,

Menyusuri Suasana Pecinan di Chinatown Bandung

Berabad-abad lalu, Bangsa Tionghoa berlayar ke Indonesia sebagai pedagang. Hingga saat ini, kebudayaan peninggalan mereka masih dapat ditemui dalam bentuk seni pertujukan dan berbagai aspek lain.

Di Bandung, ada sebuah tempat wisata bernama Chinatown. Kalau sobat tiket berkunjung ke sini, suasana Negeri Tirai Bambu akan begitu terasa. Mau tahu bagaimana suasana di sini? Simak ulasan berikut ini, ya!

Mengenal Chinatown Bandung

Chinatown Bandung adalah tempat wisata dengan konsep khas pedesaan khas Tiongkok. Hal ini memang tidak heran, karena sebelumnya kawasan di sekitar adalah area pecinan Bandung.

Luas tempat wisata ini adalah 3.000 hektare dan dibuka untuk umum sejak Agustus 2017. Sebelum itu, di kompleks Chinatown Bandung sempat berdiri sebuah gedung milik yayasan dan kelenteng tertua bernama Satya Budhi.

Lokasi Chinatown Bandung

Chinatown Bandung berlokasi di Jl. Kelenteng nomor 41, Ciroyom, Andir District, Kota Bandung, Jawa Barat. Kamu tidak akan kesulitan menemukan tempat wisata ini, karena sangat strategis dan dekat dengan beberapa objek wisata lain.

Kalau sobat tiket sudah tiba di Alun-Alun Kota Bandung, ikutilah rute lurus di Jl. Sudirman. Setelah itu, kamu akan menjumpai perempatan Sudirman—Cibadak—Kelenteng, kemudian belok kanan.

Daya Tarik Chinatown Bandung

Atmosfer pedesaan Cina tempo dulu begitu terasa di tempat wisata ini, karena semua ornamen diperhatikan sedetail mungkin. Bahkan, saat imlek tiba, lampion akan semakin banyak dan dimanfaatkan sebagai sumber cahaya utama pada malam hari.

Salah satu ornamen khas di Chinatown Bandung adalah sepeda kumbang, karena merepresentasikan kegemaran Bangsa Tionghoa pada zaman dahulu dalam menggunakan alat transportasi ini sehari-hari.

Sepeda kumbang adalah sepeda kayuh kuno yang biasanya memiliki rangka berbentuk segitiga pada bagian depan. Selain itu, terkadang dilengkapi dengan mesin bertenaga dinamo untuk digunakan di waktu-waktu tertentu, misalkan ketika lelah mengayuh.

Aktivitas Menarik di Chinatown Bandung

Berkunjung ke Chinatown Bandung memang tidak lengkap rasanya kalau belum foto-foto. Karena, tempat wisata ini menawarkan berbagai keunikan dan sayang jika dilewatkan. Namun, ada aktivitas menarik lain untuk sobat tiket lakukan di sini. Apa sajakah itu?

Saat pertama kali memasuki Chinatown Bandung, sobat tiket akan menjumpai museum. Di sini kamu akan mempelajari tentang sejarah bagaimana Bangsa Tionghoa sampai di Indonesia dan berkembang menjadi populasi sampai saat ini. Selain menyenangkan ada edukasi juga ketika kamu berkunjung. Sebagai catatan, di sini kamu tidak boleh menyentuh barang-barang antik, cukup difoto saja ya!

Setelah sobat tiket melewati kawasan Mini Chinatown, kamu akan menjumpai Infinity Room. Tempat instagramable ini merupakan ruangan berbilik-bilik kecil dengan tema tertentu dan dikelilingi kaca di setiap sudut. Terdapat enam pembagian konsep dekorasi, meliputi: lampion galore, light matrix, movie clip tunnel, college well, sunflower, dan enchanted forest. Sementara itu, jembatan penyeberangan kecil berwarna merah menjadi titik favorit lain bagi pengunjung untuk berfoto.

Di kawasan Chinatown Bandung, terdapat sebuah kelenteng kuno berusia 130 tahun. Selain sebagai tempat ibadah, kamu bisa berkunjung ke sini untuk melihat-lihat. Jangan lupa perhatikan tata krama kamu ya, sobat tiket.

Ingin merasakan atmosfer lebih negeri tirai bambu dengan menjadi pangeran dan putri kerajaan Tiongkok? Bisa banget! Di sini pengelola menyediakan sewa kostum dengan harga dan paket yang bervariasi. Pengunjung akan merogoh kocek sekitar 50 ribu hingga 150 ribu untuk menyewa kostum. Tarif tersebut sudah termasuk cetak foto juga. Selain dalam bentuk kertas, kamu bisa mencetak hasil jepretan ke mug, puzzle, bahkan botol minum.

Kuliner di Chinatown Bandung

Chinatown Bandung tidak hanya memanjakan sobat tiket dengan tempat menarik, tetapi juga memiliki aneka kuliner. Di sini kamu bisa menemukan kuliner tradisional Bandung, Chinese food, dan Asian food. Kamu tidak perlu ragu untuk makan di sini, karena semua dijamin halal.

Area food court di Chinatown Bandung cukup luas. Kedai-kedai dicat dengan berbagai warna dan dipercantik oleh lukisan mural di dinding. Hiasan-hiasan lampu berbentuk seperti sangkar burung pun menambah kesan artistik pada area food court ini.

Khusus untuk pembayaran makanan di Chinatown Bandung, pengunjung tidak bisa menggunakan uang tunai, melainkan kartu debit, kredit, atau e-money Flazz. Harga makanan di sini cukup terjangkau, jadi tidak akan merogoh banyak bujetmu.

Fasilitas di Chinatown Bandung

Untuk menunjang kebutuhan kamu selama berkunjung ke sini, pengelola menyediakan berbagai fasilitas, seperti: toko oleh-oleh, taman bermain untuk anak, area duduk, dan tempat ibadah.

Berkunjung ke sebuah tempat tidak lengkap tanpa membeli oleh-oleh. Di dalam Chinatown Bandung, kamu bisa memilih aneka barang sebagai oleh-oleh seperti makanan, pakaian, aksesori, payung, sandal, dan pernak-pernik menarik lainnya. Saat berbelanja di sini, kamu akan mendapatkan pengalaman tersendiri berkat desain bangunan toko, sangat kental dengan gaya oriental.

Chinatown Bandung adalah tempat wisata ramah anak, karena menyediakan area bermain. Untuk bisa menggunakan fasilitas di sisi selatan ini, cukup membayar Rp35.000,-* tanpa batasan waktu. Salah satu wahana favorit di sini adalah memancing ikan dan gelinding bola.

Chinatown Bandung berada di lahan luas, sehingga memungkinkan kamu untuk merasa lelah. Di sini pengelola menyediakan banyak area duduk nyaman dan tetap instagramable, seperti di bagian tengah area objek wisata ini, dekat area food court, dan depan tempat bermain.

Bagi pengunjung muslim, terdapat musala di sebelah tempat bermain. Terdapat perpaduan dua budaya di sini yaitu, Arab dan Cina. Hal itu terasa berkat gaya arsitektur bangunan, warna-warna khas oriental, dan kaligrafi di sekitar musala.

Waktu Operasional dan Tiket Masuk

Chinatown Bandung dibuka setiap hari dengan pembagian jam operasional 10.00-21.00 WIB untuk Senin sampai Jumat, 10.00-22.00 WIB untuk Sabtu, dan 09.00-21.00 WIB untuk Minggu atau hari libur nasional.

Tiket masuk Chinatown Bandung sebesar Rp30.000* untuk hari biasa, akhir pekan, dan hari libur nasional. Selain mendapatkan bukti pembayaran, pengelola memberikan pin cantik untuk pengunjung sebagai kenang-kenangan.

Tips ke Chinatown Bandung

Di Chinatown Bandung terdapat banyak lampion, sehingga disarankan untuk berkunjung pada malam hari agar mendapatkan hasil foto yang semakin instagrammable. Persiapkan pula batrei kamera agar semakin dapat mengambil lebih banyak gambar, ya! Selain itu, lebih baik membawa kendaraan sendiri, atau menggunakan fasilitas sewa mobil menggunakan aplikasi tiket.com agar kunjungan kamu ke sini lebih mudah. Menyewa mobil di tiket.com pun menguntungkan, karena terdapat promo menarik serta bekerjasama dengan partner penyedia jasa terpercaya.

Apa Saja Tempat Wisata Budaya Lain di Bandung?

Menghabiskan waktu di Chinatown Bandung memang seru, kamu bisa merasakan atmosfer bak di Tiongkok. Namun, kebudayaan asli Indonesia pun tidak kalah menarik untuk dijadikan tema kunjungan wisata. Di Kota Kembang ini, ada beberapa rekomendasi wisata budaya di Bandung yang menarik untuk kamu kunjungi. Selamat menjelajah Chinatown Bandung, sobat tiket!

 

*harga saat artikel ini ditulis