,

Beberapa Penerbangan Pindah ke Bandara Halim

Bandara Halim Tak Bebas Delay

Tamu Negara dan aktivitas TNI Angkatan Udara tetap diprioritaskan di Halim Perdanakusuma, meski bandara itu mulai besok melayani penerbangan komersial berjadwal. Karena itu, pemerintah meminta masyarakat maklum bila sewaktu-waktu jadwal penerbangan komersial mengalami keterlambatan (delay). “Namun, tentu itu diantisipasi dengan sosialisasi sebelumnya kepada maskapai dan penumpang,” ujar Menteri Perhubungan EE Mangindaan seusai meninjau kesiapan pengoperasian Bandara halim untuk melayani penerbangan komersial di Jakarta kemarin. Bandara Halim Perdanakusuma belum permanen ditetapkan sebagai bandara komersial. Kementrian perhubungan masih akan melakukan evaluasi dalam satu tahun ke depan. “Sebab membuat Halim sebagai bandara komersil itu juga ada aturannya, terutama koordinasi dengan TNI AU,” kata Mangindaan. Dia mengatakan, Kementrian Perhubungan memiliki tiga tahapan rencana dalam mengatasi kepadatan di Bandara International Soekarno-Hatta. Pertama, rencana jangka pendek membuka Bandara Halim Perdanakusuma untuk melayani penerbangan regular melalui pengalihan penerbangan maskapai yang memiliki frekuensi penerbangan tinggi di Bandara Soekarno-Hatta. (SINDO, 9 Januari 2014)

Telah dipastikan dan ditentukan tanggal 10 Januari 2014 beberapa penerbangan komersial akan pindah ke Bandara Halim Perdanakusuma, berikut daftar penerbangan yang ada di Tiket.com pindah ke Bandara Halim Perdanakusuma :

CITILINK

Rute-Rute Citilink Yang melalui Bandara Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP)

1. Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP) Ke Palembang (PLM) Departure 16.45
Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP) Ke Palembang (PLM) Departure  18.20

2. Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP)  Ke Jogjakarta (JOG) Departure 11.20
Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP)  Ke Jogjakarta (JOG) Departure 13.20
Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP)  Ke Jogjakarta (JOG) Departure 19.50

3. Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP)  Ke Semarang (SRG) Departure 09.55
Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP)  Ke Semarang (SRG) Departure 14.50

4. Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP) Ke Malang (MLG) Departure 07.30

*Jika ada perubahan akan di kabarkan secepatnya

Untuk mendukung pengoperasian bandara ini, Kementerian Perhubungan akan menyediakan bus bandara Damri. Tarif bus bervariasi tergantung titik keberangkatan. Berikut tarif layanan bus Damri ke Bandara Halim Perdanakusuma:

  1. Dari Cengkareng/ Bandara Soekarno-Hatta (Rp 30.000)
  2. Dari Rawamangun (Rp 20.000)
  3. Dari Gambir (Rp 25.000)
  4. Dari Bekasi (Rp 25.000)
  5. Dari Bogor (Rp 30.000)
  6. Dari Depok (Rp 30.000)
  7. Dari Pulogebang (Rp 25.000)

Bosan karena pesawat delay? Ada 6 Tips menyenangkan untuk atasi kebosanan saat penerbangan Anda Delay

Menelpon
Hal pertama yang sering diandalkan orang untuk membunuh waktu luang adalah, menelpon. Ya, berkomunikasi via telepon bisa dijadikan pilihan dengan tujuan bermacam-macam. Misalnya saja, untuk menghubungi pacar ataupun sahabat Anda. Biasanya, ketika mengobrol di telepon dengan seseorang, waktu akan berlalu dengan cepatnya. Banyaknya layanan aplikasi berkirim pesan belakangan ini, juga bisa membantu saat penerbangan Anda delay.

Menyortir Surat Elektronik
Bila pada hari-hari biasa Anda tidak sempat menyortir email pribadi, maka penerbangan delay adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk membuka surat elektronik yang selama ini kerap diabaikan. Andalkan bantuan Smartphone atau tablet, yang setia menemani Anda kemana-mana. Hapus spam dan inbox yang sudah tidak diperlukan lagi, atau menjawab email yang terlewatkan atau baru masuk.

Membaca
Bila Anda hobi membaca, biasanya Anda sudah menyiapkan beberapa buku dan novel kesayangan di dalam tas. Daripada Anda terpancing emosi karena pemberitahuan delay hingga dua jam atau bahkan lebih, lebih baik alihkan perhatian Anda dengan membaca buku. Selain itu, koran ataupun majalah yang tersedia di ruang tunggu bandara juga bisa Anda manfaatkan untuk menunggu pesawat Anda siap.

Menonton Film
Tidak terlalu suka membaca? Anda masih bisa mengisi waktu menunggu dengan menonton beberapa koleksi film favorit di gadget kesayangan. Durasi film yang lumayan panjang (biasanya berkisar 2 hingga 3 jam), cukup untuk menghabiskan waktu menunggu Anda di bandara.

Dengarkan Musik
Inilah pentingnya membawa sejumlah gadget saat bepergian kemana saja. Di saat menunggu tak pasti seperti ini, banyak hal yang bisa dilakukan bersama gadget kesayangan. Putar beberapa trek lagu kesayangan sebagai hiburan. Akan semakin lengkap, bila Anda mendengarkan musik sambil menghabiskan buku ataupun bermain game di gadget Anda.

Menikmati Fasilitas Bandara
Di beberapa bandara besar, terdapat sejumlah fasilitas yang bisa Anda manfaatkan untuk menghabiskan waktu menunggu. Seperti kursi pijat, televisi dengan berbagai saluran, wi-fi, hingga komputer dengan layanan internet gratis. Apalagi bila Anda member sebuah penerbangan, tentunya akan ada banyak fasilitas yang sengaja disediakan untuk dapat digunakan para penumpangnya.