,

5 Situs Warisan Dunia di Indonesia, Sungguh Indahnya!

Pernahkah sobat tiket menyadari betapa menakjubkannya bumi tempat kita tinggal ini? Tempat-tempat yang menyimpan pemandangan alam menakjubkan hingga peninggalan prasejarah, masih bisa kita temukan hingga sekarang. Ternyata, ada beberapa warisan dunia ini berlokasi di Indonesia. Di mana sajakah itu? Coba cek selengkapnya di sini!

Di Mana Sajakah Itu?

Tersebar di berbagai negara, ada banyak situs warisan dunia yang ditetapkan untuk dilindungi oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Tempat-tempat ini dianggap memiliki pengaruh besar keberadaannya untuk manusia dan harus dilestarikan untuk generasi masa depan. Berikut situs warisan dunia yang diresmikan UNESCO terletak di Indonesia:

1. Candi Borobudur

Situs warisan dunia pertama yang akan dibahas ini juga pernah menyandang status sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Merupakan salah satu monumen Buddha terbesar di dunia,  Candi Borobudur berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Banyak turis dari dalam dan luar negeri berkunjung untuk melihat candi ini secara langsung.

Tahukah sobat tiket, kalau pada Candi Borobudur terdapat kurang lebih 2.672* panel relief dan 504* arca tersusun rapi menghiasi sekeliling monumen ini? Dibangun sejak 770 Masehi, dengan memiliki detail arsitektur yang sangat detail, Candi ini dibangun sebagai tempat suci untuk para pemeluk agama Buddha. 

2. Taman Nasional Komodo

Apa yang pertama kali sobat tiket pikirkan jika mendengar nama hewan yang satu ini, Komodo? Merupakan salah satu fauna yang terancam punah, di Indonesia ada satu tempat yang kini menjadi habitat para Komodo. Taman Nasional Komodo terletak di kepulauan Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Didirikan sejak tahun 1980, taman ini dibuat sebagai upaya untuk melindungi Komodo dari kepunahan. Selain Komodo, juga terdapat beberapa jenis flora dan fauna lainnya yang ekosistemnya masih dijaga sampai sekarang. Karena keindahan alam serta sebagai habitat Komodo, pada tahun 1991 pihak UNESCO meresmikan taman ini menjadi salah satu warisan dunia. 

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Sama seperti sebelumnya, warisan dunia yang satu ini juga merupakan taman untuk habitat flora dan fauna yang terancam punah. Taman ini terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, berdekatan dengan Pulau Sumatra. Salah satu fauna yang populasinya terancam punah dan hidup di sini adalah Badak Bercula Satu.

Dahulu, taman ini pada awalnya merupakan daerah pertanian dan ditinggali oleh penduduk sekitar. Namun, pada tahun 1883 terjadi letusan Gunung Krakatau yang menghancurkan tempat ini. Setelah bencana alam tersebut, pemerintah memutuskan untuk mengubah kembali kawasan ini menjadi hutan. 

4. Subak

Berbeda dengan ketiga tempat sebelumnya, kali ini situs warisan dunia bukanlah benar-benar sebuah tempat melainkan sebuah organisasi kemasyarakatan khusus di Bali. Mereka mengatur kelancaran irigasi atau pengairan air di sawah-sawah untuk para petani. 

Biasanya pada Subak, terdapat Pura yang dinamakan Pura Uluncarik atau Pura Bedugul. Pemilik lahan membangunnya diperuntukkan untuk Dewi Sri yang merupakan Dewi Kemakmuran dan Kesuburan. Orang yang mengatur subak biasanya merupakan pemuka adat atau Pekaseh yang berprofesi sebagai petani juga.

5. Candi Prambanan

Sudah pasti sobat tiket tidak asing dengan candi yang satu ini, bukan? Yup, merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan juga termasuk salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Bangunan megah ini terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dibangun sekitar 850 tahun masehi, candi ini juga menjadi daya tarik para wisatawan dari mancanegara selain Borobudur. UNESCO menetapkan Candi Prambanan sebagai salah satu warisan dunia yang dilindungi. Bahkan beberapa bagian dilakukan pemugaran akibat kerusakan oleh Gempa pada tahun 2006.

Ayo ke Sana, sobat tiket!

Beberapa karya seni di atas memang patut dilindungi agar generasi masa depan bisa melihat betapa indahnya peninggalan manusia era dahulu. Selain beberapa tempat di atas, ada juga tempat bersejarah di Indonesia yang tidak kalah indahnya, sobat tiket!

Punya rencana melihat langsung beberapa tempat di atas? Kamu bisa mulai dengan cari tiket pesawat atau tiket hotel dulu dengan tiket.com. Ada banyak promo keren yang bisa sobat tiket pilih untuk liburan. Ayo lestarikan terus budaya Indonesia, sobat tiket! 

*jumlah saat artikel ditulis