Transportasi Indonesia
Transportasi Indonesia

, , ,

Nikmati Indonesia dengan Transportasi Ini

Ada banyak cara untuk menikmati indahnya alam atau kota  Indonesia. Salah satunya adalah dengan menggunakan kendaraan-kendaraan unik yang berbeda di setiap daerahnya. Transportasi unik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pejalan yang ingin menikmati indahnya alam atau kota di Indonesia dengan cara yang berbeda. Apa saja kendaraan tersebut, berikut ini daftar kendaraan yang dapat Anda coba.

  1. Kembali ke masa silam dengan kereta uap Ambarawa

Kereta Api Uap Ambarawa
via Kompas.com

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Museum Stasiun di Ambarawa tanpa menikmati romantisme masa silam bersama kereta uap yang berumur ratusan tahun. Disini Anda dapat menikmati perjalanan kereta uap sejauh 12 kilometer. Berangkat dari Stasiun Ambarawa hingga Stasiun Tuntang wisata kereta uap hanya beroperasi dua kali dalam satu hari, yaitu pukul 11.00 dan pukul 14.00. Datanglah lebih pagi untuk mendapatkan tiket perjalanan kereta uap tersebut.

  1. Menunggangi Delman di Malioboro

Delman Malioboro
via Panoramio.com

Sudah pernah naik becak di Malioboro? Kini saatnya  Anda menikmati Malioboro dengan menggunakan delman atau andong. Kendaraan khas yang memiliki kesamaan di beberapa daerah di belahan Indonesia lainnya. Temukan berbagai tempat menarik yang belum pernah Anda temui sebelumnya bersama kusir yang merangkap sebagai pemandu wisata. Mulai dari pabrik pembuatan bakpia hingga kerajinan batik di ada di sekitar Malioboro. Jangan sungkan untuk menawar berapa harga yang harus dibayarkan untuk berkeliling Malioboro.

  1. Berlayar dengan Phinisi Labuan Bajo

via Tripadvisor.com
via Tripadvisor.com

Phinisi telah lama menjadi kebanggaan Indonesia. Jenis perahu yang sudah ada sejak abad ke 16 ini kini  dapat Anda nikmati untuk berlayar di perairan Pulau Komodo. Ada berbagai jenis paket wisata yang ditawarkan mulai dari paket keluarga, honeymoon hingga pergi bersama teman-teman. Paket wisata ini akan mempengaruhi kegiatan apa saja yang bisa Anda nikmati. Jelajah  antar pulau hingga kegiatan snorkling adalah beberapa jenis kegiatan yang dapat dinikmati. Anda juga dapat menentukan jenis perahu phinisi mana yang dipilih, mulai dari banyaknya kamar, fasilitas ac hingga kamar mandi yang bersih lengkap dengan shower, serta makanan sehat, halal dan lezat.

  1. Keliling Pematangsiantar naik Bentor

Bentor Siantar
via Picsant.com

Inilah Becak Motor khas Pematangsiantar, atau lebih dikenal dengan bentor. Tidak hanya Pematangsiantar, bentor juga menghiasi kota-kota lainnya di Indonesia seperti, Medan, Gorontalo dan Yogyakarta. Bedanya, beberapa bentor di Pematangsiantar digerakkan oleh motor besar tua bermesin 350ccc hingga 500cc. Motor-motor bermesin besar seperti BSA, Triumph, Northon hingga Harley Davidson  rata-rata memiliki usia 60 tahunan dengan pembuatan mulai tahun 1941, 1948, 1952 dan 1956. Bentor Pematangsiantar adalah salah satu situs purbakala yang harus dilindungi dan wajib dilindungi pemerintah.

  1. Bersepeda di Gili Trawangan

via Tempo.co
via Tempo.co

Hanya ada dua kendaraan yang dapat Anda pilih untuk menikmati hembusan angin pantai Gili Trawangan, antara cidomo (sejensi andong) atau sepeda. Bagi yang ingin sedikit berkeringat, Anda dapat menggunakan sepeda yang banyak disewakan oleh penduduk lokal seharga Rp. 75.000 untuk seharian penuh. Anda juga dapat menawar lho untuk mendapatkan harga terbaik. Bersepeda di Gili Trawangan tidak akan membuat Anda sesak, karena di Gili Trawangan kendaraan bermotor tidak di ijinkan untuk berlalu lalang.

Jadi sudah pernah menggunakan kendaraan unik yang mana?