Menu Buka Puasa di Berbagai Negara

,

10 Menu Buka Puasa di Berbagai Belahan Dunia, Sudah Pernah Coba Belum?

Menu Buka Puasa – Waktu berbuka puasa adalah waktu yang sangat dinanti oleh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa dimanapun mereka berada. Berbagai menu untuk disantap saat berbuka pun mulai bermunculan di benak menjelang waktu berbuka.

Ayo sobat tiket, ngaku deh! Kamu termasuk salah satu diantara mereka yang udah mikirin mau buka pakai apa, padahal jam masih menunjukkan pukul 12 siang, kan? Hehehehe.

Berbicara soal menu buka puasa, masing-masing negara yang merayakan puasa tentunya memiliki makanan khas nya sendiri. Termasuk makanan yang hanya ada pada momen Ramadhan aja nih, sobat tiket.

Seperti artikel yang akan tiket.com bahas untuk kamu satu ini. Mengenai menu buka puasa di berbagai negara yang pasti nya unik, dan hanya bisa ditemui di negara asalnya.

10 Menu Buka Puasa di Berbagai Negara

Masing-masing negara memang memiliki menu buka puasa yang berbeda ya, sobat tiket. Berikut ini adalah 10 menu buka puasa di berbagai negara yang mungkin hanya bisa kamu temui saat Bulan Ramadhan saja.

1. Kolak, Indonesia

Di Indonesia, kolak menjadi salah satu hidangan berbuka yang pasti ada. Tidak hanya di rumah-rumah, bahkan menu berbuka yang satu ini juga bisa kamu jumpai dengan mudah lho di penjaja makanan manapun.

Menu Buka Puasa di Berbagai Negara

Berbagai jenis kolak pun bisa kamu pilih sesuai selera. Ada kolak pisang, kolak ubi dan singkong, kolak kolang-kaling, kolak biji salak, dan masih banyak lagi. Kalau sobat tiket, kolak jenis apa nih yang paling kamu gemari sebagai hidangan untuk berbuka puasa?

2. Nasi Lemak, Malaysia

Nasi Lemak memang bisa dengan mudah kamu temui saat pergi ke Malaysia, meskipun bukan dalam suasana Ramadhan. Namun, umat Muslim di Malaysia menjadikan Nasi Lemak menjadi salah satu menu berbuka yang khas dan harus ada saat bulan Ramadhan tiba.

3. Nasi Briyani, Singapura

Nasi Briyani merupakan menu makanan khas India, Pakistan yang terkenal di seluruh dunia. Makanan yang terdiri dari beras basmati, aneka macam rempah, serta tambahan bumbu kari dan potongan daging kambing menjadi menu berbuka di Singapura.

Menu Buka Puasa di Berbagai Negara

Kalau kamu ingin merasakan berbuka puasa di Singapura, maka menu makanan yang satu ini akan kamu jumpai sebagai menu untuk buka puasa yang digemari di Singapura.

4. Hyderabadi Haleem, India

Menjadi salah satu negara dengan populasi umat Muslim yang banyak, India juga memiliki menu berbuka puasa yang paling digemari lho, sobat tiket. Hyderabadi Haleem merupakan makanan yang khas dari Hyderabadi.

Menu makanan satu ini terbuat dari bubur gandum dengan rasanya yang khas, yaitu gurih dan pedas. Sebagai tambahan, penyajian Hyderabadi Haleem ini biasanya menggunakan daging domba.

5. Gullac, Turki

Menu berbuka puasa satu ini menjadi menu buka puasa di Turki yang hanya bisa dijumpai saat bulan Ramadhan saja lho, sobat tiket. Menjadi menu makanan khas dan unik, Gullac memang paling sering dicari sebagai menu untuk berbuka.

Makanan manis ini terbuat dari Gullac pastry yang direndam susu, serta diberi taburan biji delima dan pistachio di bagian tengahnya. Keunikan dari Gullac adalah hidangan nya yang diberi siraman air mawar sebagai penambah aroma nya.

6. Samosa, Pakistan

Sama seperti Indonesia yang memiliki banyak aneka gorengan yang biasa dijadikan menu buka puasa. Samosa juga menjadi menu berbuka puasa yang paling terkenal di Pakistan. Bahkan, kamu bisa menemukan makanan berbentuk segitiga ini dengan mudah saat bulan Ramadhan tiba.

7. Fesenjan, Iran

Fesenjan menjadi menu makanan khas di negeri Persia, yaitu Iran dan Irak saat bulan Ramadhan tiba. Makanan yang terbuat dari kaldu bebek atau ayam ini dimasak dengan menggunakan saus delima merah dan juga kacang walnut.

Menu Buka Puasa di Berbagai Negara

Dari campuran bumbu tersebut, memberikan rasa manis asam pada Fesenjan. Menu makanan satu ini menjadi menu utama yang dihidangkan sebagai menu berbuka puasa di Iran.

8.  Medames, Mesir

Ful Medames merupakan menu makanan khas Mesir yang terbuat dari rebusan kacang lava, minyak, bawang putih, dan juga air lemon. Medames biasanya disajikan sebagai menu sarapan, namun saat bulan Ramadhan, menu satu ini menjadi menu favorit untuk berbuka.

9. Harira, Maroko

Biasanya, menu berbuka puasa memang identik dengan makanan atau minuman yang manis ya, sobat tiket. Namun, Maroko justru memilih Harira sebagai menu khas untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Harira adalah sup yang terbuat dari bahan dasar berupa sayur-sayuran, potongan daging, saus tomat, serta tambahan rempah khas yang membuat rasanya berbeda. Paling nikmat menyantap Harira ini saat masih hangat deh, sobat tiket.

10. Nasi Jollof, Nigeria

Kalau sobat tiket melihat sekilas, mungkin akan berpikir bahwa menu makanan khas dari Nigeria satu ini adalah nasi goreng ditambah potongan ayam saja. Namun, menu buka puasa dari Nigeria ini berbeda dengan nasi goreng yang biasa kamu temui di Indonesia lho.

Menu Buka Puasa di Berbagai Negara

Nasi Jollof merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan bumbu berupa saus tomat dan juga kari. Sebagai pelengkapnya, dalam sepiring Nasi Jollof dihidangkan dengan potongan ayam bakar berbumbu khas yang pastinya enak banget deh, sobat tiket.

Berbuka Dengan yang Manis, Bukan Hanya Teh Manis Lho

Jadi, dari 10 menu buka puasa di berbagai negara yang sudah disebutkan di atas, mana yang sudah pernah kamu coba nih, sobat tiket? Butuh informasi jam buka puasa? tiket.com punya tabel jadwal buka puasa 2019 yang bisa kamu gunakan lho.

Mau coba berbagai menu buka puasa dari negara-negara di atas? Bisa kok, pesan tiket pesawat di tiket.com bisa membawa kamu pergi kemanapun!