Olahan Daging Sapi Khas Indonesia - Featured Image

,

7 Olahan Daging Sapi Khas Indonesia, Mau Nyicip?

Kamu sedang mencari ide olahan daging sapi yang bisa dihidangkan untuk keluarga di rumah? Atau kamu sedang mencari ide wisata kuliner yang bisa dicicipi saat jalan-jalan? Beruntung banget deh, Sobat Tiket. Nyatanya, Indonesia punya banyak kuliner olahan daging sapi yang bisa kamu cicipi di berbagai daerah di penjuru nusantara.

Kalau kamu ingin tahu apa aja menu dengan bahan dasar daging sapi yang bisa kamu cicipi, simak deh 7 ide menu berbahan dasar daging sapi khas Indonesia yang super sedap di bawah ini.

7 Aneka Olahan Daging Sapi Khas Indonesia

  1. Rawon

Jika kebetulan kamu sedang jalan-jalan ke berbagai daerah di Jawa Timur seperti Malang, Surabaya, atau lainnya, kamu harus banget mencicipi olahan daging sapi khas Indonesia yang satu ini. Yap, rawon!

Olahan Daging Sapi Khas Indonesia - Rawon

Rawon telah menjadi salah satu resep olahan daging sapi berkuah yang banyak digemari semua kalangan. Olahan daging sapi berkuah yang istimewa ini memiliki kuah kehitaman yang dihasilkan dari campuran kepayang (keluak) dengan rempah-rempah. Rasanya jangan ditanya, Sobat Tiket. Mantep banget! Beberapa tempat makanrawon yang legendaris adalah Rawon Setan Mbak Endang di Surabaya dan Rawon Nguling yang bisa kamu temukan di Malang dan sekitarnya.

  1. Daging Belancang

 

Olahan Daging Sapi Khas Indonesia - Daging Belancang

Ada rencana berwisata ke Nusa Tenggara Timur? Sepertinya kamu wajib banget buat memasukkan daging belancang sebagai salah satu menu kuliner yang wajib kamu cicipi saat berada di NTT. Resep olahan daging sapi khas Indonesia ini dibuat dari daging khas dalam dengan campuran cabai, terasi, gula merah, bawang, dan aneka bumbu lainnya. Kamu mau nyoba icip-icip menu lezat dengan bahan dasar daging sapi yang satu ini juga, Sobat Tiket?

  1. Sop Buntut

Olahan Daging Sapi Khas Indonesia - Sop Buntut

Resep olahan daging sapi ketiga yang harus kamu cicipi kelezatannya adalah Sop Buntut. Sensasi sedapnya daging sapi yang juicy dengan kuah asam-pedas pasti bisa bikin kamu ketagihan banget. Kuliner daging sapi berkuah ini bisa jadi andalan kamu kalau kebetulan belum punya ide buat wisata kuliner pas liburan atau pas weekend. Mau?

  1. Dendeng Balado

 

Olahan Daging Sapi Khas Indonesia Dendeng Balado

Biasanya, dendeng sapi jadi salah satu olahan daging sapi andalan untuk masyarakat Indonesia setelah Idul Adha. Salah satu varian menu dari daging sapi yang berupa dendeng adalah dendeng balado. Dendeng balado adalah olahan daging sapi khas Sumatera Barat berupa daging kering dengan bumbu balado alias cabai merah. Selain dendeng balado, ada juga dendeng batokok yang diolah dengan bumbu cabai hijau. Kira-kira kamu lebih tertarik buat mencicipi yang mana nih, Sobat Tiket?

  1. Coto Makassar

Salah satu juaranya olahan daging sapi berkuah khas Indonesia adalah Coto Makassar. Coto Makassar yang juga disebut sebagai Coto Mangkasara ini wajib banget buat dicicipi oleh para penyuka jeroan alias isi perut sapi.

Olahan Daging Sapi Khas Indonesia - Coto Makassar

Konon kabarnya, dahulu Coto Makassar hanya dihidangkan untuk para anggota keluarga Kerajaan Gowa. Sekarang, siapa pun bisa mencicipi lezatnya Coto Makassar sebagai salah satu menu andalan pas berwisata kuliner. Mau coba?

  1. Sate Maranggi

Olahan Daging Sapi Khas Indonesia - Sate Maranggi

Jalan-jalan ke Jawa Barat, khususnya ke Purwakarta dan sekitarnya? Kalau gitu, jangan lupa buat mencicipi lezatnya sate maranggi sapi khas Purwakarta. Berbeda dengan sate pada umumnya yang disajikan dengan siraman bumbu kecap atau kacang, sate maranggi sapi khas Purwakarta ini disajikan tanpa bumbu pendamping. Kelezatan bumbu sate maranggi ini didapatkan melalui proses perendaman dengan bumbu saat daging dimasak. Unik, ya?

  1. Empal Gentong

Makanan tradisional dengan bahan dasar daging sapi khas Indonesia selanjutnya yang wajib kamu coba adalah empal gentong khas Cirebon. Menu makanan khas Indonesia dengan bahan daging sapi ini biasanya disajikan dengan nasi hangat atau lontong.

Olahan Daging Sapi Khas Indonesia - Empal Gentong

Sekilas, empal gentong ini cukup mirip dengan gulai sapi. Yang membuat unik, empal gentong ini dimasak di dalam periuk tanaah liat. Isinya daging sapi, babat, dan usus sapi yang juicy. Sekali mencoba, kamu pasti ketagihan dengan citarasa empal gentong yang lezat banget ini. Tertarik mencoba, Sobat Tiket?

Wisata kuliner khas Indonesia memang seru. Apalagi banyak menu unik yang bisa kamu cicipi di berbagai penjuru nusantara. Menu daging sapi yang enak dan lezat ini juga bisa kamu coba untuk dimasak sendiri di rumah. Tentu aja, seluruh keluarga kamu pasti bakal suka karena 7 resep olahan daging sapi di atas memang mantap dan lezat banget.

Nah, kalau kamu lebih suka icip-icip di luar sambil jalan-jalan, kamu juga bisa melakukannya bareng teman atau keluarga tercinta kamu, Sobat Tiket. Pesan aja sewa mobil di tiket.com biar kamu nggak perlu capek-capek nyetir sendiri buat menuju ke lokasi wisata kuliner yang kamu incar.

Baca juga 10 oleh-oleh khas Surabaya yang enak dan murah buat referensi kuliner lainnya.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!