liburan ke samosir

, ,

Samosir, Keindahan di Sumatera Utara yang Wajib Kamu Kunjungi

Jika kamu berimajinasi akan sebuah tempat yang anggun nan damai, dengan banyak pemandangan alam yang membuatmu tenang, maka Sumatera Utara punya jawabannya. Sumatera Utara itu punya segudang alasan untuk membuatmu lepas dari rasa frustrasi. Mulai dari duren yang nikmat, hingga kebudayaan yang unik, Sumatera Utara punya segalanya.

Toba dan Samosir adalah salah satu alasan yang cukup kuat untuk setidaknya membuatmu memesan tiket pesawat ke Medan. Terletak sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Medan, Pulau Samosir punya banyak destinasi keren yang wajib kamu kunjungi.

1. Pulau Tulas
Pulau Samosir yang dikelilingi oleh Danau Toba yang konon adalah danau terluas di Asia Tenggara, memang mampu membuat kita takjub. Apalagi danau ini punya banyak pulau-pulau kecil selain Samosir yang tidak kalah indah.

Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Tulas. Daratan kecil ini memang punya keindahan tersendiri. Jika kamu pernah ke Pulau Komodo atau Nusa Tenggara, pemandangan di daratan ini tidak kalah indah dengan kedua pulau tersebut. Namun, tetap saja, Pulau Tulas punya kenyamanan yang rasanya sulit kamu temukan di tempat lain.

2. Air Terjun Efrata
Dalam Alkitab dan cerita umat Kristiani, Efrata adalah nama lama dari sebuah kota indah yang sekarang disebut Bethlehem. Kota tersebut dikenal sebagai kota yang nyaman dan damai.

Mungkin bisa jadi keindahan itu pula yang menginspirasi nama air terjun ini. Kesegaran, kenyamanan, dan kedamaian bisa kamu dapatkan di air terjun yang berlokasi hanya sekitar 20 Km dari pasar Kota Samosir, atau sekitar 15 menit berkendara. Di sini, kamu juga bisa melihat keindahan Toba dari ketinggian.

 

3. Gunung Toba
Gunung Toba memang tidak setinggi Semeru atau Rinjani, namun kamu bisa menemukan pengalaman yang tidak akan membuatmu menyesal.

Gunung Toba menyajikan pemandangan kawasan Danau Toba yang luas dari ketinggian. Bahkan, setiap langkah yang kamu daki di gunung ini selalu menyajikan keindahan yang akan sulit kamu lupakan. Nikmati semua keindahan alam gunung ini mulai dari lembah, belantara, hingga hamparan perairan tawar, semuanya memesona deh.

4. Huta Bolon
Jika kamu ingin menyaksikan keindahan alam tanah Batak sambil mempelajari asal-usul Suku Batak, maka Museum Huta Bolon adalah tempat yang tepat.

A post shared by Jelita Permata (@jeleetah) on

Masih terletak di kawasan Toba dan Samosir, Huta Bolon menyajikan berbagai jejak leluhur Suku Batak. Warisan Raja Sidauruk ini telah lama menjadi tempat menyimpan berbagai benda bersejarah, termasuk juga rumah adat yang khas. Lapar setelah belajar sejarah? Kamu bisa lanjut memanjakan perut dengan menikmati kuliner sekitarnya. Ada Sekapur Sirih Restaurant yang jaraknya sekitar 7 km dari Huta Bolon.