penduduk akan datang berkunjung ke rumah tetangga dan akan dipenuhi warna-warni bedak. Ini merupakan simbol dari penebusan dosa dan juga saling memaafkan yang dilakukan penduduk setempat. Unik kan, sobat tiket?

10. Tradisi Marbinda di Sumatera Utara

Terakhir, ada Sumatera Utara yang bisa menjadi tempat merayakan Natal di Indonesia yang berkesan nih untuk kamu, sobat tiket. Tradisi yang bisa kamu jumpai di tanah Batak ini saat natal tiba adalah tradisi Marbinda.

Tradisi Marbinda sendiri merupakan tradisi penyembelihan hewan yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar. Pemotongan hewan ini diberi nama Marhobas, dan hewan yang disembelih merupakan hewan hasil tabungan dari beberapa orang yang sudah sepakat. Unik bukan, sobat tiket? Bisa menyaksikan tradisi seperti ini.

Liburan Natal Semakin Berwarna dengan tiket.com

Ayo sobat tiket, setelah baca referensi tempat merayakan Natal di Indonesia di atas, mana nih kota yang akan kamu jadikan tujuan? Kamu bisa percayakan beli tiket pesawat murah di tiket.com lho untuk bisa mengunjungi kota-kota tersebut. Sekalian liburan bareng keluarga, jangan lupa untuk membaca Tips Jitu Liburan Bareng Keluarga supaya liburan kamu jadi makin seru ya. Selamat Hari Natal dan selamat berlibur, sobat tiket!