, ,

Surabaya, Kota Segudang Makanan Lezat yang Memikat

Kita semua tidak bisa menyangkal lagi kalau Surabaya juga merupakan pusat kuliner yang memikat di kawasan Jawa Timur. Di kota yang mendapatkan julukan sebagai kota pahlawan ini kamu akan mendapatkan banyak sekali kuliner-kuliner legenda yang sayang jika dilewatkan ketika bertandang.
Oh ya, kalau Sobat Tiket kebetulan sedang ada flight ke Surabaya. Berikut ada beberapa rangkuman kuliner memikat dari Surabaya yang wajib dicoba satu per satu. Awas kepincut dan kepengin segera menyantap, ya!

1. Rujak Cingur Ahmad Jais
Ke Surabaya tanpa menyantap nikmatnya rujak cingur yang nikmat di Jalan Ahmad Rais akan membuat kamu rugi. Serius! Rujak asli Surabaya yang telah ada sejak puluhan tahun lalu ini akan membuatmu merasakan gurih, sedap, manis, dan pedas dari bumbu yang dibuat langsung oleh pemiliknya yang berusia 80-an tahun.

 

Rujak cingur Ahmad Jais
Via @hendrasudjianto https://www.instagram.com/p/-T3fVIRrVw/?tagged=rujakcingurahmadjais

 

Untuk masalah harga, rujak petis di Jalan Ahmad Jais, Surabaya ini memang sedikit mahal. Meski demikian, rasa nikmat yang diberikan tetap membuat puluhan orang setiap hari rela mengantre untuk menyantap satu piring rujak yang nikmatnya tidak akan habis meski sudah pulang dari Surabaya.

2. Nasi Cumi Waspada
Kalau di Yogyakarta terkenal dengan nasi kucingnya, Surabaya terkenal dengan nasi cuminya. Kalau kamu menyukai makanan dari cumi-cumi yang gurih ketika digoreng ini datanglah ke Jalan Waspada dekat Pasar Atom, Surabaya. Di tempat ini kamu akan mendapatkan warung yang selalu ramai 24 jam dan menyajikan menu cumi yang nikmatnya bisa membuatmu ingin tambah.

Nasi cumi waspada
Via @filipusverdi https://www.instagram.com/p/5J3iz3K8kF/?tagged=nasicumiwaspada

 

Satu porsi nasi cumi komplet biasanya berisi nasi putih hanya, cumi masak tinta yang nikmatnya bikin kamu selalu lapar, rempeyek udang, goreng paru, usus, tahu, dan telur. Kalau kamu lapar tengah malam di Surabaya, sudah tahu kan harus makan di mana? Yuph, nasi cumi waspada tempatnya.

3. Nasi Bebek Tugu Pahlawan
Kuliner legendaris lain yang tidak bisa dilepaskan dari Surabaya adalah nasi bebek Tugu Pahlawan. Kedai yang buka setiap pukul 18.00 hingga habis ini menyediakan menu nasi bebek yang enaknya jangan ditanya lagi. Kamu pasti ketagihan hingga rela antre selama berjam-jam untuk menikmati satu porsi nasi bebek yang sudah kondang ke mana-mana ini.

Nasi Bebek
Via @duniakulinersurabaya https://www.instagram.com/p/BEn88NXCUlz/?tagged=nasibebek

 

Sejak buka di sore hari, kedai bebek Tugu Pahlawan tidak pernah sepi pengunjung. Kalau kamu telat sedikit saja maka bakalan dapat antrean terbelakang. Kalau kamu kebetulan berada di Surabaya, kenapa tidak mencoba nikmatnya nasi bebek dengan sambal yang pedasnya sangat menendang mulut ini.

4. Lontong Balap Cak Gendut
Lontong Balap Cak Gendut sudah dibuka pertama kali pada tahun 1958 di Jl. Kranggan dekat bioskop Garuda. Setelah mengalami perjalanan panjang, kedai ini berpindah di Jl. Prof. Dr. Moestopo. Bagi warga Surabaya dan beberapa pencinta kuliner, kedai lontong balap Cak Gendut adalah legenda. Sejak puluhan tahun, kedai ini berhasil memuaskan semua pelanggan hingga selalu dicari sampai kapan pun.

lontong balap
Via @sarapansiangmalam https://www.instagram.com/p/BHpDEAdhM2H/?tagged=lontongbalap

 

Kalau kamu kebetulan berada di Surabaya, singgahlah ke kedai lontong balap Cak Gendut yang saat ini dikelola anaknya. Mengenai rasa, sejak puluhan tahun yang lalu tidak pernah berubah. Kamu tetap bisa menikmati cita rasa lontong balap yang autentik dan tiada duanya.

5. Pecel Semanggi
Kuliner unik yang sangat melegenda terakhir yang wajib kamu coba ketika berada di Surabaya adalah pecel semanggi. Makanan yang terbuat dari daun semanggi ini merupakan kuliner khas yang saat ini sudah mulai susah ditemui. Kamu hanya bisa menemui penjual pecel semanggi di Taman Bungkul dari ibu-ibu yang menggendong dagangannya.

pecel semanggi
Via @shofuhah https://www.instagram.com/p/xskxVgG7Zg/?tagged=pecelsemanggi

 

Saking langkanya pecel semanggi, banyak orang rela berburu ke Surabaya hanya untuk menikmati sajian yang Gubernur Jawa Timur saja suka. Ketika kamu berada di Surabaya, sempatkan berburu pecel semanggi yang dimakan dengan kerupuk puli yang gurih.

Gimana, Sobat Tiket? Sudah kepengin coba kuliner Surabaya yang nikmatnya tidak habis-habis di atas tidak? Yuk, terbang ke Surabaya dan nikmati semuanya hingga puas!