,

Apa Itu Duty Free? Cari Tahu di Sini, dan Simak Tips Belanja di Duty Free Ini Ya!

Tips Belanja di Duty Free – Bepergian ke luar negeri memang tidak lengkap jika tidak membeli barang yang hanya ada di negara tersebut saja. Bahkan, seringkali kamu akan terpikirkan untuk membeli sejumlah oleh-oleh khas negara tersebut.

Harga yang mahal dan takut terkena pajak memang menjadi pertimbangan bagi siapapun yang ingin berbelanja di luar negeri. Soal oleh-oleh, kamu yang bepergian dengan bujet apa adanya pasti punya banyak pertimbangan kan, sobat tiket?

Namun ternyata, ada cara yang menguntungkan lho untuk kamu yang mau belanja di luar negeri dengan harga terjangkau dan bebas pajak! Yup, Duty Free adalah jawabannya! Kamu sudah pernah dengar belum? Atau bahkan sudah pernah belanja di sana? Untuk sobat tiket yang masih belum familiar dengan Duty Free, berikut ini tiket.com kasih penjelasannya!

Pengertian Duty Free dan Tips Belanjanya

Duty Free adalah toko yang menjual barang-barang bebas pajak yang biasanya terdapat di area keberangkatan internasional. Bukan hanya di bandara internasional saja, lho. Namun toko dengan lambang Duty Free juga bisa dijumpai di pelabuhan, stasiun kereta dan terminal bus antar negara.

Barang-barang yang bisa kamu temui di Duty Free biasanya meliputi barang elektronik, parfum dan kosmetik, minuman beralkohol dan rokok, makanan dan minuman, hingga pakaian dengan merk terkenal.

Dengan label bebas pajak dari pemerintah setempat, tentu harga-harga yang dibanderol pun akan lebih murah dari harga pasaran ya, sobat tiket. Tentu hal ini bisa menjadi pertimbangan terbaik jika kamu ingin membeli barang yang hanya terdapat di negara tersebut, atau sekedar menghabiskan sisa mata uang.

Namun, perlu kamu ketahui nih, sobat tiket, Kalau masing-masing negara memiliki peraturan yang berbeda-beda, begitu juga saat kamu kembali ke Indonesia. Akan ada maksimal bea masuk dari barang impor yang kamu bawa. Hingga saat ini, pemerintah menetapkan bea masuk barang impor maksimal USD 500 per orang.

Jadi, pastikan kamu tidak membawa barang lebih dari jumlah yang ditentukan ya, sobat tiket, jika tidak ingin kena pajak impor.

5 Tips Belanja di Duty Free, Belanja Jadi Santuy!

Sobat tiket belum pernah belanja di Duty Free? Saat ke luar negeri, kamu akan dengan mudah menemukan toko dengan logo Duty Free terpampang jelas di bandara, terminal, hingga stasiun kereta api dengan jurusan antar negara.

Nah, jika kamu masih bingung bagaimana cara belanja di Duty Free ini, berikut tiket.com berikan tips nya untuk membantu kamu, sobat tiket. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Bawa Boarding Pass dan Paspor

Sebelum kamu belanja di Duty Free, pastikan kamu membawa serta paspor dan boarding pass ya, sobat tiket. Karena, syarat untuk bebas pajak untuk belanjaan kamu di Duty Free adalah dengan menunjukan kedua dokumen tersebut.

Penting untuk kamu ketahui, belanja di Duty Free hanya bisa dilakukan untuk kamu yang akan melakukan perjalanan pulang dari negara yang kamu kunjungi. Nah, untuk mengisi waktu menunggu boarding, kamu bisa melihat-lihat berbagai macam barang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh juga deh, sobat tiket.

2. Perhatikan Batas Maksimal Bea Masuk di Negara Tujuan

Nggak boleh sampai terlupa atau bahkan tidak mencari tahu ya sobat tiket. Untuk setiap barang impor yang masuk ke dalam suatu negara, tentu memiliki peraturan yang berlaku. Termasuk soal bea masuk barang impor.

Tips belanja di Duty Free ini harus kamu perhatikan sebelum “kalap” dengan berbagai pilihan barang dengan harga yang murah. Karena, untuk Indonesia sendiri bea masuk barang impor maksimal adalah USD 500 atau sekitar Rp 7 jutaan per orangnya.

Jadi, kalau barang yang kamu beli memiliki harga lebih dari yang ditetapkan, maka kamu harus membayar pajak barang impor.

3. Bandingkan dengan Harga Asli

Tidak selalu barang yang dijual di Duty Free memiliki harga yang lebih murah ya, sobat tiket. Untuk itu, kamu harus banget mencari tahu harga asli dari setiap barang yang ingin kamu beli. Dengan begitu, kamu bisa membandingkannya deh. Apakah barang yang ingin kamu beli tersebut benar-benar murah, atau bahkan sama saja.

Jangan sampai terjebak dengan harga yang kamu kira murah ya, sobat tiket! Karena untuk beberapa jenis barang, Duty Free justru membandrol dengan harga yang lebih mahal.

4. Bonus untuk Pembelian Jumlah Tertentu

Siapa sih yang tidak suka dengan bonus? Tentunya tidak ada ya, sobat tiket. Nah, saat belanja di Duty Free, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menerima bonus dari total belanjaan tertentu lho.

Kalau kamu berniat untuk membeli barang dalam jumlah banyak, tidak perlu sungkan untuk menanyakan kepada petugas di toko tersebut mengenai bonus apa yang akan kamu dapatkan. Terlebih untuk sobat tiket yang akan membeli produk kosmetik dan parfum.

Biasanya, kamu akan mendapatkan produk sampel dari beberapa jenis kosmetik, ataupun vial parfum yang lumayan banget tentunya!

5. Pre-Order Barang Secara Online

Takut tidak ada waktu untuk berkeliling bandara dan membeli beberapa barang yang kamu incar? Nggak perlu khawatir, sobat tiket! Karena kamu bisa ikut pre-order secara online barang-barang yang ingin kamu beli saat di negara yang kamu tuju.

Namun, untuk bisa ikut pre-order Duty Free ini, ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan, sobat tiket. Sedangkan untuk barang pre-order hanya bisa diambil di Lotte Duty Free Airport Shop.

Ayo beli tiket pesawat di tiket.com untuk mendapatkan pengalaman terbang dengan harga terjangkau ke negara atau kota tujuan kamu. Nikmati belanja seru di Duty Free di negara tujuan kamu.