, ,

Nias, Mutiara Sumatra dengan Deretan Pantai Bening Memesona

Sumatera dan sekitarnya memang masih menyimpan banyak pesona. Namun ada satu pesona yang khas, yang tidak akan mudah untuk dilupakan. Keindahan itu ada di sisi barat Sumatera, keindahan itu bernama Nias. Nias, sebuah pulau kecil di pesisir barat Sumatra ini memang menyimpan banyak sekali pesona. Selain kebudayaan suku Nias yang sangat mengagumkan, pulau ini juga memiliki segudang destinasi wisata yang sangat menarik terutama pada sektor pantai dan juga kawasan pesisir. Nias memiliki banyak sekali pantai bening yang sanggup membuat Sobat Tiket tidak tahan untuk segera menceburkan diri.

Pantai di kawasan Nias rata-rata masih perawan. Beberapa mungkin sudah dikelola namun masih mempertahankan keaslian dari alamnya. Oh ya, kalau kamu ingin merasakan sensasi terjun ke pantai yang bening, snorkeling, dan menikmati suasana pantai tropis yang sangat memikat, datanglah ke lokasi-lokasi di bawah ini.

1. Pantai Soraoke dan Pantai Lagundri
Pantai Soraoke dan Pantai Lagundri terletak bersebelahan. Keduanya memiliki potensi yang sangat besar terutama pada kualitas ombaknya. Di kedua pantai ini, ombak lautnya sangatlah tinggi dan datang berkali-kali. Tidak perlak, kawasan ini kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata untuk berseluncur dari satu ombak ke ombak lain yang datang silih berganti.

pantai Soraoke
Pantai Soraoke. Via https://ksmtour.com/media/images/articles11/pantai-sorake-sumatera-utara.JPG

 

Kemolekan ombak dari Pantai ini ternyata diminati oleh banyak sekali turis dunia. Mereka rela datang jauh-jauh hanya untuk menikmati sensasi ombak pantai ini konon bisa menjadi puluhan meter. Pasca tsunami tahun 2004 silam, Soraoke dan Lagundi sempat meredup, namun sekarang sudah bangkit lagi dengan ratusan turis asing datang untuk menantang ombak.
2. Pantai Gawu Soyo
Pantai Gawu Soyo memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pantai lain di Pulau Nias. Di sini, kamu akan mendapatkan paris pantai yang berwarna merah degan tekstur lembut. Jika dilihat dari kejauhan, tempat ini terlihat sangat menawan dengan panjang garis pantai sejauh 1 kilometer membentang dari ujung ke ujung.

Gawu Soyo
Via http://www.lihat.co.id/wp-content/uploads/2016/07/Pantai-Gawu-Soyo.jpg

Gawu Soyo terletak di Desa Ombololata, Alfulu, Nias Utara. Untuk sampai di sini, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan menembus hutan yang masih lebih. Tapi jangan khawatir, semua usaha dan rasa capek yang kamu rasakan akan terbayar lunas dengan keindahan pantai yang sangat luar biasa ini.
3. Pantai Tureloto
Berbeda dengan dua pantai yang telah disebutkan sebelumnya. Pantai Tureloto memiliki keunikan tersendiri yang sudah disamai oleh pantai lain. Di sini, kamu akan menemukan pantai dengan air laut yang super biru serta tidak ada ombak yang besar. Seharusnya kawasan ini memiliki ombak yang besar, namun gugusan karang di seberang lautan membuat arus di kawasan ini sangat tenang dan nyaman untuk berenang.

Pantai Tureloto
Via http://infiapedia.com/upload/media/entries/2016-05/17/55-0-b48f22ea708038469ea94e27a4c3df05.jpg

Pantai yang terletak di Nias Utara ini memiliki deretan batu dengan bentuk otak manusia. Tidak heran, batu itu dijuluki sebagai batu otak. Selanjutnya, kandungan garam di pantai ini juga sangat tinggi. Siapa saja yang berenang di sini akan mudah terapung sehingga jarang sekali ada kasus orang tenggelam. Kejadian ini nyaris sama dengan danau laut Kaspia yang ada di kawasan Yordania.
4. Pantai Pulau Asu
Setelah mengelilingi kawasan pantai Pulau Nias, sekarang saatnya mengunjungi pulau kecil yang terletak tidak terlalu jauh dari daratan utama. Nama pulau itu adalah Pulau Asu dan masih tergabung dalam deretan Kepulauan Hinako. Di pulau ini, kamu bisa menemukan banyak hal menarik mulai dari pulau yang masih sangat alami hingga pantai yang sangat menawan keindahannya.

Pulau Asu
Via http://4.bp.blogspot.com/-U6JGhWZgkrw/VCKJkE2O7SI/AAAAAAAAADE/Hy5hZQjUBhI/s1600/DSC_1253.JPG

Pantai di Pulau Asu sangatlah biru dengan ombak yang tidak terlalu besar. Di tempat ini, kamu bisa kamping di sepanjang pulau, berenang, snorkeling, hingga diving yang tentu saja sangat seru. Di kawasan ini, lautnya masih sangat alami sehingga biota laut di dalamnya masih lengkap.

5. Pantai Pulau Hinako
Jika pantai Tureloto dikenal karena memiliki kadar garam sangat tinggi, maka pantai di Pulau Hinako memiliki pesona berupa ikan yang sangat melimpah. Ya, kawasan pantai ini selalu dijadikan sebagai destinasi yang sangat menarik bagi siapa saja yang ingin menantang ikan yang konon memiliki kekuatan besar dan membuat pemancing kewalahan.

Pulau Hinako
Via http://pinouva.com/wp-content/uploads/2015/11/DSC_8340.jpg

 

Selain digunakan sebagai kawasan memancing, pantai di pulau ini juga kerap digunakan sebagai tempat snorkeling. Air yang sangat jernih serta biru membuat siapa saja betah untuk menikmati pemandangan bawah lautnya. Kamu pasti ketagihan dan enggan pulang jika sudah sampai di Pulau Hinako ini.

Masih ragu buat bertandang ke Nias? Liburan nanti, yuk get lost di Pulau Nias sampai kamu benar-benar puas. Berani?