,

Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Seru untuk Bermain dan Belajar

Sobat tiket yang punya anak atau anggota keluarga yang masih kecil, pasti tahu betapa susahnya membujuk anak untuk belajar. Kalau sudah begini, orang tua harus putar otak biar anak semangat bahkan ketagihan belajar. Salah satu caranya, coba ajak anak bermain deh. Tentunya dengan permainan yang mendidik.

Dijamin si kecil bisa belajar tentang sesuatu tanpa merasa terpaksa. Tapi enaknya ajak anak main apa ya? Kamu yang tinggal di sekitar Jogja atau sedang liburan dengan keluarga di Jogja, bisa mampir ke Taman Pintar Yogyakarta. Sesuai namanya, taman ini bakal bikin anak makin pintar. Caranya? Simak ulasannya aja berikut.

Belajar Sambil Bermain di Taman Pintar

Sumber: Shutterstock.com

Taman yang digagas oleh pemerintah kota Jogja ini bertujuan mengenalkan sains pada anak hingga usia sekolah menengah. Caranya, lewat 9 wahana yang tersedia di Taman Pintar. Ada wahana yang bikin anak tertawa geli. Ada lagi wahana yang siap membuat anak terbengong-bengong karena rasa ingin tahunya. Nah, apa aja sih wahana yang ada di Taman Pintar. Ayo kita intip satu per satu.

1. Eksplorasi Si Kecil di Gedung PAUD

Sesuai dengan namanya, gedung ini khusus untuk anak PAUD berusia 2 – 7 tahun. Terdapat gedung PAUD Barat dan PAUD Timur yang punya fungsi yang berbeda. PAUD Barat berisi alat peraga kategori sains dan teknologi, religi dan budaya, ruang profesi, dan perpustakaan.

Beda lagi dengan PAUD Timur yang berisi ruang flora & fauna, komputer kids & puzzle, ruang pertunjukan, dan ruang petualangan. Di zona ini, anak-anak ditemani pemandu yang komunikatif dan paham perkembangan anak. Jadi orang tua tak perlu khawatir menitipkan anaknya di wahana ini.

Tiket masuk: Rp3 ribu* per anak untuk 1 gedung PAUD

2. Bermain Air di Wahana Bahari dan Taman Air Menari

Selanjutnya, anak bisa mengelilingi miniatur perairan dengan kapal mini. Berdekatan dengan wahana bahari, terdapat Taman Air Menari dengan beberapa permainan air yang berada di area playground.

Taman Air Menari cocok untuk orang tua yang ingin agar anaknya aktif berkegiatan fisik. Apalagi ada permainan seperti kincir dan meriam air. Wajar aja, lokasi ini jadi salah satu favorit pengunjung.

Tiket masuk: wahana bahari Rp6 ribu* per orang, gratis untuk Taman Air Menari.

3. Playground, Tempat Bermain Gratis

Selain Taman Air Menari, area playground punya beberapa permainan seru lain lho. Contohnya, permainan pipa bercerita dan dinding berdendang. Permainan ini menghibur dengan bunyi-bunyian sekaligus membuat anak paham tentang bunyi.

Sobat tiket yang ingin anak lebih mengenal alam, antarkan anak ke permainan terowongan pohon. Miniatur rumah dan terowongan pohon ini pasti membuat anak senang sekaligus melatih ketangkasannya.

Tiket masuk: gratis.

4. Merasakan Gempa di Gedung Oval

Sumber: Shutterstock.com

Berikutnya ada gedung oval, gedung yang memiliki banyak zona keren. Memasuki gedung ini, pengunjung akan disambut akuarium setengah lingkaran. Isinya, ikan-ikan air tawar.

Puas mengamati gerak-gerik ikan, kamu bisa menuju zona cuaca, iklim & gempa bumi. Pengunjung akan merasakan simulasi gempa dengan 10 data gempa bumi di Indonesia. Salah satunya, gempa Jogja tahun 2006 lalu.

Zona ini dilengkapi pula dengan informasi soal gempa bumi dan tsunami. Penting lho sobat tiket memberi pembekalan tentang bencana pada anak. Jangan lupa singgah di zona kehidupan purba sesudahnya.

Anak-anak pasti suka melihat dua robot dinosaurus yang bisa menggerakkan kepala dan bersuara. Jangan ketinggalan juga melihat informasi interaktif dan replika manusia purba di zona ini.

Tiket masuk: zona peraga sains dan teknologi, untuk anak-anak Rp12 ribu dan dewasa Rp20 ribu*

5. Menonton Film Animasi di Zona Perpustakaan Taman Pintar

Si kecil enggak suka baca buku? Ayo melipir sejenak ke perpustakaan. Banyak koleksi buku di perpustakaan. Coba carikan buku yang sesuai minat atau biarkan anak belajar sains lewat film animasi. Bisa kok diakses dari beberapa komputer yang tersedia di perpustakaan.

6. Menyaksikan Demo Sains di Science Theater

Fasilitas ini merupakan gedung audiovisual berkapasitas maksimal 60 orang. Fungsinya untuk pemutaran film dan pertunjukan demo sains. Posisi science theater berada di sebelah perpustakaan Taman Pintar.

7. Menatap Langit Yogyakarta di Planetarium

Planetarium ini tak menampilkan pertunjukan bintang biasa lho. Tapi simulasi suasana langit Yogyakarta di malam hari termasuk benda angkasa yang ada. Wah!

Setelahnya, pengunjung akan disuguhkan film perjalanan manusia di Bulan. Anak pasti enggak akan rewel selama pertunjukan. Apalagi kursi penonton bisa direbahkan, nyaman banget.

Planetarium di Taman Pintar ini jadi yang pertama memakai proyektor digital di Indonesia. Setiap pertunjukan berdurasi 30 menit dengan kapasitas 50 orang. Total ada 4 jadwal pertunjukan di hari Selasa – Jumat, mulai pukul 09.30 dan 8 jadwal pertunjukan di hari Sabtu – Minggu, mulai pukul 08.45.

Tiket masuk: Rp22 ribu* per orang.

8. Serunya Berkreasi di Kampung Kerajinan

Sumber: Shutterstock.com

Tak hanya belajar sains aja, ada juga pilihan kegiatan seni yang seru di Taman Pintar. Pengunjung bisa membatik dan melukis kaos di Kampung Kerajinan. Tinggal pilih mau membatik di atas kayu atau kain. Khusus membatik, pastikan anak minimal berumur 8 tahun.

Si kecil yang belum cukup umur bisa melukis gerabah sampai bikin kreasi gerabah sendiri. Asyik kan bisa bawa pulang hasil kerajinan sendiri? Oh ya, sobat tiket juga bisa bikin kerajinan bareng anak, sekalian untuk melatih kekompakan keluarga.

Harga tiket: kreasi gerabah Rp13 ribu, lukis gerabah Rp15 ribu, kreasi batik Rp18 ribu, dan lukis kaos Rp45 ribu*

9. Bertualang di Gedung Kotak

Tak perlu ragu menginjakkan kaki di gedung kotak. Gedung ini punya pilihan aktivitas yang paling banyak dan sangat variatif.

Kamu bisa menonton siklus air dalam teater 4D, berlaga seolah pembawa berita TV, menjelajahi pabrik susu sampai berkenalan dengan teknologi populer dengan peraga andalannya yaitu virtual reality.

Mau bermain? Sobat tiket bisa bermain basket mini, nintendo mini hingga balap mobil di zona olahraga.

Beberapa zona lain yang tak boleh terlewatkan adalah melakukan percobaan sains di hand on science, melihat kekayaan seni Indonesia di zona Indonesiaku, melihat berbagai memorabilia termasuk peristiwa sejarah, dan masih banyak zona lainnya.

Tiket masuk: zona peraga sains & teknologi, untuk anak-anak Rp12 ribu dan dewasa Rp20 ribu. Ada tambahan biaya untuk beberapa aktivitas, mulai dari Rp10 ribu – Rp25 ribu*

Cara Menuju Taman Pintar Yogyakarta

Sumber: Shutterstock.com

Taman Pintar Yogyakarta buka dari Selasa – Minggu pukul 08.30 – 16.00. Taman yang sering dikunjungi para siswa ini beralamat di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta.

Letaknya sangat strategis, dekat dengan objek wisata lain seperti Museum Benteng Vredeburg yang hanya berjarak 500 meter dan Taman Budaya Yogyakarta yang jaraknya hanya sekitar 100 meter.

Soal transportasi, sobat tiket bisa menumpang Trans Jogja dan turun di halte Taman Pintar. Tinggal jalan kaki sekitar 100 meter, kamu sudah tiba di Taman Pintar.

Tapi kalau ribet karena liburan bareng anak-anak, alternatifnya sewa mobil aja di tiket.com. Prosesnya cepat dan tinggal tunggu supirnya datang.

Ayo Berwisata di Taman Pintar Yogyakarta

Rasanya sobat tiket dan keluarga butuh meluangkan waktu seharian kalau berencana mampir ke Taman Pintar. Untungnya Taman Pintar juga nyaman banget. Ada food court dan masjid pula. Pasti betah deh belajar di sini. Buat yang mau datang ke sini dari luar kota, bisa lho pesan tiket pesawat atau kereta di tiket.com. Ayo belajar sambil bermain di Taman Pintar.

*Harga saat artikel ini dibuat