,

Merpati Kembali Mengudara Maret

Agaknya berita berikut ini cukup menjawab banyaknya kabar simpang siur tentang ditutup atau tidaknya PT Merpati Nusantara Airlines (MNA), dikutip dari Harian Kompas Selasa 11 Februari 2014, PT MNA akan terbangun dari tidur lelap nya.

Kerja Sama Operasi PT MNA dengan perusahaan swasta untuk mengatasi krisis keuangan mulai menampakkan hasil. Pada Maret nanti, penerbangan kembali ditandai dengan penerbangan tujuan Jeddah, Arab Saudi.

Kerja sama operasi merupakan salah satu program restrukturisasi dan revitalisasi yang dianjurkan Kementrian Badan Usaha Milik Negara untuk mengatasi krisis keuangan. Salah satu perusahaan swasta yang sudah siap adalah PT Amagedon.

Direktur PT MNA Asep Eka Nugraha, mengungkapkan kerja sama operasi antara PT MNA dan PT Amagedon yang memfasilitasi penerbangan ke Jeddah dan sejumlah penerbangan perintis.

Menurut rencana, penerbangan ke Jeddah akan di mulai pada Maret 2014. Khusus penerbangan ke Jeddah, PT MNA dan PT Amagedon akan menggunakan pesawat Boeing 777. Ia mengatakan, penerbangan ke Jeddah merupakan momentum untuk menunjukkan PT MNA mulai bangkit dari krisis keuangan.

Untuk penerbangan perintis, Merauke adalah kota tujuan penerbangan perintis yang coba dibangkitkan kembali. Rute-rute penerbangan perintis lainnya sedang dalam kajian ulang, tetapi tidak ada penambahan rute. PT MNA mengklaim telah melakukan kerja sama operasi dengan 15 perusahaan swasta lainnya. Beberapa di antaranya sudah ditandatangani.

Sementara itu, berkaitan dengan kondisi pilot, PT MNA tidak melarang sejumlah pilot PT MNA mengundurkan diri. PT MNA sudah mengizinkan para pilot tersebut berkarier di maskapai lain. Khusus penerbangan ke Jeddah, PT MNA akan melatih pilot, baik pilot lama mau pun baru.

Kita tunggu saja dengan penerbangan ke rute-rute lainnya, semoga Merpati akan terus dan tetap terus mengudara di langit indonesia yang terbentang luas ini.